Penghemat Bensin Sekaligus Penambah Tenaga, Bubble Water Injection Khusus Toyota Starlet, Bebas Perawatan Tidak Perlu Menambah Air.

Junkyard Mesin 4E-FTE Non-ECU

Toyota 4E-FTE Non ECU dengan Gear Box Matik
Berburu Mesin Turbo Injeksi Matic Toyota Starlet
Bagi kalangan maniak starlet siapa yang tidak kenal dengan jenis mesin yang satu ini. Yap betul mesin injeksi turbo intercooler EFI 16 Valve 1300cc Toyota Starlet versi JDM adalah dewanya mesin starlet, karena mesin ini memang benar-benar sangat powerfull untuk ukuran kelas 1300cc.
Berburu mesin junkyard turbo starlet ini memang tidak mudah, saat ini sudah agak langka dipasaran, kalaupun ada bandroll yang ditawarkan sangat tinggi sekali.


Unit mesin turbo injeksi matik ini memang tidak sebaik halfcut tapi kelengkapannya sudah cukup untuk membangun sebuah starlet GT. Unit mesin sudah dilengkapi dengan gearbox matik 4 speed dan Wiring Non-ECU (Tanpa ECU). Kondisi mesin junkyard ini didatangkan secara utuh tidak pernah dibongkar jeroannya (masih perawan), sehingga menjamin mesin ini bisa digunakan dengan hasil yang baik, terlihat dari deep stick oli mesin dan gearbox matic nya akan segera terbaca kondisi mesin ini.


Kode mesin khas starlet turbo 4E terlihat jelas pada blok mesin baja tuang yang sangat kuat, sudah menyiratkan mesin ini memiliki performa tinggi.

ECU STARLET
Parts ini boleh dibilang sebagai otak mesin, yang menentukan sistem pasokan bahan bakar injeksi pada setiap putaran mesin.

Buat yang ingin berburu ECU Starlet 4E-FTE diagram dibawah ini mungkin bisa membantu :




Mesin junkyard ini ditujukan hanya buat peminat Starlet GT hobbier yang benar-benar mengerti mesin turbo.

Buat peminat mesin turbo injeksi matik starlet ini baik dalam kota maupun luar kota bisa kontak langsung dengan Starno.

Salam Starleters,
Starno72
021-32929696

Aliran Sleeper Style Pake Rem Cakram Belakang

Toyota Starlet 1.3 SEG '93
Makin Pede Dengan Rem Cakram Belakang
Tampilan toyota starlet '93 bro Peter ini sekilas biasa- biasa saja, tampilan depan masih orisinal khas starlet dengan grill dan lampu standard, begitupun buritan hanya mengganti lampu set GT saja. Tapi jangan anggap performa mobil ini biasa, sebab pada mesin standardnya sudah dilakukan modifikasi tuning semi sport porting polish dan juga menggunakan header 421, alhasil akselerasi dan top speed mobil ini semakin baik angka 170km/h pada speedometer mudah dicapai.



Berbekal limbah impor dari ex-singapore versi JDM, starno mencoba meng-aplikasikan rem cakram belakang pada starlet ini.





Pemilik mobil ini masih kurang puas dengan rem standard bawaan starlet lokal yang masih pake tromol diburitan, sehingga memutuskan untuk menggunakan rem cakram milik starlet GT versi JDM.

Pemasangan rem cakram ini memang sama sekali tidak memerlukan modifikasi, walau begitu memang ada sedikit kendala saat pemasangan namun tetap dapat diatasi. Saat pemasangan tali rem tangan sebelah kirim memang sempat macet, solusinya mengganti unit kabel rem tangan dengan kondisi yang lebih baik.

Kondisi rem cakram yang masih baik ditambah bubut/slip disc akan membuat performa rem lebih pakem dan bebas getar saat digunakan pada kecepatan tinggi.

Tampilan biasa tapi performa mesin dan rem cakram ke-empat roda terhitung dahsyat untuk ukuran starlet standard khas gaya sleeper style starleters, tampilan biasa tapi kemampuan luar biasa.

Buat pecinta starlet lain bisa mencontoh gaya starlet ini.

