Onderdil Starlet

Onderdil Starlet
Onderdil Starlet Siap Order

Dijual Toyota Starlet

Dijual Toyota Starlet
Iklan Penjualan Toyota Starlet
Alamat Bengkel Starno72 :
Bintaro Trade Center Lantai 1 Blok E1/21 Jl. Raya Bintaro Jaya Sektor 7. Masuk Tol JORR keluar Pintu Tol Bintaro Jaya.
Buka Tiap Hari Jam 14.00 s/d 20.00
Pin BBM 7D21529D HP.08179110080 (WhatsApp, WeChat, Line, dan Kakao Talk) Telp. 021-32929696
Buka Tiap Hari Mohon Janji Terlebih Dahulu Untuk Memastikan Waktu dan Tempatnya.
Mohon jangan menggunakan SMS untuk konsultasi, karena tidak ekonomis dan keterbatasan teks.

Khusus Toyota Starlet 1985-1998 Semua Tipe

Starlet GT - Pick Up Version

Indonesian Amazing Pick Up - Starlet GT
Pernahkah rekan starleters membayangkan starlet versi pick up? lihat foto dibawah ini mungkin starleters akan tercengang atau geleng-geleng kepala melihat ujud starlet GT berubah menjadi pick up. Dan yang lebih hebat lagi ternyata modifikator dan pemilik mobil ini adalah orang indonesia asli, walau orang indonesia belum sepintar malaysia membuat sebuah mobil, tapi urusan modifikasi bodi mobil, indonesia boleh di acungkan 2 jempol.



Tampilan belakang starlet pick up ini bahenol, lampu belakang starlet pick up ini mengambil dari milik starlet glanza(EP90).... entah inspirasi dari mana sang modifikator starlet ini......hmm benar-benar mengagumkan.

Adakah rekan starleters berminat merubah tampilan seperti ini?


Starno72,
021-32929696

Starlet GT - Wheel Steering

Starlet GT Wheel Steering For Sale
Aksesoris starlet GT pasti menjadi buruan para starleters. Selain kualitas bahan dan pembuatan, aksesori asli starlet GT akan menambah gengsi dan tampilan interior maupun eksterior mobil para starleters.

Stalret GT Wheel Steering
Salah satu aksesori interior starlet GT adalah roda kemudi. Lihat saja foto dibawah ini, setir asli starlet GT ini akan menambah gaya dan nuansa GT memberi kesan JDM yang kental karena memang asli copotan starlet JDM.



Setir GT ini sangat cocok untuk dipasang pada generasi starlet kapsul dan pemasangan tanpa merubah apapun, copot setir lama dan pasang setir GT, dan starleters akan merasakan sensasi Starlet GT. Kondisi barang 90% alias sangat mulus sekali terlihat setir ini memang barang simpanan yang tidak pernah digunakan, sangat langka dan istimewa.


Inilah bentuk setir starlet mulai keluaran tahun 94-99, setir ini adalah setir standard toyota starlet untuk type 1.3SEG.

Stok hanya ada satu buah dan sekarang menempel pada mobil starlet turbolook starno, bagi peminat setir GT silahkan kontak langsung via SMS.

Starno72,
021-32929696

Mini OCT Perdana Starlet

Pemasangan Mini OCT Starleter
Salah seorang starleter yang sudah mencicipi dahsyat-nya tuning semi sports dan bubble water injection, merasa tertarik dengan piranti baru starno, mini OCT.


Pengurasan oli Mini OCT cukup dengan satu jari

Hanya dengan sedikit penjelasan tentang mini OCT akhirnya starleter setia bengkel starno ini memutuskan untuk dipasangkan mini OCT pada starlet kesayangannya. Pemasangan OCT ini relatif sangat mudah buat orang awam sekalipun, karena hanya menyambung selang yang ada tanpa merusak atau memotong selang bawaan asli starleter. Pemasangan hanya membutuhkan waktu 5 menit saja.

Akan tetapi setelah dipasangkan mini OCT, ternyata katup PCV tidak bekerja dengan baik dan penyebabnya adalah kebocoran dari karet seal PCV dan katup PCV. Mini OCT tidak akan bisa bekerja bila kondisi PCV rusak.

Solusinya PCV beserta karetnya diganti baru, sehingga menjamin sirkulasi pernapasan mesin lebih lancar, dan mini OCT akan bekerja maksimal. Dengan pemasangan mini OCT ini pembakaran akan semakin bersih karena tidak ada lagi uap oli yang terhisap dan terbakar diruang bakar, dan secara langsung akan meningkatkan kualitas pembakaran, tenaga mesin akan tetap prima untuk jangka panjang.

