Bunyi Khas Mesin Starlet

Mesin kletek-kletek-kletek saat start mesin pagi hari
Suara kasar saat menghidupkan mesin pagi hari memang sangat sering di jumpai toyota starlet mesin 2E dan 1E. Bagi yang baru mendapatkan mobil ini biasanya merasa agak heran karena bunyi-bunyi ini sangat mengganggu tapi ber angsur-angsur hilang dengan sendirinya saat mesin mencapai suhu kerjanya. Bahkan beberapa montir pun juga tidak mengetahui karakteristik mesin ini, dan terkadang mem vonis mesin bermasalah, metal kena dan perlu turun mesin.

Bukan Tanda Mesin Rusak
Mesin toyota starlet masih menganut sistem SOHC ( single over head camshaft ) artinya mesin hanya memiliki satu poros untuk menekan katup masuk dan buang. Desain kepala slinder yang sangat sederhana membuat perawatan dan perbaikan sangat murah dan mudah dilakukan. Pelatuk klep digerakan oleh tonjolan poros yang selanjutnya mendorong klep terbuka. Akan tetapi pelatuk ini di desain mengambang dalan arti kata hanya ditopang oleh sebuah mangkuk kecil dan kancing agar klep tidak lari kemana-mana saat bekerja. Desain pelatuk klep yang sederhana ini membutuhkan pelumasan lebih banyak untuk klep bisa bekerja dengan baik dan halus. Oli akan membasahi bagian mangkuk dan badan pelatuk sehingga tidak terjadi friksi dan suara yang keras.



Perhatikan foto diatas, pada saat mesin dingin bagian poros / noken as ini dalam kondisi kering tanpa dibasahi oleh oli begitupun pelatuk klep. Pada poros klep terdapat lubang-lubang kecil, dari lubang inilah oli melumasi bagian badan pelatuk dan poros klep itu sendiri. Saat start mesin dingin sirkulasi oli belum sempurna melumasi seluruh bagian mekanis pelatuk dan poros klep ini, maka terjadilah bunyi kletek-kletek-kletek.... namun biasanya akan hilang 2-3 menit seiring dengan sirkulasi oli yang sudah mulai lancar.

Cara yang paling mudah agar oli cepat naik adalah dengan cara menahan putaran mesin pada angka sekitar 1500rpm, cara ini akan mempercepat pompa oli untuk melumasi bagian mekanis klep. Buat starlet yang sudah menganut sistem autochoke / cuk otomatis, mekanis cuk otomatis biasanya akan mengkondisikan stasioner mesin bekerja pada putaran sekitar 1500rpm untuk mempercepat pelumasan bagian paling atas mesin itu.

Jadi tidak perlu khawatir, kondisi ini adalah hal yang biasa dan wajar. Sangat disarankan menggunakan pelumas dengan kualitas baik guna mencegah keausan dini poros dan pelatuk klep saat start mesin di pagi hari.

Salam Starno72,

021-32929696