Overhaul Kompresor AC Toyota Starlet

Kompresor AC Toyota Starlet R12/R134a
Mengenal jeroan kompresor AC Toyota Starlet
Pencinta Starletmania AC/penyejuk udara sudah jadi perangkat wajib standard mobil jaman sekarang dan pasti sudah gak asing denger yang namanya kompresor AC. Alat ini merupakan jantung dari sebuah sistem penyejuk udara di kabin mobil.

Akan tetapi sedikit yang tahu cara kerja dan komponen dalam kompresor AC di mobil toyota starlet, dengan mengetahui dan mengenal cara kerja dan komponen dalam kompresor AC membuat kita lebih care dan lebih tahu cara memperlakukan dan merawat AC mobil starlet kesayangan.






Komponen utama dari sebuah kompresor AC adalah 5 buah piston dan rotor penggerak. Komponen ini yang sering mengalami ke-ausan karena umur atau karena menggunakan freon dan oli bermutu rendah.

Pada saat AC dihidupkan, kopling magnet akan bekerja dan menarik puli rotor AC yang selanjutnya rotor ini akan menggerakan ke 5 buah piston secara mekanis naik turun oleh bentuk rotor yang menyerupai 'piring oleng' disebut demikian karena saat berputar mirip piring oleng.

Kerusakan yang sering terjadi adalah terjadi ke-ausan piston yang bergesek dengan slinder yang sebabkan efektivitas kerja kompresor menurun drastis, mirip kerja mesin mobil yang menghasilkan kompresi rendah, salain itu kondisi rotor penggerak yang sudah aus, sehingga menimbulkan suara kasar 'tek-tek-tek' saat AC mobil di hidupkan.

Bagaimana Melakukan Perawatan AC Starlet Yang Baik
Perawatan AC sesungguhnya memang tidak bisa dilakukan sendiri, harus dilakukan oleh orang yang profesional dan mengerti AC, tapi paling tidak pemilik mobil harus memperhatikan servis berkala AC mobil sbb :

- Mengganti Dryer/Receiver setiap 1 tahun sekali.
- Mengganti Ekspansi setiap 2 tahun sekali
- Membersihkan Evaporator setiap 2 tahun sekali.
- Mengganti Evaporator setiap 4 thaun sekali.
- Menggunakan Freon berkualitas tinggi.
- Menggunakan Oli Kompresor berkualitas baik.



Melakukan servis AC toyota starlet memang tidak murah, akan tetapi perawatan dan servis yang baik akan membuat umur kompresor akan semakin panjang dan AC mobil bekerja selalu maksimal, yang ujungnya juga akan menghemat konsumsi BBM.

Bagaimana Mendeteksi Gejala AC Starlet Bermasalah ?
Memeriksa AC mobil memang pekerjaan yang sulit dilakukan, banyak kriteria 'dingin' kalo bicara AC mobil.
Dibawah ini tips dan trik memeriksa AC mobil:

- Gunakan Thermometer buat mengukur temperatur hembusan angin, AC yang berfungsi maksimal dapat menghembus udara ber-temperatur antara 7 - 12 derajat celcius, pada setelan full.

- Bila AC menjadi kurang dingin padahal sudah ditambah freon kurang dari 1 bulan, itu sudah menandakan adanya kebocoran pada sistem pipanisasi AC.

- Kompresor AC mobil bersuara kasar 'NGOROK' karena sudah terjadi ke-ausan pada komponen dalam kompresor.

- Ada bercak minyak di sekitar Kondensor AC menandakan ada kebocoran pada bagian ini, solusi memang harus diganti, sangat tidak disarankan untuk dilas akan buang-buang uang saja.

PAKET TUNING AC MOBIL TOYOTA STARLET BENGKEL STARNO
Apa sih gunanya Tuning AC?
Tuning AC diperlukan untuk memperoleh kinerja AC lebih maksimal dan merawat umur komponen AC lebih lama dengan penambahan "Aditif Khusus Kompresor AC" sehingga menjadikan AC mobil lebih dingin sekaligus mengurangi beban mesin dan konsumsi BBM. Penggunaan Aditif khusus kompresor AC membuat bagian komponen dalam kompresor AC yang saling bergesekan bisa dihindari sehingga memperpanjang umur kompresor.
Tuning AC mobil ini bisa dilakukan untuk mobil jepang (non-eropa) lainnya (selain mobil starlet).





Berikut ini pengerjaan Tuning AC Mobil :
- Pengurasan Freon Lama, membuang kotoran saluran dalam pipa AC.
- Vakum saluran pipa dan kompresor AC
- Penambahan Oli Kompresor
- Penambahan Aditif Oli Khusus kompresor AC
- Penambahan Freon berkualitas tinggi 'Forane'
- Setting tekanan ideal AC

Apakah mobil saya bisa dilakukan Tuning AC ?
Tuning AC hanya bisa dilakukan pada AC mobil yang tidak bermasalah, kompresor harus berfungsi normal, ekstra fan, dan tidak ada kebocoran dalam pipanisasi AC.

Berapa biaya dan waktu pengerjaan?

Biaya tuning AC Rp.250rb lama pengerjaan sekitar 45 menit, jadwal pengerjaan hari sabtu.

Salam Starleters,
Starno72
021-32929696

Komentar