Gejala Overheat Starlet

Waspada Overheat Mesin Starlet
Tanpa diduga, indikator temperatur mobil meningkat drastis. Waspadai gejalanya bila tidak mau komponen mesin bisa rusak.


Jangan anggap enteng sistem pendingin mesin mobil Anda. Bila sistem ini tidak bekerja normal temperatur kerja mesin bisa terpengaruh dan akibatnya bisa dibayangkan. Mobil terasa tidak bertenaga dan terasa sekali konsumsi bahan bakarpun menjadi lebih boros. Dua hal ini akibat permasalahan pada sistem pendingin mesin, yang masih terbilang belum fatal. Kalau memang sudah parah, masalah heat transfer dari mesin ke sistem pendingin, maka komponen dalam mesin seperti ring bahkan piston pun bisa rusak. Artinya kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan fatal yang memaksa mobil harus ‘turun’ mesin dan biaya yang dibutuhkan tentu tidak sedikit.




Kenali Gejalanya
Supaya tidak terjadi masalah yang tidak diharapkan, ada cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Kita bisa mengenali gejala kerusakan sistem pendingin mesin. Cara yang paling mudah adalah melihat indikator temperatur mesin. Bila jarum berada di posisi diatas rata-rata, Anda sudah harus mencurigai. Gejala lain yang bisa dirasakan, adalah tenaga mobil, ketika mobil dipacu pada kecepatan tinggi, secara feeling saja, kita dapat mengetahui ada yang tidak beres, tenaga mesin terasa berkurang diikuti suara ngelitik. Akibat hal ini maka dampak lainnya adalah konsumsi bahan bakar menjadi boros. Tanda-tanda berikutnya, bila air dalam botol cadangan berkurang dalam jumlah banyak.



Mesin Panas
Masalah pada sistem water jacket bila indikasi di atas terjadi. Ada beberapa hal yang perlu di periksa. Kemungkinan pertama, terjadi kebocoran pada radiator, pipa bahkan bisa karena tutup radiator sudah tidak lagi berfungsi. Kedua sistem distribusi air pendingin, selang yang sudah getas. Ketiga, katup distribusi air, yang biasa disebut termostat sudah rusak. Keempat, pompa air (water pump) sudah tidak berfungsi. Kelima, kipas eletronik tidak hidup, dari kelima kemungkinan penyebab overheat akan berakibat pada kerusakan fatal.

Thermostat Bermasalah
Thermostat adalah sebuah alat yang berfungsi sebagai katup aliran air pendingin mesin. Cara kerjanya adalah saat temperatur mesin dibawah 82 derajat celcius katup thermostat akan tertutup, air hanya mengalir dan bersirkulasi didalam blok mesin saja, dan saat mencapai suhu diatas 82 derajat celcius katup akan terbuka dan air pendingin mesin pun akan mengalir dan bersirkulasi ke radiator kemudian ke blok mesin. Kegagalan berfungsi alat ini juga bisa menyebabkan mesin overheat, biasanya ini terjadi pada mobil starlet yang sudah tua, lebih baik mencopot thermostat, karena harga baru thermostat ini lumayan mahal. Pengalaman selama 18 tahun pakai starlet dengan mencopot thermostat tidak ada efek buruk apapun, malah temperatur cenderung stabil saat macet sekalipun.





Akibat awal dari kemungkinan overheat diatas ialah bocornya paking cylinder head, berakibat masuknya air kedalam mesin. Untuk melihatnya Anda bisa membuka tutup oli mesin, jika dibalik tutup oli terlihat ada perubahan warna (warna krem) atau berbusa, maka dapat dipastikan air pendingin sudah masuk kedalam mesin. Untuk akibat selanjutnya, Anda akan mengetahui, sesaat, sesampainya di bengkel.

Bila Overheat Datang
Kapan terjadi kondisi overheat tidak pernah kita ketahui. Tapi bila tiba-tiba indikator tempetur naik secara drastis Anda harus segera menghentikan perjalanan Anda. Jangan panik, pinggirkan mobil ketempat yang aman dan pasang lampu hazard, lalu matikan mesin secepatnya.

Saat itu tak ada yang bisa Anda lakukan selain melihat kondisi di bawah kap mesin. periksa apakah tutup radiator berdesis yang menandakan adanya kebocoran, ini bisa jadi penyebab overheat. Bila tidak Anda pun bisa melihat dari bawah mesin, lihat apakah ada tetesan air. Bila ada pastikan di mana sumber tetesan tersebut sehingga nantinya akan mudah memperbaikinya. Bila tidak ada kebocoran yang terjadi, ada lagi cara yang bisa dilakukan mencari penyebab overheat. Nyalakan mesin lalu periksa apakah kipas radiator berputar atau tidak. Bila tidak itulah penyebab overheat.

Nah kembali ke masalah radiator. Sesaat Anda mengetahui adanya overheat, jangan langsung membuka tutup radiator karena itu sangat berbahaya. Air mendidih dan uap panas bisa menghambur keluar sesaat setelah tutup radiator dibuka. Biarkan saja radiator dingin dengan sendirinya. Biasanya setelah 20 menit air sudah tidak mendidih lagi, silakan buka tutup radiator dengan kain supaya tangan Anda tidak kepanasan. Biarkan beberapa saat sampai kondisi radiator mendingin. Setelah itu silakan isi kembali radiator dengan air. Ingat, kondisi ini masih darurat. Segera pergi ke bengkel kalau kerusakan tidak bisa diselesaikan sendiri.

Komentar