Onderdil Starlet

Onderdil Starlet
Onderdil Starlet Siap Order

Dijual Toyota Starlet

Dijual Toyota Starlet
Iklan Penjualan Toyota Starlet
Alamat Bengkel Starno72 :
Bintaro Trade Center Lantai 1 Blok E1/21 Jl. Raya Bintaro Jaya Sektor 7. Masuk Tol JORR keluar Pintu Tol Bintaro Jaya.
Buka Tiap Hari Jam 14.00 s/d 20.00
Pin BBM 7D21529D HP.08179110080 (WhatsApp, WeChat, Line, dan Kakao Talk) Telp. 021-32929696
Buka Tiap Hari Mohon Janji Terlebih Dahulu Untuk Memastikan Waktu dan Tempatnya.
Mohon jangan menggunakan SMS untuk konsultasi, karena tidak ekonomis dan keterbatasan teks.

Khusus Toyota Starlet 1985-1998 Semua Tipe

Starlet Mesin Karburator vs Mesin Injeksi Turbo

Varian Asli Mesin Starlet Karburator vs Injeksi Turbo
Kelebihan dan Kekurangan
Toyota starlet adalah mobil yang memiliki varian mesin yang cukup lengkap mulai dari karburator, injeksi hingga injeksi turbo. Varian mesin starlet ini dipasarkan ke beberapa negara dengan varian yang berbeda-beda, misalkan untuk varian mesin starlet yang masuk ke indonesia hanya digunakan varian mesin yang memiliki kode mesin 2E(1.3L) dan 1E (1.0 L). masing-masing tipe mesin ini dibekali dengan 12 valve karburator Platina/CDI yang menelurkan tenaga masing-masin 72hp dan 55hp.

Varian Mesin 2E/1E

Tipe mesin ini sudah sangat terkenal akan kebandelannya, mesin tidak pernah rewel dan spare parts masih banyak tersedia disetiap toko onderdil dengan harga yang murah. Walau mesin ini belum bisa dibilang irit dan juga tidak bisa dibilang boros, kemampuan akselerasi mesin ini cukup bisa diandalkan untuk pemakaian harian dipadatnya lalu lintas perkotaan. Mesin ini menjadi mesin andalan toyota starlet di tanah air, karena beberapa keunggulannya dan kelebihannya lebih baik dari varian mesin starlet yang lainnya. Varian mesin ini juga digunakan oleh beberapa varian toyota corolla yang sering disebut orang sebagai corolla 1.3L atau corolla 2E atau corolla 'banci'. Satu-satunya kelemahan mesin ini adalah seringnya mengalami kebocoran seal mesin baik itu seal mesin bagian depan, belakang dan juga seal klep. Tapi bagaimanapun juga keunggulan dan kelebihan mesin ini masih lebih banyak ketimbang kekurangannya. Dan hal yang perlu diperhatikan pada tipe mesin ini adalah pemakaian kualitas oli yang bagus untuk mencegah keausan mesin karena karakter mesin starlet termasuk mesin 'panas' dan penggantian timing belt secara berkala agar terhindar dari kerusakan mesin yang permanen.

Varian Mesin 2E-TE

Varian mesin 2E-TE merupakan varian mesin turbo yang pertamakali diperkenalkan pada starlet kotak. Pada dasarnya mesin ini adalah mesin 2E 12valve yang ditambahkan perangkat injeksi dengan turbo intercooler dan menghasilkan tenaga 100hp.

Varian Mesin 4E-FTE

Varian turbo starlet kapsul adalah varian mesin turbo produksi terakhir toyota starlet kapsul hingga starlet glanza (tidak masuk indonesia). Mesin ini sudah dibekali dengan teknologi yang sudah lebih maju dengan penggunaan 16valve, injeksi turbo yang sanggup menelurkan tenaga hingga 136hp. Mesin yang memilik kode 4E ini cukup mudah didapatkan saat ini, dengan rentang harga mulai 7 - 12 juta rupiah tergantung kondisi dan kelengkapannya.

