Pasaran starlet masih tinggi

Pasaran starlet bekas tergolong tinggi, ini disebabkan memang kehandalan mesin dan spare part mobil ini udah gak perlu di tanya lagi, badak bro, partnya sampe sekarang masih berlimpah, bro mo tanya dimana aja part starlet pasti jual.

Ya itulah keunggulan mobil ini, dari segi modeh juga masih belon ketinggalan jaman, masih kelihatan modis dan keren apalagi kalo udah dipasang aksesoris GT, dijamin penampilan gak kalah ama mobil baru.

Kualitas interior juga sangat baik, gak ada banyak keluhan. Keluhan yang sering muncul biasanya di kaki2, kebanyakan rusak di ball joint atau tie rod, biasanya juga menjalar ke sokbreker dan dudukannya. Tapi inipun juga disebabkan perlakuan pemiliknya sendiri, yang suka ganti ban standar dengan ban yang kelewat besar dan tebal, jadi beban melampaui ketahanan standar. Makanya kalo mau awet jangan pernah ganti pelek standar dengan pelek yang cuma keren di penampilan aja. Kalaupun mau ganti pelek disarankan gunakan pelek standard keluaran toyota terbaru misalnya pelek milik toyota yaris, vios, altis..... karena offsetnya gak terlalu jauh beda ama velg standard starlet.

Ngomongin soal mesin, mesin standar 2E ini gak pernah rewel sama sekali, yang pentin rajin cek oli mesin jangan sampe dibawah normal.

Pada mobil starlet tahun 95 keatas, sistim pengapian sudah menganut CDI dengan koil menyatu di distributor jadi gak bisa lagi main ganti koil spt starlet yang lama. Tapi disinilah letak kehandalan starlet yang sudah pake CDI. Starlet yang sudah pakai CDI memiliki performa yang lebih baik dibanding yang pake platina. Sistem pernafasan karburator juga sudah disempurnakan dibanding starlet yang platina.

Gak heran starlet 95 keatas memiliki performa yang baik, dari segi akselerasi maupun kemampuan mencapai kecepatan tinggi. Tapi gak usah minder starlet platina masih bisa mengadopsi pengapian CDI tanpa merubah sedikitpun spesifikasi mesin.

Kelemahan spesifik starlet ini terletak pada sil klep yang kerap sering bocor, kalo dibiarkan terus akan merembet kepada piston, yang ujung2nya akan menyebabkan mesin rusak. Pastikan tidak ada kebocoran di daerah itu.

Penyakit yang lainnya adalah mesin mudah sekali menggelitik, ini susah diakali, bisa saja dibikin tidak menggelitik tapi tenaga mesin jadi sangat loyo. Jadi serba salah deh. Dan satu lagi penyakit bawaan starlet 94 keatas yang sudah ada power steering, seringkali sil nya bocor, padahal baru aja ganti gak tau kenapa ini. Harga silnya memang bisa dibeli secara terpisah sekitar 120 rb, tapi ini pun bukan yang asli.

Kalo soal performa jangan tanya deh, kalo kondisi mesin sehat dan kaki2 bagus untuk melawan honda jazz aja di jalan tol masih bisa. Gw sendiri pernah coba top speed starlet standar '96 turbo look 170 kpj pada 6000 RPM lebih dikit, asal ac dimatikan yah.

Kalo masih kurang kenceng ganti aja mesinnya ama 4EFTE, dijamin tembus diatas 220kpj.

Tapi sebelum ganti pikirin dulu, mobil mo dipake buat apa? kalo buat harian BOROSS BOSS pake mesin turbo. Mesin standar 2E sangat irit sekali kalo pemakaian dalam kota bisa 1:12 luar kota 1:18 dan ini bener2 sudah pernah gw ukur bro.

I love my starlet....

Komentar

  1. Bang gue mo nanya,apa mesin starlet kalo pas dipanasin bunyi tik..tik..seperti kalo metal duduk kena?tapi kalo udah panas hilang,kalo seperti itu kondisi mesin normal?

    BalasHapus
  2. Di cari starlet kondisi bagus

    BalasHapus

Posting Komentar