Dijual Toyota Starlet

Onderdil Starlet

ALAMAT BENGKEL STARNO72 :
Bintaro Trade Center Lantai 1 Blok E4/21 Jl. Raya Bintaro Jaya Sektor 7. Telp. 021-32929696
Masuk Tol JORR keluar Pintu Tol Bintaro Jaya. (Patokan Ace Hardware Bintaro)
Pin BBM 7D21529D HP.08179110080 (WhatsApp, WeChat, Line, dan Kakao Talk)
BUKA SENIN-SABTU JAM 11-17
HARI MINGGU BENGKEL TUTUP

Ready Stock Bubble Water Injection Rp.350rb. Gratis Ongkir/Pasang

Tips - Mengatasi Masalah Fan Switch Radiator Starlet

Penyakit Bawaan Aneh Toyota Starlet
Kipas Radiator Menyala Terus

Toyota Starlet menggunakan kipas elektrik untuk mendinginkan mesin lewat radiator. Kipas elektrik sudah diciptakan bekerja efisien yaitu bekerja pada saat dibutuhkan saja.

Cara Kerja Fan Switch Radiator
Pada saat menyalakan mesin dipagi hari, temperatur mesin berada dalam kondisi dingin normal, sehingga saat mesin dinyalakan kipas radiator tidak akan menyala. Seiring dengan bertambahnya temperatur kerja mesin, radiator akan membutuhkan hembusan angin membuang panas mesin. Saat temperatur mesin mencapai 90 derajat celcius, fan switch secara otomatis akan bekerja memutus arus, kemudian relay fan radiator akan menyalurkan listrik untuk memutar kipas radiator. Kipas radiator menyala dan proses pendinginan dimulai temperatur akan turun bersamaan waktu itu fan switch akan tersambung dan segera memutuskan relay kipas radiator dan kipas radiator akan kembali berhenti, dan siklus itu selalu berulang-ulang selama mesin bekerja.

Ganti Baru Fan Switch
Fan Switch termasuk komponen vital mesin dan bekerja secara mekanis dengan prinsip bimetal, umur fan switch juga akan menentukan kinerjanya, karena merupakan komponen vital mesin sebaiknya fan switch diganti dengan yang baru walau fan switch lama masih dapat digunakan toh ganti fan switch tidak harus menunggu rusak sama sekali bukan?


Karakter switch toyota starlet berbeda dengan mobil eropa. Fan switch toyota starlet tersambung saat kondisi dingin, dan memutus pada kondisi temperatur 90 derajat celcius. Karakter seperti ini justeru sebagai pengaman bila terjadi kerusakan switch atau kerusakan kabel, kipas radiator akan menyala terus secara permanen saat mesin hidup sehingga terhindar dari masalah overheat mesin.


Penyakit Aneh Fan Switch Radiator

Katakanlah fan switch sudah diganti dengan yang baru, tapi kok ternyata kipas radiator tetap menyala permanen, mau dingin atau panas tetap menyala terus, dan akibatkan boros listrik dan motor cepat rusak.
Dimanakah masalahnya?
Fan Switch hanya merupakan sensor kontak panas, sebetulnya yang menyalurkan listrik langsung ke kipas radiator adalah sebuar relay. Masalah yang biasa terjadi adalah pada kabel antara fan switch dengan relay kipas radiator tidak tersambung dengan baik. Entah kenapa kabel ini selalu bermasalah mulai dari starlet kotak hingga starlet kapsul keluaran terakhir sekalipun. Solusinya adalah men-jumper langsung dengan kabel baru sepanjang kurang lebih 1 meter.




Foto-foto diatas menjelaskan posisi soket fan switch dan posisi relay kipas radiator. Ambil sebuah kabel dengan panjang 1 meter, kemudian hubungkan ke soket fan witch dan ujung kabel satunya dihubungkan ke relay kipas radiator, di kaki kiri bawah sperti terlihat gambar.

Setelah dilakukan penyambungan dengan benar, barulah kipas radiator bekerja dengan normal. Solusi ini khusus dipersembahkan buat starleters, jangan sampai masalah fan switch dibongkar oleh montir yang kurang mengerti hingga merembet ke masalah lain.

Semoga tips ini bisa bermanfaaat buat rekan-rekan starleters.


Salam Starleters,
Starno72
021-32929696