Buat peminat mini OCT bisa mendapatkan alat ini di bengkel starno, dan jangan lupa pastikan katup PCV dalam kondisi baik dan tidak rusak.

Starno72,
021-32929696

OCT - Oil Catch Tank

Mini OCT Untuk Toyota Starlet 2E/1E
Apa fungsi OCT? Fungsi utama OCT adalah menangkap uap oli yang terhisap oleh saluran manipol masuk kedalam ruang bakar, sehingga udara yang dihisap oleh mesin didalam ruang bakar benar-benar bersih tidak tercampur oleh uap minyak oli mesin, sehingga dapat menekan polusi gas buang sekaligus menyempurnakan pembakaran di ruang bakar mesin.

Menangkap Uap Oli
Kenapa Uap Oli Harus Ditangkap ? Pada saat mesin mencapai suhu kerja sekitar 80-90 derajat celcius, ruang oli mesin mendapatkan tekanan dan panas yang tinggi, sehingga oli mesin menguap dan dihisap oleh saluran masuk melalui sebuah saluran PCV. Pada kondisi tertentu keadaan ini tidak ada masalah, namun dalam kurun waktu yang akan datang kondisi ini akan membuat saluran masuk bahan bakar menjadi cepat kotor, dan polusi gas buang yang dihasilkan pun relatif agak tinggi kadar CO2 karena ada zat uap oli yang ikut terbakar.

Fakta Oli Berkurang Karena Penguapan
Fakta yang belum banyak orang tahu adalah, ".....oli mesin mobil akan berkurang seperempat hingga setengah liter sebelum penggantian oli mesin berikutnya..." dan hal ini terjadi pada hampir setiap mobil baik mobil baru atau mobil lama. Penguapan memang harus terjadi karena memang ada proses pembakaran didalam mesin, penguapan akan mudah terjadi bila menggunakan oli yang lebih encer atau menggunakan oli dari jenis sintetik, jadi jangan heran bila oli mobil akan berkurang dalam kurun waktu tertentu.

Mini OCT Meningkatkan Performa Mesin
Kesempurnaan pembakaran didalam mesin akan didapatkan bila udara yang masuk kedalam ruang bakar bersih dan murni. Mini OCT akan memisahkan uap oli dengan udara sehingga hanya udara saja yang masuk kedalam saluran manipol ruang bakar dan uap oli akan tertinggal di alat mini OCT, yang pada akhirnya juga akan menyempurnakan dan memaksimalkan pembakaran sekaligus meningkatkan tenaga secara langsung.


Perhatikan foto diatas, pada pemakaian beberapa hari uap oli yang berwarna agak coklat kehitaman berhasil ditangkap oleh mini OCT.

Pemasangan Mini OCT Toyota Starlet
Mini OCT terbuat dari bahan tahan panas dan tekanan maka tidak heran bila mini OCT terbuat dari kaca tebal bening yang sangat tahan panas dan tekanan yang juga dilengkapi dengan lubang penguras/pembuang uap oli sangat mudah cukup tekan dengan jari saja.


Alat ini bisa didapatkan di bengkel starno dengan harga yang cukup bersahabat.


Pemasangan mini OCT tanpa sedikitpun merusak atau memotong komponen asli mesin toyota starlet, hingga mudah di kembalikan ke posisi semula.


Mini OCT akan langsung bekerja saat mesin dihidupkan dan akan terlihat endapan uap oli dalam beberapa hari pemakaian kedepan. Kualitas oli juga akan terlihat dari kaca bening ini.



Memiliki lubang pembuangan/pengurasan uap oli dengan cara yang sangat mudah, berbentuk seperti klep ban dalam mobil, sehingga dengan ditekan oleh jari atau obeng, oli akan terbuang keluar, lakukan ini bila oli didalam mini OCT sudah terlalu penuh.


Starno72,
021-32929696

Tips - Radiator Water Coolant

Kadang Air Saja Belum Cukup
Pernahkah starleters mengalami overheat? peristiwa overheat adalah kegagalan sistem pendingin mesin. Penyebab overheat bisa dari radiator mampet, water pump korosi, adanya kebocoran saluran pendingin atau bisa juga dari motor kipas radiator yang tidak berfungsi.

