Parts Slow Moving Starlet

Komponen Vital Jarang Rusak
Usia mobil yang rata-rata diatas sepuluh tahun, membuat komponen slow moving juga ikut harus diganti karena kondisinya sudah rusak. Disebut Slow Moving karena usia pakai komponen ini rata-rata 3-5 tahun atau lebih tergantung beban kerja mobil.
Harga komponen slow moving ini juga cenderung mahal karena memang jarang rusak, tapi jangan khawatir, harga onderdi toyota starlet yang paling mahal sekalipun tidak akan lebih mahal dari merek mobil jepang ataupun eropa lainnya, cukup bersahabat dikantong :)

Berikut beberapa komponen slow moving :

Karet Bushing Arm
Komponen ini merupakan komponen kaki-kaki starlet bagian depan, yang usia pakai nya 5 tahun bahkan lebih. Komponen original ini tidak tersedia, hal ini disebabkan toyota menjual parts ini satu set dengan arm, bila di total harga arm dan bushing karetnya konon bisa mencapai 1,2 juta perbuah.
Sebagai gantinya karet bushing arm dengan merek RBI buatan thailand ini bisa digunakan sebagai alternatif terbaik. Kualitas karet dan bahan boleh dibilang sangat baik, bahkan lebih rapih dari parts orisinalnya, tentunya dengan harga yang jauh lebih murah.
Ciri khas komponen ini sudah rusak, biasanya akan sering menimbulkan bunyi mendecit mirip engsel pintu kurang minyak, kalau sudah begini ganti saja.



PCV Valve (Positive Crankcase Ventilation)
Sesuai dangan namanya, komponen ini bertugas sebagai katup penyearah saluran pernapasan mesin. Mengapa mesin membutuhkan PCV? jawaban sederhananya adalah karena pada saat mesin bekerja bagian dalam mesin mendapat tekanan dari piston dan sisa pembakaran, disamping juga menghasilkan panas. Nah tugas PCV adalah menghisap udara panas dan kotor itu untuk diputar kembali masuk ke-ruang bakar melalui saluran intake manipold, sehingga oli mesin tidak cepat kotor dan panas dapat terbuang dengan baik.
Kerusakan pada PCV biasa disebabkan oleh kotoran dari kerak oli yang menempel pada saluran PCV sehingga menyumbat aliran vakum ke arah intake manipol, akibat udara kotor dari bagian dalam mesin tidak bisa dialirkan keruang bakar, oli mesin sering naik kerumah filter udara akibatkan filter udara basah dan cepat kotor, dan kerusakan PCV ini juga dapat meng-akibatkan stasioner mesin tidak stabil dan tidak rata.
Solusinya ganti PCV beserta karetnya, letak PCV sangat mudah terlihat karena terletak di atas penutup cylinder head.



Fan Switch Radiator

Komponen ini bisa dibilang sangat vital, karena alat ini bertugas mendeteksei temperatur mesin kapan harus memerintahkan kipas elektrik radiator menyala dan berhenti hingga efisiensi sistem pendingin mesin tercapai. Kerusakan komponen ini biasanya karena usia pakai, alat ini memiliki usia pakai 5 tahun atau lebih.
Ciri khas kerusakan komponen ini adalah tidak kosisten bertugas mengatur kipas elektrik, terkadang kipas menyala terus terkadang kipas malah mati terus, atau kadang-kadang nyala-mati-nyala-mati dalam waktu yang sangat singkat.
Solusi ganti dengan yang baru.



Semoga informasi ini bisa jadi masukan buat starleters, dalam merawat mobil starlet kesayangannya.

Salam Starleters,
Starno72
021-32929696