Penghemat Bensin Sekaligus Penambah Tenaga, Bubble Water Injection Khusus Toyota Starlet, Bebas Perawatan Tidak Perlu Menambah Air.

Starlet Mesin Karburator vs Mesin Injeksi Turbo

Varian Asli Mesin Starlet Karburator vs Injeksi Turbo
Kelebihan dan Kekurangan
Toyota starlet adalah mobil yang memiliki varian mesin yang cukup lengkap mulai dari karburator, injeksi hingga injeksi turbo. Varian mesin starlet ini dipasarkan ke beberapa negara dengan varian yang berbeda-beda, misalkan untuk varian mesin starlet yang masuk ke indonesia hanya digunakan varian mesin yang memiliki kode mesin 2E(1.3L) dan 1E (1.0 L). masing-masing tipe mesin ini dibekali dengan 12 valve karburator Platina/CDI yang menelurkan tenaga masing-masin 72hp dan 55hp.

Varian Mesin 2E/1E

Tipe mesin ini sudah sangat terkenal akan kebandelannya, mesin tidak pernah rewel dan spare parts masih banyak tersedia disetiap toko onderdil dengan harga yang murah. Walau mesin ini belum bisa dibilang irit dan juga tidak bisa dibilang boros, kemampuan akselerasi mesin ini cukup bisa diandalkan untuk pemakaian harian dipadatnya lalu lintas perkotaan. Mesin ini menjadi mesin andalan toyota starlet di tanah air, karena beberapa keunggulannya dan kelebihannya lebih baik dari varian mesin starlet yang lainnya. Varian mesin ini juga digunakan oleh beberapa varian toyota corolla yang sering disebut orang sebagai corolla 1.3L atau corolla 2E atau corolla 'banci'. Satu-satunya kelemahan mesin ini adalah seringnya mengalami kebocoran seal mesin baik itu seal mesin bagian depan, belakang dan juga seal klep. Tapi bagaimanapun juga keunggulan dan kelebihan mesin ini masih lebih banyak ketimbang kekurangannya. Dan hal yang perlu diperhatikan pada tipe mesin ini adalah pemakaian kualitas oli yang bagus untuk mencegah keausan mesin karena karakter mesin starlet termasuk mesin 'panas' dan penggantian timing belt secara berkala agar terhindar dari kerusakan mesin yang permanen.

Varian Mesin 2E-TE

Varian mesin 2E-TE merupakan varian mesin turbo yang pertamakali diperkenalkan pada starlet kotak. Pada dasarnya mesin ini adalah mesin 2E 12valve yang ditambahkan perangkat injeksi dengan turbo intercooler dan menghasilkan tenaga 100hp.

Varian Mesin 4E-FTE

Varian turbo starlet kapsul adalah varian mesin turbo produksi terakhir toyota starlet kapsul hingga starlet glanza (tidak masuk indonesia). Mesin ini sudah dibekali dengan teknologi yang sudah lebih maju dengan penggunaan 16valve, injeksi turbo yang sanggup menelurkan tenaga hingga 136hp. Mesin yang memilik kode 4E ini cukup mudah didapatkan saat ini, dengan rentang harga mulai 7 - 12 juta rupiah tergantung kondisi dan kelengkapannya.

Kelebihan dan Kekurangan Karburator vs Turbo Injeksi
Secara umum akan coba dipaparkan kelebihan dan kekurangan dari jenis mesin yang digunakan oleh toyota starlet sebagai berikut,

KELEBIHAN

Mesin Karburator :

- Mudah dan murah dalam hal perawatan.
- Mesin tidak sensitif dan tidak suka rewel
- Mudah memodifikasi mesin

Mesin Injeksi Turbo :
- Konsumsi BBM lebih irit pada pemakaian normal
- Tenaga sangat berlimpah
- Akselerasi sangat kuat

KEKURANGAN

Mesin Karburator :

- Konsumsi Bensin Cenderung Boros pada kondisi stop n go
- Polusi Gas Buang Masih Tinggi
- Torsi mesin kurang kuat

Mesin Injeksi Turbo :
- Biaya perawatan mesin sangat mahal
- Mesin Sensitif dan Rewel karena umur komponen elektroniknya.
- Tidak mudah untuk memodifikasi mesin ini.

Demikianlah pemaparan mengenai kelebihan dan kekurangan mesin karburator vs injeksi turbo berdasarkan pengalaman dan penanganan mesin starlet di bengkel starno, semoga informasi ini bisa dijadikan berbagi informasi mengenai mesin starlet khususnya buat para maniak starlet.

Salam Starno72,
021-32929696