Menggunakan Air Bersih
Banyak pemilik kendaraan menggunakan air bersih yang didapat dari air minum mineral ataupun juga air accu biru, dan memang lebih baik dibanding menggunakan air sumur atau air PAM yang ternyata juga tidak bersih banyak mengandung lumut, lumpur ataupun zat besi.


Recommend. Prestone Coolant & Antifreeze

Akan tetapi air yang bersih tersebut hanya memilik satu fungsi yakni fungsi mendinginkan mesin, tidak ada fungsi mencegah korosi dan merawat sistem sirkulasi pendingin mesin. Temperatur mesin yang tinggi dan pertemuan antar logam membuat saluran pendingin mesin mengalami korosi ataupun penyumbatan, dan air tidak mampu mengikat endapan korosi tersebut. Korosi akan membuat saluran kisi-kisi radiator menjadi mampet, dan kerja water pump menjadi berat karena terhalang oleh korosi tersebut dan untuk pemakaian jangka panjang perawatan atau perbaikan akan menjadi lebih mahal.

Gunakan Radiator Coolant
Radiator coolant adalah cairan khusus yang dibuat untuk sistem pendingin mesin mobil yang menggunakan radiator. Cairan khusus ini berfungsi menaikan titik didih dari 100 derajat celcius menjadi 120 derajat celcius sehingga gejala overheat mesin bisa dihindari. Selain itu juga cairan ini berfungsi merawat metal dengan menetralisir korosi sekaligus mengikatnya. Cairan ini juga memberikan efek melumasi bagian water pump sehingga kinerja dan umur pakai water pump bisa lebih lama.

Saran Pemakaian :
- Gunakan Radiator Flush sebelum menggunakan radiator coolant.
- Tuangkan Radiator Coolant tanpa menambah sedikitpun air.
- Ganti dan Kuras Radiator setahun sekali dan cek kebocoran.

Starno72,
021-32929696

Tips - Ganti Kabel Gas

Kabel Gas Non Orisinal Bikin Masalah
Bila di lihat dari beban kerja nya, kabel gas pada umumnya memiliki umur kerja hingga puluhan tahun dan tidak akan putus asal perlakuan dan perawatan nya normal. Akan tetapi pada situasi dan kondisi tertentu kondisi kabel gas juga akan lebih cepat aus dan rusak sehingga penggantian kabel gas tidak bisa dihindari lagi.

Dipasaran kabel gas toyota starlet sangat banyak, harga yang ditawarkan juga bervariasi dan umumnya sangat murah mulai dari 125-200rb (non-orisinal). Akan tetapi ternyata permasalahannya tidak sampai disitu. Kabel gas non orisinal dapat menyebabkan kemacetan pedal gas, sehingga akselerasi mobil sangat sulit di kontrol dan cenderung liar sangat berbahaya buat kondisi jalan macet karena bisa seketika menabrak mobil didepan nya.

Masalah ini pernah dialami oleh beberapa pelanggan setia bengkel starno, dan solusinya hanya mengganti kabel gas yang orisinal milik toyota starlet dengan harga yang memang sesuai dengan kualitasnya.



Kabel Gas Orisinil
Parts orisinal sudah pasti kualitas buatannya sudah memiliki standar yang sangat baik, sehingga bila digunakan juga tidak akan mengalami masalah. Permasalahan kabel gas macet hilang seketika saat dilakukan penggantian dengan kabel gas orisinal ini.


Beginilah rupa kabel gas orisinal yang memiliki bandroll hampir 500rb. dan memang agak sulit dicari.

Starno72,
021-32929696

Repair & Repaint Body - PART II

Toyota Starlet Kotak 1.5 SE Matik '88
Already Finish
Setelah menginap selama 20 hari dari saat mobil masuk bengkel Starno, inilah penampilan baru setelah dilakukan body repair & repaint toyota starlet kotak berkelir hitam ini.





Body Repair & Repaint Body


Seluruh panel body di cat, termasuk kabin mesin.



Pemasangan lampu-lampu sesaat setelah pengecatan.



Kabin Interior juga di cat agar kekuatan dek lebih baik.



Sentuhan akhir dari epoxy menjamin body mulus seperti baru.



Kabin dibongkar untuk dilakukan pengelasan dek.


Sekujur bodi sudah babak belur kondisinya terdapat karat di beberapa tempat.


