Toyota Starlet 2E Modifikasi Karburator



Teknologi mesin starlet jelas masih teknologi lama, yang bisa diusahakan hanya bagaimana membuat mesin itu lebih efisien dan optimal.

Nah maksud dari bicarakan top speed starlet ini hanyalah sebagai acuan, berapa sih kecepatan starlet 2E standard yang bisa dicapai?

Karena banyak pemilik starlet mengeluh karena diajak lari 120 aja udah susah. Itu menandakan mesin nya tidak efisien dan tidak optimal. Penyetelan dan tingkat keausan mesin menjadi faktor dalam hal tenaga mesin, apalgi mesin yang berumur diatas 10 tahun. Bicara perawatan mesin pun juga banyak kasusnya, contoh saja mobil diatas 10 thn belum tentu harus turum mesin atau ganti ring piston, karena perawatan dan penggunaan oli yang baik dan teratur.

Kemudian juga penyetelan mesin, dikarenakan starlet tergolong mesin konvensional, maka pengaturan mesin juga tidak seperti mobil sekarang yang sudah gunakan ECU.

Keuntungan mesin konvensional memang bisa di setting semau kita. mau tarikan lebih cepat tapi korbankan putaran rendah, atau belain putaran rendah tapi loyo diputaran tinggi, itu sudah jadi ciri khas mesin konvensional.

Mobil sekarang apalagi yang sudah adopsi teknologi maju seperti VVTI, VANOS dsb. membuat mesin menjadi lebih bertenaga baik diputaran bawah maupun putaran atas. Karena pengaturan pengapian yang sudah otomatis ditambah dengan pengaturan buka tutup klep yang juga mengikuti irama putaran mesin menjadikan mesin lebih efisien dan lebih bertenaga sekaligus irit.

Kembali ke starlet, starlet standard sebetulnya sangat mudah mencapai kecepatan 140 - 150 kpj, diatas itu betul agak sulit karena hambatan angin yang lebih besar, kecuali kondisi angin waktu itu tidak melawan arah mobil dan jalan agak sedikit menurun mungkin bisa saja top speed lebih tinggi.

Tapi berdasarkan fakta dilapangan, starlet sehat dengan mesin standard untuk mencapai kecepatan 140 kpj, sangat mudah. Ini bisa dijadikan patokan bagi pemilik starlet lain bahwa mobil starlet 2E ini termasuk cukup kencang dijalanan. Modifikasi ringan mungkin bisa membuat sedikit lebih cepat lagi dari ini.

Tenaga starlet yang cuma 72HP secara teoritis memang sulit menembus angka 150 kpj, untuk jenis mobil lain. Pengecualian untuk starlet karena bobotnya yang ringan.

Makanya gak heran kalo starlet punya versi GT yang lebih cepat yang mesin standardnya saja sudah bisa tembus angka 220kpj, dengan tenaga 146HP, sudah sangat masuk diakal.

Kecepatan diatas 200kpj itu adalah kecepatan menantang angin, semakin besar tenaga mesin semakin bisa mengalahkan hambatan angin. Makanya untuk kelas minibus untuk mencapai kecepatan segitu paling tidak memerlukan daya mesin 200HP keatas.

Yah itu pendapat saya, terus terang saya pun masih awam, dan masih banyak belajar soal kecepatan.

Komentar