Salam Starleters,
Starno72
021-32929696

Overhaul AC Toyota Starlet Kotak - R12

Membuat AC Toyota Starlet Kotak Dingin Seperti Mobil Baru

Siapa Bilang AC Starlet Kotak Gak Bisa Dingin?
AC mobil adalah bagian yang terlalu penting untuk tidak diabaikan. Mobil secanggih apapun bila memiliki AC bermasalah pastinya membuat pemilik mobil merasa resah dan gerah apalagi tingkat kepadatan lalu lintas kota jakarta yang semakin padat merayap dan cuaca kota jakarta pada siang hari yang bisa disebut 'biadab' ditambah lagi dengan bumbu tingkah laku pengendara sepeda motor yang acapkali seenaknya asal nyelinap disela kemacetan membuat pengemudi hilang sabar dan naik darah. Tapi dengan kondisi AC yang prima dan baik semua rasa itu bisa dikurangi dan dihilangkan, mengemudi jadi lebih menyenangkan,konsentrasi mengemudi dan kesabaran akan lebih baik dan otomatis akan menghindari kecelakaan.



Kenali Komponen AC Toyota Starlet
Tak kenal maka tak sayang, begitupun juga AC starlet kita. Bila kita tidak mengenal konmponen AC sudah pasti kita tidak akan pernah tau memperlakukan AC starlet kita dengan benar. Marilah satu persatu kita mengenal bagian per bagian komponen toyota starlet kita dibawah ini :

FREON AC

Dilihat dari awal penggunaan Freon R134a dan karateristik yang membedakan Freon R134a dengan R12, sbb:

Pada tahun 1985-1988 dipublikasikan tentang ditemukannya fenomena perusakan lapisan ozon yang salah satunya disebabkan oleh penggunaan freon (refrigerant) R12 pada sistem AC Mobil. Dari sini berkembang untuk mengatur penggunaan dan jadwal produksinya sehingga semaksimal mungkin tidak lagi menggunakan freon R12 pada mobil-mobil yang diproduksi sejak 1989, maka dibuatlah freon pengganti R12 tadi, yaitu R134a dengan tetap memiliki sifat yang sama dengan R12 yaitu antara lain:

- Merupakan senyawa kimia utama yang stabil untuk membawa panas dan tidak mudah terbakar.
- Memiliki karakteristik tidak berbau, tidak berwarna dan tidak bersifat korosif juga tidak beracun.
Pada freon R134a dibuat agar seminimal mungkin tidak menipiskan lapisan ozon. Untuk karakter ukuran Molekul nya :

FREON R12
R12 : Karakter Molekul R12 (CCI2F2), diameter = 4,4Å
FREON R134a

FREON R134a
R134a : Karakter Molekul R134a (HC2HCF3), diameter = 4,2Å

jadi akan terlihat perbedaan karakter molekul R134a yang lebih kecil dibanding R12.

Sehingga spareparts yang digunakan juga akan mengalami penyesuaian bentuk, ukuran dan ciri-ciri yang dimiliki Freon R134a.

Sparepart yang mengalami penyesuaian seperti :

1. MAGNET CLUTCH
Tekanan pada suhu tinggi R134a lebih tinggi dari R12, sehingga kompresor butuh tenaga lebih besar untuk mengkompresi freon. Sehingga butuh model Magnetic Clutch yang berdaya kerja lebih baik dan kuat, selain itu rotor dan bearing pun dibuat spek yang lebih baik dari sistem sebelumnya.
Kalau magnet clutch tidak disesuaikan akan mengkaibatkan sistem tidak akan bekerja dengan maksimal.

2. RECEIVER DRYER / FILTER AC / FLTER DRYER

Sampai sekarang isi receiver dryer menggunakan Silica-Gel untuk menghilangkan uap air, sehingga untuk R134a dibutuhkan Silica-Gel yang lebih banyak. Untuk memisahkan air pada R134a digunakan Zeolite untuk menggantikan Silica-Gel.

3. HOSE / SELANG ( SELANG TEKANAN RENDAH - SELANG TEKANAN TINGGI )
Sampai saat ini selang tekanan tinggi dan rendah menggunakan NBR ( Nitrile Butadiene Rubber ). Jika tetap digunakan selang R12 untuk sistem R134a akan menyebabkan kebocoran freon pada selang High Press atau Low Press. Dengan demikian selang pada high press dan low press dianjurkan juga untuk diganti.

4. OLI KOMPRESOR
Oli kompresor R12 tidak dapat larut dengan freon R134a sehingga tidak dapat bersirkulasi dengan baik. Ini akan menyebabkan kerja kompresor tidak maksimal dan akan mengakibatkan umur kompresor menjadi pendek/cepat rusak.
Oli kompresor R12 adalah ND-OIL6 (mineral oil) atau ND-OIL7
Oli kompresor R134a adalah ND-OIL8 (synthetic oil) atau ND-OIL9
Pada umumnya di setiap kompresor tertera stiker yang menunjukkan jenis oli kompresor yang seharusnya dipakai.