Starno72,
021-32929696

Tips - Kuras Tangki Perbaiki Pelampung

Toyota Starlet Kotak 86 1.0 XL
Umur mobil yang sudah menginjak usia diatas 20 tahun pastinya akan mengalami masa-masa 'sulit' salah satunya tangki bensin yang sudah kotor bercampur karat dan air. Bukan itu saja, jarum pengukur bensin sudah malas bergerak sehingga menyulitkan menebak berapa banyak isi bensin dalam tangki.

Jarum Bensin Malas Bergerak Walau Bensin Full Tank
Pembacaan indikator bensin jadi ngawur, terkadang dalam kondisi tertentu jarum akan naik kadang turun, bahkan tidak bergerak sama sekali.


Setelah dilakukan pengetesan ternyata masalahnya adalah pelampung bensin yang berfungsi sebagai sensor permukaan bensin dalam tangki. Sensor ini akan mengirimkan arus listrik sesuai dengan tinggi rendah permukaan ke indikator meter bensin.


Tangki bensin diturunkan untuk dikuras isinya.



Inilah yang dinamakan alat 'pelampung bensin' tugasnya mengirimkan arus listrik sesuai tinggi rendahnya permukaan bensin dalam tangki.



Setelah 'pelampung bensin' ini dibongkar ternyata tidak dalam 100% rusak. Masalah hanya ada pada lidah kuningan yang kurang menempel pada kumparan/spul kawat meter. Hanya dengan membengkokan sedikit lidah kuningan agar selalu bersentuhan dengan spul dengan sebuah tang runcing, maka lidah kuningan geser akan kembali pada posisinya.



Sebelum dipasang terlebih dahulu dilakukan pengetesan, saat lengan pelampung bensin berada posisi paling bawah, indikator jarum meter bensin harus menunjukan pada garis terendah "E"



Dan sebaliknya pada saat lengan pelampung bensin berada pada posisi tertinggi, jarum meter bensin harus berada pada posisi garus full "F". Bila sudah benar pelampung dan tangki bensi siap dipasang kembali.

Semoga tips ini dapat bermanfaat bagi para starleters.

Starno72,
021-32929696

Tips - Memperbaiki Jarum Temperatur Mesin

Perbaiki Jarum Temperatur Puas tanpa was-was
Temperatur mesin adalah hal yang harus selalu di pantau setiap saat, untuk memastikan kondisi mesin dalam batas suhu kerja yang normal.
Bagaimana bila jarum penunjuk malas beranjak, alias tidak mau bergerak sedikitpun sekalipun mesin sudah menyala dan berjalan? tentu saja was-was apalagi jika melintasi daerah padat dengan kemacetan luar biasa.

Menelusuri masalah kelistrikan temperatur mesin memang kadang membuat frustasi, pasalnya sudah ganti parts sensor/dioda resistor temperatur pada blok mesin toh tetap saja jarum temperatur tidak mau bergerak, atau kalau bergerak pun akan mentok ke atas, sangat mengerikan bukan.



Ada 2 komponen utama yang digunakan sebagai meter temperatur mesin, komponen pertama adalah Sensor Dioda resistor yang bertugas mengirimkan data variabel, dan yang kedua adalah Gauge Meter. Kedua alat inilah yang memberikan laporan temperatur mesin.

Kerusakan yang terjadi biasa pada sensor dioda atau gauge meter. Akan tetapi kerusakan dioda lebih sering terjadi dibanding dengan gauge meter.

Pada kasus tertentu kedua alat ini bekerja normal dan tidak menunjukan gejala kerusakan sama sekali. Akan tetapi perlu di urut satu persatu asal kerusakan.



Untuk memastikan bahwa seluruh komponen bekerja normal perlu di test satu persatu, mulai pengetesan sensor dioda dan gauge meter. Pastikan komponen ini tidak bermasalah.

Kemudian alat dipasang kembali seperti semula, dan ternyata ada kabel pin conector yang tidak terhubung dengan baik pada posisi kaki nomor 2 gauge meter. Dengan memperbaiki koneksi kabel ini, maka gauge meter kembali bekerja dengan normal.

Semoga tips ini bisa bermanfaat.

Starno72
021-32929696

Hang Out Bengkel Starno72

Fully Tuned by Starno 1.3SEG '95
Menurut pemiliknya, starlet kapsul ini sudah jadi belahan jiwanya, saking sayang dan cinta nya starlet ini hanya digunakan pada saat-saat istimewa ujar ovi sang pemilik starlet ini.


Betul saja saat starno mendengar suara mesin ini sudah bisa memastikan mesin ini dalam kondisi sangat baik. Ovi ingin agar mobil ini enak dipake dan bisa di ajak ngebut makanya rela datang dari jauh dan nongkrong seharian di bengkel starno untuk mencicipi tuning semi sport ala starno.