Kelebihan dan Kekurangan Karburator vs Turbo Injeksi
Secara umum akan coba dipaparkan kelebihan dan kekurangan dari jenis mesin yang digunakan oleh toyota starlet sebagai berikut,

KELEBIHAN

Mesin Karburator :

- Mudah dan murah dalam hal perawatan.
- Mesin tidak sensitif dan tidak suka rewel
- Mudah memodifikasi mesin

Mesin Injeksi Turbo :
- Konsumsi BBM lebih irit pada pemakaian normal
- Tenaga sangat berlimpah
- Akselerasi sangat kuat

KEKURANGAN

Mesin Karburator :

- Konsumsi Bensin Cenderung Boros pada kondisi stop n go
- Polusi Gas Buang Masih Tinggi
- Torsi mesin kurang kuat

Mesin Injeksi Turbo :
- Biaya perawatan mesin sangat mahal
- Mesin Sensitif dan Rewel karena umur komponen elektroniknya.
- Tidak mudah untuk memodifikasi mesin ini.

Demikianlah pemaparan mengenai kelebihan dan kekurangan mesin karburator vs injeksi turbo berdasarkan pengalaman dan penanganan mesin starlet di bengkel starno, semoga informasi ini bisa dijadikan berbagi informasi mengenai mesin starlet khususnya buat para maniak starlet.

Salam Starno72,
021-32929696

Starlet Mini OCT - Oil Catch Tank

Menangkap Uap Oli Bikin Efisien Pembakaran
Beberapa starleters masih sering menanyakan apa sih fungsi OCT itu?
OCT atau Oil Catch Tank adalah sebuah alat yang berfungsi memisahkan uap oli dengan udara saat mesin bekerja yang kemudian terhisap kedalam intake manipol ruang bakar agar terjadi efisiensi pembakaran yang lebih baik karena tidak terkontaminasi oleh uap oli yang ikut terbakar. OCT ini juga berfungsi memberikan saluran udara induksi yang membuat kerja respon karburator lebih spontan karena ada akumulasi udara yang ada pada tabung mini OCT ini. Hasilnya mesin lebih bersih pada saluran pembuangan dan performa tenaga mesin juga tetap terjaga.


Inilah penampakan alat yang dinamakan Mini OCT khusus starlet. Bahan atau material mini OCT ini terbuat dari bahan kaca dan karet yang sangat tahan panas dan tekanan tinggi. Alat ini sangat mudah dipasang pada starlet karena sama sekali tidak merubah saluran asli ataupun memotong saluran/selang yang sudah ada sebelumnya. Pemasangan bahkan sangat mudah oleh orang awam sekalipun.







Beberapa starleters yang sudah merasakan sensasi bubble water injection juga meng-aplikasikan mini OCT buat starlet kesayangannya. Kombinasi ini bikin performa tunggangan starleters semakin prima.

Alat ini hanya dibuat berdasarkan pesanan, starno tidak membuat alat ini secara masal karena keterbatasan bahan baku.

Starno72,
021-32929696

Pecinta Starlet Ceper vs Velg R17

Velg Besar dengan Per JAMEX untuk Starlet
Tampilan starlet dengan velg besar dan lebar bukan hanya menambah keren tampilan, tapi juga akan menambah kestabilan saat dijalan bebas hambatan. Akan tetapi aplikasi velg besar dengan velg standard masih belum cukup buat pemilik starkap produksi 93 akhir ini. Untuk menambah tampilan lebih keren diputuskan untuk menrendahkan bodi dengan menggunakan per produksi dari JAMEX khusus untuk starlet. Karakteristik per ini memiliki bantingan yang sedang tidak terlalu lembut juga tidak terlalu keras. Material per JAMEX ini juga cukup berkualitas untuk digunakan dalam waktu jangkap panjang.


Foto diatas kondisi masih menggunakan per standard dan velg R17


Inilah penampakan dari per JAMEX untuk starlet, dilumuri warna merah menyala.


Konstruksi per JAMEX rapat diatas memberikan bantingan yang akurat.


Ulir lebih banyak pada per depan memberikan peredaman yang cukup baik untuk manuver. Shockabsorber belakang diganti dengan produk Kayaba Excel Japan memberikan bantingan yang cukup baik buat manuver dijalan.


Tampilan ceper setelah pemasangan per JAMEX


Bodi mobil lebih rendah sekitar 3 cm dari sebelumnya, dan terlihat lingkar luar roda tertutup oleh fender seolah bodi memeluk roda lebih dekat.


Starno72
021-32929696

Strutbar Starlet Kapsul dan Starlet Kotak

Bikin Manuver Starlet Lebih Baik dan Stabil
Salah satu meningkatkan performa pengendalian toyota starkap dan starkot adalah dengan penambahan strutbar yang dipasang pada dudukan per roda depan. Penambahan strutbar ini menambah kekuatan dan kestabilan saat manuver tajam.



