Penyebab Suara Mesin Kasar

Batang Dudukan Mangkuk Pelatuk Oblak Bikin Suara Mesin Teriak
Karakter mesin starlet normalnya adalah termasuk halus, karena mesin starlet menggunakan timing belt bukan timing chain, jadi gesekan gerigi timing bisa diredam dengan baik.

Dari kebanyakan kasus berisiknya mesin starlet bisa dikarenakan rocker arm atau pelatuk klep yan aus, atau bisa juga kondisi noken as yang sudah tidak mulus lagi tonjolannya.

Akan tetapi ada kasus lain yang diluar dari biasanya, yaitu mesin akan mengeluarkan suara klek-klek sesaat pedal gas di lepas secara mendadak dari putaran mesin sekitar 4000rpm, semua komponens sudah diperiksa kondisinya termasuk pelatuk dan noken as kondisi masih sangat baik.


Pada saat dilakukan pengecekan dan penelitian lebih lanjut, ternyata suara itu berasal dari lubang dudukan mangkuk klep yang sudah oblak, bisa langsung dirasakan dengan tangan tapi terlebih dahulu pelatuk dilepaskan. Seperti contoh gambar diatas, lubang dudukan klep terlihat jelas, lubang inilah yang sudah aus ukurannya melar dar ukuran standard, sehingga tidak mampu memegang batang mangkuk dudukan klep dengan kuat.



Bila hal ini terjadi solusi sangat murah dan mudah dan tidak perlu bongkar mesin sama sekali, cukup melepas pelatuk klep, Lubang dan batang dudukan pelatuk bisa diberikan lem besi agar bisa dengan kuat menempel tanpa goyang sedikitpun, hasilnya suara aneh dari mesin akan hilang.

Salam Starno72
021-32929696

Ready Stock Bubble Water Injection Rp.350rb. Gratis Ongkir/Pasang