Mengapa Starlet Memerlukan Water Injection System ?

Jawabannya Sangat Mudah
Jawabannya adalah untuk mendapat power lebih besar pada combustion chamber, system ini sangat efektif dengan system induksi dengan tekanan seperti penggunaan Turbo atau Supercharger, untuk mesin Naturally Aspirated banyak keuntungan juga yang di dapat dengan diterapkannya Water Injection System sama seperti pada penggunaan Turbo dan Supercharger terutama jika mesin anda sudah memiliki rasio kompresi yang cukup besar antara 9,5 keatas.





Water Injection
Water Injection bukanlah bahan bakar air atau HHO.
Ide esensial dari system ini sudah dikembangkan sejak awal dekade abad 20 lalu, yaitu pada tahun 1910, sampai ahir perang dunia ke II banyak mesin pesawat terbang pada saat itu yang menggunakan system ini.

Bagaimana dan kenapa air dapat menambah Horse power (hp)?
sebenarnya air tidak secara langsung menambah Horse Power mesin anda, lalu bagaimana ? Air memiliki tingkat ketahanan terhadap panas disbanding dengan bahan bakar premium atau pertamax sekalipun, dimana air memiliki Latent High Of Vaporization yang sangat tinggi yaitu dibutuhkan sekitar 540 kalori per gram untuk dapat merubah air menjadi uap dibandingkan dengan bahan bakar biasa yang hanya cukup dengan 135 kalori untuk menguapkan BBM, ini menjelaskan kenapa air adalah yang terbaik untuk menurunkan temperature pada intake dibanding dengan memberikan lebih banyak BBM, dengan ini kita dapat mensetting timing pengapian mesin menjadi lebih maju ( Advance) untuk mendapat HP yang lebih besar dan membuat lebih LEAN rasio perbandingan antara udara dengan BBM dimana hal ini dapat lebih mengirit bahan bakar dan meningkatkan power tanpa resiko mesin menjadi terlalu panas(Over Heat).

Water Injection (Wa-i) bekerja dengan cara menurunkan suhu ruang bakar yang tinggi, yaitu akibat udara yang dihisap mesin menjadi dingin karena bercampur dengan kabut air, hal ini bisa sepadan dengan menggunakan bensin beroktan tinggi sekitar angka oktan 113.

Temperatur udara di dalam intake dan ruang bakar ( Commbustion Chamber) yang tinggi dapat menyebabkan miskinnya kandungan udara(Oksigen) yang terdapat didalamnya sehingga dapat menyebabkan campuran yang miskin, detonasi/Engine Knock atau pinging akan terjadi karena campuran udara dan BBM terbakar secara premature atau terbakar tidak tepat dan sempurna. Namun kelemahan sistem ini adalah Water Injection hanya bekerja sempurna pada putaran mesin RPM tinggi atau pada saat karburator sudah terbuka penuh, apabila di putaran bawah atau putaran mesin rendah maka dapat di rasakan ada gejala berebet atau tersendat dan mesin terasa tertahan.
(sumber artikel water injection diambil dari wikipedia dan beberapa sumber website lainnya)

Starno Water Injection
Mempelajari semua kelemahan dari water injection, akhirnya terciptalah sebuah sistem water injection khusus Toyota Starlet yang tidak memerlukan tabung air sama sekali, dan tidak akan membuat mesin berebet walaupun dalam keadaan stasioner.

Starno Water Injection hanya khusus untuk toyota starlet dengan desain yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan mesin toyota 2E/1E.

Keuntungan starno water injection ini adalah:
- Sangat praktis tidak perlu tabung air
- Tidak memerlukan listrik tambahan
- Tidak memerlukan perawatan sama sekali
- Pembakaran lebih efisien
- Ruang bakar lebih bersih
- Temperatur ruang bakar lebih stabil
- Tidak membuat mesin berebet mulai dari putaran rendah
- Menambah tenaga dan hemat BBM
- Mudah dalam pemasangan dan tidak merusak/bongkar mesin

Pertama di Indonesia Metode Baru Water Injection Tanpa Tabung Air Khusus untuk Toyota Starlet 2E/1E
Harga alat dan biaya pemasangan Rp. CALL

Salam Starleters,
Starno72
08179110080