Strutbar ini tersedia untuk starkap dan starkot tinggal pasang tanpa merubah sedikitpun karena strutbar ini adalah strutbar copotan dari starlet turbo asli jepang, perhatikan strutbar untuk starkot masih menempel braket turbo intercooler ciri khas starlet JDM asli.

Buat peminat segera kontak starno dikarenakan barang ini ditawarkan dalam jumlah yang sangat terbatas karena kelangkaan.

Starno72,
021-32929696

Pencinta Starlet Velg Besar dan Lebar

Velg 18 Yang Tidak Bikin Mentok
Mobil yang cukup berumur ini memang masih tetap enak untuk di dandani. Bentuk bodi yang tidak kemakan jaman semakin gaya hanya dengan menggunakan velg besar dan lebar tanpa khawatir mentok lewat jalan berlubang.

Starkap produksi tahun 93 akhir ini masih tetap menggunakan per dan shockabsorber standard, kombinasi upgrade style dengan biaya tidak mahal.


Sesudah dijejali velg 18 yang biasa dipakai oleh mobil jenis SUV, kini tampilan starkap yang sudah berumur 15 tahun ini menjadi lebih gaul dan trendy.


Buat starleters yang ingin adopsi velg lebar dan besar dapat menggunakan kombinasi velg 18 offset 40/45 dengan ukuran ban 215-35-R18 (profil sangat tipis). Kombinasi ini terbukti tidak bikin mentok bodi.

Starno72,
021-32929696

Bongkar Kepala Slinder Starkap

Overhaul Cylinder Head - Turun Setengah Mesin
Ritual turun setengah mesin untuk mobil yang sudah berumur diatas 5 tahun sudah lazim dilakukan atau dengan kata lain bila mesin sudah menempuh jarak 100.000km untuk menjaga performa mesin tetap prima perlu dilakukan overhaul cylinder head atau turun setengah mesin.

Apa saja yang dikerjakan turun setengah mesin?
Bagi beberapa starleters mendengar kata turun setengah mesin masih terasa begitu menyeramkan dan terasa makan biaya besar. Akan tetapi bila sudah mengerti tujuan dari turun setengah mesin mungkin starleters akan mengetahui betapa banyak sekali manfaatnya. Adapun pengerjaan turun mesin adalah sebagai berikut :
- Bongkar kepala slinder dan klep
- Membersihkan kepala piston dari kerak
- Membersihkan klep dan batang klep
- Men-seting ulang dudukan klep atau skir klep agar kompresi bagus
- Mengganti seluruh seal mesin diataranya seal klep
- Mengganti seluruh paking mesin intake manipol dan exhaust manipol
- Seting ulang mesin


Pasien turun setengah mesin kali ini adalah starkap 90 yang sudah di modifikasi nosecut milik starlet GT turbolook dan modifikasi ventilasi kap mesin sehingga tampilan lebih garang.


Kabin mesin juga dicat, hingga kepala tutup mesin terlihat hot dan merah menyala.


Paket turun mesin sudah termasuk parts top set original dari toyota.



Kondisi slinder dan kepala piston sesaat setelah dilepas kepala slindernya. dan terlihat kondisi kepala piston nomer 2,3,4 sudah mengalami penumpukan kerak yang cukup parah akibat kebocoran seal klep.



Kondisi kepala slinder dan klep. Perhatikan klep sudah sangat hitam dan berkerak.


Perhatikan dari foto dari dekat, kondisi klep yang sudah ditumpuki kerak pembakaran, menumpuk tebal dan sangat keras mirip arang dan keras seperti batu karang.


Kondisi slinder dan kepala piston setelah dibersihkan darin tumpukan kerak mesin, kembali mengkilat.


Mesin lebih terlihat bersih.


Tidak lupa setelah proses overhaul selesai piranti tambahan berupa Bubble Water Injection dan Mini OCT menjadi alat penambah performa mesin, dan tentunya sudah dilakukan tuning semi sports.

Prosesi turun mesin memakan waktu kurang lebih 3 hari hingga seluruh proses selesai termasuk dengan tuning semi sports sebagai pelengkapnya.

Hasil yang didapatkan setelah turun setengah mesin adalah, kembalinya performa mesin seperti sediakala dikarenakan kompresi kembali bagus, tidak adalagi kebocoran mesin, dan ruang bakar bersih membuat sistem pembakaran lebih efisien membuat konsumsi bahan bakar lebih irit dari sebelumnya.