Keluhan lain dari mobil ini adalah ac mobil yang sudah tidak mampu menyemburkan udara sejuk kedalam kabin, sudah lama sekali tidak pernah di service ac nya dan minta sekalian ac di tuning biar lebih dingin dan lebih yahud tarikan mesin ujar ovi dengan penuh semangat.

Berikut ini pengalaman setelah tuning semi sports :

OVI :
Mas Starnoo.!! thx ya buat tunning semi sportnya.. ga rugi deh 1 harian di sana... plus dengan service AC nya ...walopun mahal dikit .. jadi langsung ''bbrrrr...' .. btw,waktu di tol munju pulang..penasaran ngetes tarikan mobil, ada yg nempel di belakang...terpaksa harus bilang "bye ..bye..Sw*ft" pada mobil 10 tahun lebih muda ituuu... hahahaaa.. THX ya Mas Starno.. C u next month!!


Salam Starno72
021-32929696

Repair & Repaint Body - PART I

Toyota Starlet Kotak 1.5 SE Matik '88
Lanjutan dari repairing bodi starkot matik ini sudah dalam tahap penguatan bahan dasar. Setelah dipastikan seluruh lapisan bodi rata dan lurus, bodi kembali di semprot epoxy sebagai bahan dasar penguat dan perekat antara lapisan logam dengan cat.


Lapisan epoxy disemprotkan secara merata di sekujur bodi. Lis plang/talang air khas starlet kotak yang berlokasi di atap, sudah dimodifikasi rapih, karet lisplang ini harganya sangat mahal sekali, solusi kita buatkan lisplang khusus, sehingga tampilan hampir mirip dengan asli nya.


Sentuhan cat dasar sudah di siramkan, dan sudah terlihat rapih.


Bagian kabin dalam juga disiramkan cat, lebih rapih dan kuat.


Beginilah tampilan depan starlet kotak dalam proses finishing.

Bersambung......


Salam,
Starno72
021-32929696

Toyota Starlet Kotak Mesin 1.5L

Varian Mesin Starlet 3E Kapasitas Mesin 1.500cc 87HP@6000RPM
Banyak starleters yang masih menanyakan varian mesin 3E ini. Mesin ini memiliki kapasitas 1.5 Liter dan mesin ini tidak masuk ke indonesia. Dengan dimensi dan wujud yang sama dengan mesin 1E/2E versi starlet lokal, mesin 3E ini memiliki kruk as yang juga lebih besar. Dengan daya mesin mencapai 87 tenaga kuda, tentu mesin ini lebih 'bergairah' di jalan raya.


Toyota 3E 1.500cc

The 3E is a 1.5 L (1456 cc) SOHC version. Output ranged from 78 hp (58 kW) to 87 hp (65 kW) at 6000 rpm with 87 ft·lbf (118 N·m) of torque at 4000 rpm to 89 ft·lbf (121 N·m) of torque at 4800 rpm. It appeared in 1986, and was discontinued after 1994. The 3E engines appeared in both carbureted and fuel-injected applications. The 3E-TE, appearing in 1986, was a turbocharged engine producing 113 hp (84 kW) at 5600 rpm with 127 ft·lbf (172 N·m) of torque at 3200 rpm.

Applications:

The '3E' and '3E-E' engines are considered slightly less reliable than other Toyota engines, although they are also among the easiest engines to work on. The most common problems to affect these engines are carbon buildup in the intake valves, premature valve stem seal (nitrile) failure, and collapse of the oil control ring on the piston. Any of these conditions can lead to rough idling, stalling, and fouled spark plugs, and therefore need to be differentially diagnosed. The valve stem seals, at least, can be replaced with silicone or viton which last much longer.

source : www.wikipedia.com



Kode mesin 3E/1.5L terlihat jelas pada blok mesin starlet kotak ini.


Dengan tenaga yang lebih besar, penggunaan transmisi matik tidak akan membuat mesin ini kehilangan tenaganya, kapasitas 1.500cc mampu memutar gear matik ini dengan sangat ringan.


Starno72,
021-32929696

Starlet Bubble Water Injection

The Legend Continue
Water Injection sudah cukup dikenal di dunia otomotif sejak perang dunia ke-2. Dengan cara menyuntikan air murni kedalam ruang pembakaran, dapat meningkatkan tenaga dan kinerja mesin, yang pada gilirannya juga akan menghemat konsumsi bahan bakar.


