Selang Buntu

Mobil yang dipasarkan indonesia kebanyakan tidak dilengkapi HEATER atau penghangat kabin, ini dikarenakan iklim indonesia tidak membutuhkan penghangat kabin. Oleh sebab itu karena alat ini tidak dipasang maka saluran air radiator yang menuju kabin ditutup, dan alat yang menutup saluran ini sering disebut 'selang buntu'

Tanya:
Bbrp wktu lalu gw kena masalah over heating di jln, tdnya gw gk tau pnyebabnya apa.. tp wktu itu gw buka kap mesin gw liat ad air yg bocor yg keluar dr selang yg belakangan gw baru tau itu selang buntu nama pasarannya, letaknya kira di bawah pompa bensin. SElang buntu itu pecah mngkin krn gk kuat nahan dorongan air dr pompa air dan juga menahan panas...

Akibatnya air dr radiator keluar shg terkuras... ini yang nyebabin over heating (utg gk nyampe redline krn gw lsg tau ad yg gk beres)

Gw wkt itu ngisi air pe beberapa kali tetep aj bocor lagi, n kbtulan deket auto 2000 di asia afrika bandung, lsg masuk. Biasalah prosedurnya hrs observasi dll... akhirnya ksmpulan mereka kipasnya hrs ganti.. dll habis deh 600 rb-an dgn ongkos kerja, emang sih ngaruh krn selang buntunya juga diganti shg aliran air radiator normal lg...

Tapi ap yg trjadi bbrp bulan kmudian gw kna pnyakit yg sama... utg deket rumah trus gw lsg k mntir langganan, tau gak itu ternyata cuma lubang itu ditutup pake kayu n slang buntunya diganti dgn hrg 10.000 perak men!!....

Belakangan gw br tau trnyata saluran tersebut klo di negara lain berfungsi utk pemanas klo lagi musim dingin.. n di indonesia gk cocok...

So buat other friend... mdh2n gk prnah mnglami hal yg sama, krn itu sgt sepele tp bs brakibat fatal...

Utk bro2 yg ada disini trutama bro starno or Fred, bisa gak jelasin ttg ini.. n apakah langkah mntir gw tadi bisa dianggap bener ato ada cr lain yg lebih jitu?.... thanks



Jawab:
Seringkali selang buntu ini karena usia yang sudah sangat lama bisa pecah atau retak yang jelas akan sebabkan mesin menjadi overheat dalam seketika. Periksalah selalu kondisi selang buntu ini untuk menghindari kerusakan mesin akibat overheat.
Bila sudah retak segeralah ganti baru, harga selang buntu ini relatif murah hanya 10rb.

Komentar