Overhaul Cylinder Head Toyota Starlet

Toyota Starlet Turbo Look Automatic 1.3 SEG '97
Sesuai janji STARKUS reportase OCH (Overhaul Cylinder Head) toyota starlet matik '97 yang berwarna hijau metalik ini adalah milik salah satu personil STARKUS (Starlet Kaskuser) yang juga sebagai TS. Thread Toyota Starlet Owner gak perlu gw sebutin namanya lagi sebab dari foto mobilnya pasti anggota STARKUS sudah bisa menebak siapakah pemilik starlet hijau matik ini :).

Keluhan :

Asap putih sering keluar dari ujung knalpot dan berbau oli terbakar dan oli akan sering cepat berkurang, selain itu kondisi saat mesin stasioner cenderung pincang, dan tenaga mesin dirasakan kurang apalagi mobil ini memiliki transmisi otomatis semakin membuat mesin seolah kehilangan tenaganya dan boros BBM.

Service yang dilakukan :
- OCH (Overhaul Cylinder Head)
- Overhaul Karburator
- Tuning Semi Sport






Penjelasan Foto:
Perhatikan foto-foto diatas, kondisi kepala piston nomer 2 dan kemudian juga nomer 4 mengalami kebocoran yang paling parah, sehingga seluruh permukaan kepala piston ditutupi oleh kerak karbon yang cukup tebal karena kebocoran sil klep. Beberapa lubang saluran water jacket juga mengalami penyumbatan dikarenakan kerak kotoran dari korosi air radiator. Batang klep cylinder nomer 2 dalam kondisi sangat memprihatinkan karena batang klep ditutupi oleh kerak karbon pekat sekeras batu yang menghalangi saluran masuk bahan bakar. Kondisi masing-masing cylinder masih cukup baik begitupun juga ring piston masih cukup baik tidak terdapat goresan atau baret-baret didalamnya. Perhatikan juga perbedaan saat sesudah dibersihkan, kepala piston tampak lebih kinclong mengkilat seperti mesin baru, begitu juga cylinder head, seluruh klep bersih seperti baru.

-------------------------------------------------------------------

Kronologi Mesin Starlet :
Mesin Toyota Starlet yang sudah berumur 10 tahun ini dipastikan ruang bakarnya akan sangat kotor seiring dengan usianya penumpukan karbon sisa pembakaran akan membentuk lapisan yang sangat keras dan sulit dihilangkan dengan cara apapun kecuali dengan cara OCH. Selain itu ciri khas mesin toyota 2e adalah seringnya sil klep yang sudah lemah dikarenakan usia dan kondisi panas mesin semakin membuat sil klep ini tidak mampu lagi bekerja normal karena kelenturannya sudah sangat jauh berkurang, sehingga sil tidak bisa lagi menahan oli yang masuk keruang bakar dan ikut terbakar bersamanya.

Jika kondisi ini dibiarkan terus akan membuat lapisan kerak karbon semakin menumpuk dan semakin mengeras bukan hanya di kepala piston dan di cyl. head melainkan dibatang klep juga akan menumpuk karbon karena sisa pembakaran yang tidak sempurna dan menghalangi saluran bahan bakar dan hal yang paling parah dapat menyebabkan batang klep patah atau haus karena tumpukan karbon ini.

Tumpukan deposit karbon yang semakin banyak akan menyebabkan kompresi naik, dan ini akan mempengaruhi waktu pembakaran, gejala bisa langsung dirasakan adalah mesin akan menggelitik secara berlebihan, walau derajat pengapian sudah disetel pada posisi optimal.

Belum lagi kondisi klep yang tidak menutup sempurna karena tumpukan kotoran karbon akan menyebabkan kebocoran saat kompresi, menyebabkan campuran bahan bakar banyak terbuang percuma karena lolos tidak terbakar, hasilnya tenaga yang dihasilkan oleh pembakaran menurun sangat drastis hingga 50%.

Kondisi ini pasti akan dialami oleh setiap mesin toyota starlet, karena itu perlunya melakukan OCH setiap 100 rb. kilometer atau 5 tahun, akan membuat mesin selalu prima dan murah dalam hal perawatannya.

Dengan menggunakan komponen asli Toyota Original Parts Packing Top Set, menjamin hasil yang lebih memuaskan karena kualitas terjamin. Overhaul dilakukan dari membersihkan ruang bakar, sitting klep/skir klep, dan penggantian sil klep menjamin pembakaran akan semakin bersih dan sempurna dan membuat tenaga mesin kembali muda dan pastinya akan lebih hemat BBM.

Racikan Tuning Semi Sport Starno setelah OCH akan membuat mesin lebih maksimal, sebab tenaga mesin dan torsi lebih besar mulai dari RPM bawah hingga atas. Top Speed akan sangat mudah didapat dan yang jelas tidak perlu menekan pedal gas terlalu dalam lagi untuk berlari kencang di jalan tol :)

Demikian reportase starleters, bila ada yang ingin ditanyakan silahkan, dan starno pasti akan menjawab setiap pertanyaan bro sekalian... ;)


Salam Starleters,

Starno72
0817-9110-080

Komentar