Keseharian Bengkel sederhana starno72, cukup kewalahan juga atas permintaan pemasangan bubble water injection karena keterbatasan bahan baku yang di impor dari china.


Toyota Starlet 1.3SEG 1995


Toyota Starlet 1.3SEG Turbolook '96


Toyota Starlet 1.3SEG '95


Toyota Starlet 1.3 SE '91

Starlet Bubble Water Injection akan bekerja efektif dalam waktu 2-3 hari setelah pemakaian. Mesin akan beradaptasi, terasa lebih ringan tidak perlu injak pedal gas terlalu dalam untuk berakselerasi.

Aplikasi Starlet Bubble Water Injection tidak memerlukan listrik, tidak merusak parts asli mesin. Tidak menggunakan zat mudah terbakar, sehingga sangat aman dan nyaman digunakan. Sebelum memasang alat ini, pastikan kondisi mesin baik dan karburator tidak bermasalah.

Starno72,
021-32929696

Body Repair Starlet

Toyota Starlet 3E 1.5L Automatic '88
Starlet berkelir hitam mengkilat dengan kapasitas mesin 1.500cc transmisi otomatis, dan sudah dilengkapi rem cakram pada roda belakangnya. Pemiliknya ingin tampilan segar dan muda kembali, memperbaiki beberapa bagian bodi yang terkena karat.


Terlihat beberapa bagian memang mengalami korosi karat dan penyok.


Bagian spatbor adalah bagian yang paling rawan terkena korosi dan mudah berkarat, dibikinkan plat baru sebagai ganti plat lama yang sudah korosi agar hasil benar tuntas.


Bagian dalam dibalik pintu bagian bawah pun tidak luput dari korosi karat yang sering terjadi akibat air hujan masuk dan terjebak pada bagian dalam pintu itu.


Bodi mobil sudah dilakukan pengantian plat dan pengelasan.


Kini bagian yang penyok dan karat sudah mulus kembali, dan diberikan lapisan epoxy sebagai pengikat lapisan cat dengan bodi mobil, setelah itu mobil siap di cat. Pengerjaan pengecatan ini dapat memakan waktu 2-3 minggu tergantung kondisi bodi mobil.

Starno72
021-32929696

Starlet Engine Overhaul - Part II

Toyota Starlet 1.3SE Limited 1992
Melanjutkan dari artikel sebelumnya, ulasan ini akan coba menjelaskan perakitan mesin kembali setelah dilakukan korter/OS 100.

Seperti yang sudah pernah dijelaskan sebelumnya, OS100 (oversize 100) adalah memperbesar lubang diameter slinder dan piston sebanyak 1 milimiter dari ukuran standard. Misalnya ukuran diameter piston mesin starlet2e ini adalah 72mm, setelah dilakukan oversize akan berukuran 73mm. Artinya bahwa oversize 100 ini juga akan secara langsung menambah kapasitas mesin lebih dari 1.300cc, Toyota Original Parts hanya men-support mesin 1E/2E dengan ukuran STD dan OS50.


Kondisi slinder setelah dilakukan korter OS100. Seluruh Water Plug/Dop Air juga diganti baru untuk memastikan tidak adanya korosi lanjutan yang sebabkan mesin bisa mengalami overheat.


Komponen masih tetap menggunakan parts toyota, begitupun juga piston dan ring piston asli produk jepang, agar kualitas tetap terjaga. Pengukuran besar diameter piston tetap dilakukan untuk memastikan hasil lebih maksimal, dan piston ini setelah di lakukan pengukuran sangat baik karena ukuran ke empat buah piston benar-benar presisi dan sama persis.


Bagian depan blok mesin yang juga jadi bagian rumah pompa oli ikut juga mengalami korter, ini dilakukan agar kinerja pompa oli kembali maksimal. Terlihat bagian yang di korter berwarna putih mengkilat.


Piston, Ring, dan Metal Set sudah dirakit kembali. Juga water plug sudah terpasang diganti baru, terlihat dari warna parts yang bersih putih mengkilat.



Perakitan kembali Kepala Slinder ( Cylinder Head ), menggunakan kunci torsi memastikan seluruh baut dan mur terpasang dengan sempurna. Penggantian kopling set untuk memastikan kinerja penerus daya juga wajib dilakukan.


Kondisi mesin setelah dirakit dan diperiksa ulang untuk memastikan bagian-bagian penting terpasang dengan baik dan benar.


Starno72,
021-32929696