Starno72,
021-32929696

Tips - Atasi Embun Kaca Depan Starkap

Embun Kaca Depan Starkap Bikin Senewen
Pemilik starlet kapsul pasti pernah mengalami senewen gara-gara terdapat embun di kaca depan yang benar-bener menjengkelkan karena menghalangi pandangan kedepan.

Masalah lubang/kisi-kisi AC pada Dashboard
Kejadian ini biasa terjadi saat cuaca diluar dingin dan biasanya akan terjadi pada malam hari atau kondisi hujan diluar. Embun terjadi karena kisi-kisi AC depan menghembuskan udara dingin yang mengenai permukaan kaca depan. Karena udara diluar dingin maka akan terjadilah embun di permukaan luar kaca depan. Kondisi ini secara reflek pengemudi menyalakan wiper, hasilnya nya apa? kondisi akan semakin bertambah parah, seluruh kaca depan malah tambah buram dan pandangan kedepan menjadi lebih terganggu. Solusi gampang matikan AC dan bukalah kaca agar tidak terjadi embun itu lagi.



Tapi solusi mematikan ac dan buka kaca jendela bukan solusi yang nyaman buat kebanyakan pemilik starleters, karena saat kaca dibuka tetesan air hujan akan masuk ke dalam, jadi serba salah.

Nah solusi yang ampuh dan jitu adalah menutup ventilasi/kisi AC pada dashboard untuk mencegah hembusan udara AC pada permukaan kaca depan. Tutup saja lubang itu dengan lakban seperti foto diatas, dan masalah itu seketika akan hilang.

Tapi tentu saja menutup lubang dengan lakban kurang rapih dan kurang enak dilihat, starleters bisa mencari bahan yang lebih rapih dan enak dilihat misalnya dengan lapisan kulit yang dibuat cukup pas menutupi lubang A/C sewarna dengan dashboard starlet kesayangan.

Semoga tips ini bermanfaat buat para starleters.

Starno72,
021-32929696

Tips - Servis Pelampung Bensin Starkap

Starlet Kapsul Turbolook 1.3SEG '97
Bila pemilik starlet kapsul pernah mengalami jarum meter bensin tiba-tiba turun drastis atau bahkan tidak mau bergerak sama sekali padahal baru isi bensin full, inilah tandanya pelampung bensin bermasalah. Pelampung bensin memiliki umur yang sangat panjang dengan kata lain tidak akan pernah rusak, tapi karena bekerja secara mekanis maka beberapa kasus akan terjadi kerenggangan. Dikarenakan harga pelampung bensin starlet kapsul orisinal bisa mencapai diatas 1 juta rupiah, lebih baik memperbaiki sendiri dan letak pelampung bensin berada dibawah jok belakang, jadi sangat mudah untuk membongkarnya.

Beberapa waktu lalu pernah disajikan bagaimana memperbaiki pelampung bensin starlet kotak. Nah kali ini akan disajikan tips memperbaiki pelampung bensin starlet kapsul.
Perbedaan utama pelampung bensin starkot dengan starkap adalah starlet kapsul memiliki sensor lampu peringatan bensin habis, sedangkan starkot tidak memilikinya. Selain itu konstruksi pelampung dan saluran sudah diperbaiki dengan penambahan filter hisap pada saluran masuk.

Cara Membongkar
Bukalah jok belakang starlet kapsul, dan kemudian bukalah penutup/cover yang terbuat dari plat kaleng, congkel saja dengan obeng, plat ini hanya di-lem. Setelah penutup/cover terbuka kemudaian cabut soket dan selang saluran bensin. Bukalah ke-delapan baut pengikat pelampung bensin. Angkatlah perlahan-lahan pelampung bensin dari tangki.


Beginilah ujud dari pelampung bensin starlet kapsul yang sudah dilengkapi dengan sensor lampu peringatan bensin habis.



Bukalah penutup cover sensor pelampung bensin, dan sperti yang terlihat pada foto diatas terdapat kumparan sensor, dan disinilah masalahnya. Lengan geser sensor tidak kontak dengan baik dengan kumparan sensor. Perlu di bengkok-kan sedikit ke arah kumparan agar lengan geser sensor selalu menempel baik. Gunakan tang runcing untuk membengkok-an, lakukan dengan hati hati agar tidak merusak bagian mekanis lainnya. Setelah lengan geser di bengkokan sedikit, pasang kembali dengan cara kebalikan dari membuka.

Nah sekarang meter bensin tidak akan salah membaca permukaan bensin didalam tangki, selamat mencoba.

Starno72,
021-32929696