Periksa Cuk Otomatis Starlet

Pastikan Kondisi Cuk Otomatis Bekerja Baik

Buat toyota starlet keluaran tahun 94 keatas, karburator sudah mengadopsi cuk otomatis. Fungsi utama dari cuk adalah memberikan campuran kaya saat pertama kali mesin dihidupkan terutama dipagi hari. Dengan cuk otomatis ini akan memudahkan start mesin dipagi hari, karena cuk sudah aktif saat kunci kontak diputar. Lupa untuk mengembalikan cuk ke kondisi normal pada starlet cuk manual sudah tidak ada lagi, jadi memang piranti ini memberikan kemudahan yang lebih baik.

Hati-hati bila ingin membongkar karburator yang sudah dilengkapi cuk otomatis ini. Kecerobohan dalam membongkar akan mengakibatkan cuk otomatis tidak bisa lagi bekerja sebagaimana mestinya. Karburator dengan cuk otomatis ini memiliki beberapa lengan mekanik yang saling berhubungan yang juga diatur oleh dua buah vakum menjamin cuk bekerja sangat halus. Kerusakan mekanis cuk otomatis akan menyebabkan mesin sulit di start dan bahan bakan menjadi boros. Jangan menggunakan jasa bongkar karburator asal murah, karena setiap mobil memiliki spesifikasi karburator yang berbeda, lebih baik mahal sedikit tapi pekerjaan lebih rapih dan bersih.


Perhatikan pada gambar diatas, posisi klep cuk otomatis akan menutup sempurna. Cara yang benar men-start mesin mobil dipagi hari adalah saat kunci kontak diputar on, kocok pedal gas sekali saja, kemudian starter mesin. Bila kondisi cuk baik mesin akan langsung hidup sempurna.


Sesaat mesin sudah hidup, sebuah vakum akan menarik pelatuk penggerak klep cuk otomatis hingga klep akan membuka sedikit seperti yang terlihat pada gambar diatas. Dan pada saat yang bersamaan sebuah pelatuk lain akan menahan putaran idle mesin lebih tinggi dari normal, dan kondisi ini akan terus berlangsung hingga pedal gas ditekan sedikit dan pelatuk akan melepaskan ganjalnya hingga putaran idle mesin kembali normal.


Secara bersamaan juga sesaat mesin sudah hidup, listrik akan mengalir kedalam alat pemanas bimetal yang secara bertahap akan membuat poros klep cuk bergerak sedikit demi sedikit hingga ke posisi tegak lurus terbuka sempurna seperti yang terlihat pada gambar diatas.



Derajat buka klep cuk otomatis dapat disetel dengan cara mengendurkan ketiga buah baut kecil. Penyetelan dibutuhkan untuk menyesuaikan bukaan cuk sesuai dengan kebutuhan.

Bila semuanya dalam kondisi baik, bisa dipastikan start mesin starlet dipagi hari tidak akan bermasalah, dan tidak perlu harus dibantu menekan pedal gas, karena semuanya sudah ditangani oleh piranti cuk otomatis ini.

Komentar

  1. selamat malam

    saya mau nanya nih.......
    saya punya starlet 1.3SEG, pertanyaannya, kenapa pada waktu menghidupkan mesin dipagi hari rpm mesin tidak bisa turun ke posisi stasioner ketika mesin sudah panas, harus nginjak pedal gas dahulu agar mesin stasioner

    terima kasih_ rahmat w. jogja

    BalasHapus

Posting Komentar