5. EXPANSION VALVE / EVAPORATOR PRESSURE REGULATOR (EPR)

Akibat tekanan yang lebih tinggi maka bukaan klep pada expansion valve dan EPR juga disesuaikan sehingga kapasitas pendinginan yang dihasilkkan akan sama seperti dingin yang dihasilkan saat menggunakan R12.

6. SEAL ORING / SEAL PENYEKAT SEAL AC MOBIL

Pada sistem AC R12, digunakan NBR ( Nitrile Butadiene Rubber ) sebagai bahan dasar penyekat/seal termasuk O-Ring, Lip-Seal pada kompresor dan selang-selangnya.
Sialnya, NBR ini larut dengan freon R134a karena akan mengembang dan membusa.
Sistem R134a menggunakan RBR (Rubber in Behalf of R134a), jadi bisa dibilang karet sealer khusus R134a.
Secara fisik O-Ring untuk R134a lebih tebal (gemuk) ketimbang R12.

7. SISTEM SAMBUNGAN PIPA / NEPEL / FITTING / SOKET SISTEM SAMB PIPA
Sistem penyekatan pada sambungan selang/pipa pun berbeda antara sistem R12 dengan R134a.
Hingga perubahan pada katup/socket pengisian freon pun berubah.

8. PRESSURE SWICTH ( HIGH PRESS SWITCH - LOW PRESS SWITCH )

Dari hal-hal di atas sudah terlihat bahwa tekanan dalam sistem R134a lebih besar dari R12, tentunya Pressure Switch yang dipakai untuk ON/OFF kompresor perlu berubah juga.

9. KONDENSOR
Pada sistem R134a, tekanan pada sisi tekanan tinggi lebih besar ketimbang R12, sehingga terlihat perubahan bentuk pada fin/ sirip-sirip yang dibuat lebih rapat dengan tube yang lebih tipis/ramping agar dapat melepas radiasi panas lebih baik.

AC mobil boleh dibilang seumur dengan mobil itu sendiri, jadi usia mobil semakin tua tentu saja piranti alat sistem pendingin udara perlu di rekondisi lagi, seperti contohnya toyota starlet kotak ini.

Awalnya AC selalu kekurangan freon, mudah saja tinggal ditambah di tukang AC. Tapi perlu diketahui sistem AC bukan hanya freon, masih banyak parts lain yang mempengarui kerja pendingin udara, seperti misalnya kompresor AC, Dryer, Ekspansi dan Fan AC. Parts ini saling mendukung saat sistem AC bekerja. Kelemahan salah satu parts ini akan mempengaruhi kerja AC yang dalam jangka panjang akan merusak komponen utama AC yaitu kompresor AC. Contoh lain adalah lemahnya Fan AC, kondisi ini akan menyebabkan pelepasan panas kondensor AC tidak sempurna, menyebabkan beban kerja kompresor semakin tinggi, bila dibiarkan kompresor akan jebol, contoh lainnya adalah dryer alat ini berfungsi sebagai penyaring kotoran sirkulai freon AC, bila alat ini tidak diganti pada waktunya akan menyebabkan sirkulasi freon terhambat dan lebih buruk lagi mampet kondisi ini tanpa ampun akan membuat kompresor AC jebol.




Pada foto diatas overhaul AC starlet kotak tahun 1988, keluhan pemiliknya adalah freon selau berkurang tidak lama setelah pengisian dan kondisi kompresor AC yang jebol.

Solusi merekondisi AC starlet kotak adalah mengganti seluruh parts yang ada kecuali evaporator yang kondisinya masih bagus karena baru diganti. Parts yang diganti adalah kompresor AC, Ekpansi, Dryer, O-ring, dan Fan AC dengan lama pengerjaan satu hari.

Memilih Kompresor AC

Tersedia dua pilihan buat pemilik toyota starlet untuk mengganti kompresor, kompresor AC eks singapore dan kompresor AC Original ND baru.

Kompresor AC Eks Singapore
Kompresor ini adalah kondisa pakai bekas, artinya kompresor ini adalah kompresor bekas yang masih layak pakai, namun terlebih dahulu melalui proses rekondisi agar saat digunakan tidak ditemukan masalah. Harga yang ditawarkan juga tergolong murah dan sangat terjangkau.

