Diagram Penampang Karburator Starlet 2E/1E

Mengenal lebih jauh karburator toyota starlet 2E/1E

Buat para pecinta starlet, pasti sudah gak aneh mendengar nama karburator. Mungkin masih ada diantara rekan starleter yang belum begitu mengenal apa saja sih bagian-bagian dalam karburator, starno akan memberikan pencerahan lewat diagram gambar dibawah ini.



Bagian yang paling utama dari sebuah karburator toyota starlet adalah lubang venturi primer dan lubang venturi skunder. Masing-masing lubang venturi ini dilengkapi dengan spuyer dengan ukuran berbeda. Untuk lubang primer menggunakan ukuran spuyer 105 dan lubang skunder menggunakan spuyer 162. Merubah ukuran spuyer sangat diharamkan bagi starno, disebabkan merubah ukuran spuyer akan menyebabkan mesin tidak bekerja normal yang nantinya jangka panjang bisa merusak mesin. Hal lain yang penting merubah spuyer dengan ukuran lebih kecil tidak akan membuat mesin lebih irit malah bisa sebaliknya.

Bagian penting lainnya adalah katup selenoid yang digerakan oleh sistem kelistrikan mobil. Bagian ini biasa di 'akalin' sama tukang servis karburator dibuat 'mati', padahal fungsi utama alat ini adalah penghenti aliran bensin saat kunci kontak dimatikan sehingga mesin langsung mati sempurna.

Berikutnya adalah katup cuk, katup baru berfungsi dan bisa bergerak lancar saat cuk di tarik atau dilepas. Pasikan kabel tidak macet dan buat starlet yang menggunakan cuk otomatis pastikan alat bimetal cuk berfungsi normal.

Bagian yang terpenting lain adalah Membran trotel skunder. Dari survey dilapangan ternyata 80% karburator toyota starlet mengalami masalah di membran trotel skunder ini, hal ini sering disebabkan oleh mampetnya selang vakum venturi skunder sehingga mempengaruhi kerja katup trotel skunder. Pastikan salurannya bersih dan lancar untuk hasil maksimal.

Modifikasi Trotel Skunder

Modifikasi karburator pada bagian trotel sekunder adalah modifikasi semi sport, karena modifikasi ini akan membuat mesin lebih responsif, kemampuan akselerasi bertambah begitupun top speed.

Demikian pencerahan singkat, bagi starleter yang ingin bertanya silahkan bisa melalui telpon atau sms.

Dan bagi starleters yang ingin tune up semi sports dapat langsung datang ke bengkel starno Senin - Minggu mulai jam 10-17wib (konfirmasi dibutuhkan), pekerjaan tuning hanya 45 menit dan bisa ditunggu, biaya tuning semi sport Rp.250rb garansi tuning 1 bulan.

Salam Starleters,
Starno72
021-32929696

Komentar