Toyota Starlet Pake Bohlam Watt Besar?

Berapa Watt Bohlam ideal untuk toyota starlet

Biasanya bila pemilik toyota starlet merasakan bahwa sorot lampu utamanya kurang terang, akan mengambil jalan pintas saja mengganti bohlam utama dengan watt yang nyaris 2 kali lipatnya.

Keputusan itu memang tidak salah karena dengan mengganti bohlam yang watt lebih besar sudah pasti pancaran sinar akan lebih terang. Beberapa diantaranya penggantian bohlam memang harus disertai dengan penambahan relay, sebab bila tidak ditambahkan relay arus yang besar akan mengalir melalu panel dalam yang kapasitasnya sudah melampaui batas jika dibiarkan akan sebabkan kabel terbakar atau konsleting panel.

Amankah Pake Relay Tambahan?
Menggunakan relay tambahan hanya akan mengamankan sirkuit kabel bawaan standard-nya, karena arus langsung mengambil langsung dari aki lewat jalur yang relatif pendek. Sampai disini jelas masih aman.

Lampu Besar Starlet Berbahan Kaca Lebih Aman ?
Bahan kaca memang cenderung lebih tahan terhadap panas dibanding bahan mika, oleh karenanya untuk starlet keluaran 95 kebawah (bukan turbo look) secara teori memang lebih aman.

Akan tetapi ada hal yang dilupakan. Bohlam yang memiliki watt besar juga akan menghasilkan radiasi panas yang juga besar, bohlam halogen saat menyala memiliki temperatur di atas 200 derajat celcius semakin tinggi watt bohlam radiasi panas yang dihasilkan juga bertambah besar. Walaupun hanya radiasi panas yang diteruskan ternyata soket lampu tidak mampu menahan panasnya bohlam watt besar, bukan itu saja, karet penutup debu maupun air lampu utama juga akan ikut terbakar dan meleleh karena radiasi panas yang terlalu berlebihan, alhasil karet penutup debu/air akan rusak yang dalam jangka waktu tidak lama membuat kaca reflektor lampu utama cepat kotor atau kemasukan air yang akhirnya bisa merusak reflektor kalau sudah begini mau diganti bohlam berapa watt pun tidak akan bisa menerangi jalan secara maksimal.

Berapa watt ideal seharusnya?

Tentu saja harus mengikuti standard pabrik pembuat lampunya dong, lampu utama starlet hanya di rekomendasikan menggunakan bohlam halogen 60/55 watt, penambahan relay sangat direkomendasikan.

Bagaimana jika masih kurang terang?

Lampu starlet kurang terang bukan berasal dari besarnya watt yang digunakan, tetapi disebabkan oleh kondisi kabel dan kondisi reflektor lampu.
Sekarang ini sudah banyak kok tempat yang bisa me-rekondisi reflektor lampu utama buat toyota starlet. Jadi kesimpulannya adalah mengganti bohlam dengan watt yang lebih besar bukanlah solusi yang paling tepat, lebih baik sesuai dengan anjuran pabriknya.

Pemakaian bohlam yang tidak sesuai anjuran pabriknya akan menyebabkan hal yang tidak di inginkan seperti ditunjukan pada foto dibawah ini menggunakan bohlam 100/90 watt :



Bukan hanya menyebabkan soket dan karet penutup meleleh, tapi juga akan akibatkan kabel konsleting karena soket meleleh akan mengalami shortcut begitupun juga pada relay. Menambah daya watt besar juga akan menambah beban kelistrikan mobil alhasil aki akan lebih cepat tekor dan tidak berumur panjang, dan secara tidak langsung juga mempengaruhi konsumsi BBM.

Komentar

  1. Hallo admin,

    Terimakasih artikelnya bermanfaat banget.. Btw, dimana ya tempat rekondisi lampu depan itu? Ada infonya? Posisi saya di jakarta selatan.

    BalasHapus
  2. kebetulan saya lagi cari mika lampu depan yg baru dan kalo bisa yg diamond :)
    Bos sediain barangnya ga? thanks...

    BalasHapus
  3. @aris, lampu depan starlet bisa dimodifikasi spt lampu diamond cut

    BalasHapus

Posting Komentar