Overhaul AC Toyota Starlet Kapsul - R134a

Service Besar Bongkar AC Toyota Starlet

AC mobil merupakan bagian yang sangat penting dalam berkendara, karena dengan AC pengemudi mendapatkan kenyamanan dan keamanan sehingga meningkatkan kosentrasi dan kesabaran dalam mengemudikan kendaraan, terutama dalam menyambut bulan puasa dan lebaran tahun 2008. Setiap kenyamanan pastilah membutuhkan perawatan dan biaya, namun asalkan mengerti cara perawatan yang benar biasanya biaya yang akan dikeluarkan juga akan lebih murah.

Kurang Dingin dan Berbau Tidak Sedap
Sesuai dengan usia mobil yang sudah melewati 10 tahun lebih, tentunya bagian AC mewajibkan untuk servis secara berkala. AC mobil yang tidak dirawat berkala biasanya akan menimbulkan masalah terutama masalah kotoran/debu yang melekat pada bagian evaporator (alat yang menghantarkan udara dingin ke dalam kabin). Bila evaporator dalam kondisi kotor hingga kotoran menumpuk tebal maka hembusan blower AC akan terhambat dan secara langsung akan mengurangi efektivitas pendinginan dalam kabin mobil. Kotoran bukan hanya menghalagi hembusan blower tapi juga sebagai sumber bau yang tidak sebab yang menyebar dalam kabin, bau tidak sedap ini sangat kuat dan terkadang pewangi mobil pun tidak sanggup mengusir bau tidak sedap ini.

Overhaul Air Conditioner
Sistem pendingin udara yang kotor dan bermasalah harus segera diatasi, bila tidak lambat laun sistem pendingin udara akan mengalami penurunan kinerja dan secara langsung juga akan mempengaruhi parts AC yang lain terutama kompresor AC mobil. Untuk mencegah jebolnya kompresor AC mobil, maka diperlukan overhaul AC yang bertujuan untuk membersihkan sistem saluran pendingin kabin starlet.

Pengerjaan overhaul ini terdiri :
- Bongkar Evaporator AC dan Pencucian
- Bongkar Blower AC dan Pencucian
- Pembersihan pipa saluran dalam.
- Ganti baru Evaporator ( Corolla Version )
- Ganti baru Dryer
- Ganti baru Expansion Valve
- Penggantian Ring O
- Vakum Pipa
- Refilling Oil + Special Additive
- Refilling Freon R134 by Forane



Seperti yang terlihat dalam gambar, kondisi evaporator sudah sangat kotor sehingga menutup sirip-sirip pendingin. Tidak hanya itu, evaporator sudah mengalami korosi pada bagian pipe-gap sehingga evaporator tidak kuat lagi menahan tekanan kompresor sehingga mengalami kebocoran yang lumayan parah, kalau sudah begini evaporator harus diganti.

Setelah dilakukan pencucian, terlihat blower berwarna putih bersih juga penggantian evaporator akan menjamin efektivitas pendinginan kedalam kabin. Setelah semua parts dirakit kembali dengan bersih dan rapih, dilakukan tune-up hingga sistem kerja AC starlet berada dalam kondisi maksimal

Terlihat pada foto diatas, hembusan udara AC mencapa 7.2 derajat celcius dan sanggup membuat temperatur kabin pada titik 21 derajat celcius. Hembusan AC terasa sangat dingin dan menyengat dan udara yang dihembuskan kini sudah tidak lagi berbau.

Demikian pencerahan singkat mengenai sistem pendingin udara toyota starlet. Bagi pencinta starlet yang ingin berkonsultasi atau ingin melakukan servis AC bisa hubungi Starno, pengerjaan overhaul langsung oleh starno.


Salam Starleters,
Starno72
021-32929696

Komentar