Kompresor AC Original Nippon Denso R134 (Only)
Tentu saja kompresor baru akan lebih baik dibanding bekas, terutama dalam jangka waktu pemakaian lebih lama. Kompresor baru ini sangat direkomendasikan buat starlet kapsul untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan jangka waktu pemakaian yang lebih lama.

Sebaiknya pilih mana?
Jawaban tergantung kepada pemilik starlet, soal kualitas dan hasil kedua pilihan kompresor itu sama baiknya dan sama hasilnya. Hanya saja terdapat perbedaan dari sisi jangka waktu pemakaian. Kompresor AC mirip sekali dengan membeli ban bekas, bila membeli ban bekas tentu lebih murah dengan umur yang juga biasa saja, beda dengan kompresor baru, lebih terasa murah untuk jangka panjang.



Biaya ongkos pengerjaan servis/overhaul starkap/starkot berkisar 250rb-3,5jt tergantung jenis pengerjaan dan kondisi AC mobil toyota starlet. Dan bagi yang ingin berkonsultasi mengenai AC mobil toyota starlet, silahkan hubungi starno.

Salam Starleters,
Starno72
021-32929696

Overhaul AC Toyota Starlet Kapsul - R134a

Service Besar Bongkar AC Toyota Starlet

AC mobil merupakan bagian yang sangat penting dalam berkendara, karena dengan AC pengemudi mendapatkan kenyamanan dan keamanan sehingga meningkatkan kosentrasi dan kesabaran dalam mengemudikan kendaraan, terutama dalam menyambut bulan puasa dan lebaran tahun 2008. Setiap kenyamanan pastilah membutuhkan perawatan dan biaya, namun asalkan mengerti cara perawatan yang benar biasanya biaya yang akan dikeluarkan juga akan lebih murah.

Kurang Dingin dan Berbau Tidak Sedap
Sesuai dengan usia mobil yang sudah melewati 10 tahun lebih, tentunya bagian AC mewajibkan untuk servis secara berkala. AC mobil yang tidak dirawat berkala biasanya akan menimbulkan masalah terutama masalah kotoran/debu yang melekat pada bagian evaporator (alat yang menghantarkan udara dingin ke dalam kabin). Bila evaporator dalam kondisi kotor hingga kotoran menumpuk tebal maka hembusan blower AC akan terhambat dan secara langsung akan mengurangi efektivitas pendinginan dalam kabin mobil. Kotoran bukan hanya menghalagi hembusan blower tapi juga sebagai sumber bau yang tidak sebab yang menyebar dalam kabin, bau tidak sedap ini sangat kuat dan terkadang pewangi mobil pun tidak sanggup mengusir bau tidak sedap ini.

Overhaul Air Conditioner
Sistem pendingin udara yang kotor dan bermasalah harus segera diatasi, bila tidak lambat laun sistem pendingin udara akan mengalami penurunan kinerja dan secara langsung juga akan mempengaruhi parts AC yang lain terutama kompresor AC mobil. Untuk mencegah jebolnya kompresor AC mobil, maka diperlukan overhaul AC yang bertujuan untuk membersihkan sistem saluran pendingin kabin starlet.

Pengerjaan overhaul ini terdiri :
- Bongkar Evaporator AC dan Pencucian
- Bongkar Blower AC dan Pencucian
- Pembersihan pipa saluran dalam.
- Ganti baru Evaporator ( Corolla Version )
- Ganti baru Dryer
- Ganti baru Expansion Valve
- Penggantian Ring O
- Vakum Pipa
- Refilling Oil + Special Additive
- Refilling Freon R134 by Forane



Seperti yang terlihat dalam gambar, kondisi evaporator sudah sangat kotor sehingga menutup sirip-sirip pendingin. Tidak hanya itu, evaporator sudah mengalami korosi pada bagian pipe-gap sehingga evaporator tidak kuat lagi menahan tekanan kompresor sehingga mengalami kebocoran yang lumayan parah, kalau sudah begini evaporator harus diganti.

Setelah dilakukan pencucian, terlihat blower berwarna putih bersih juga penggantian evaporator akan menjamin efektivitas pendinginan kedalam kabin. Setelah semua parts dirakit kembali dengan bersih dan rapih, dilakukan tune-up hingga sistem kerja AC starlet berada dalam kondisi maksimal

Terlihat pada foto diatas, hembusan udara AC mencapa 7.2 derajat celcius dan sanggup membuat temperatur kabin pada titik 21 derajat celcius. Hembusan AC terasa sangat dingin dan menyengat dan udara yang dihembuskan kini sudah tidak lagi berbau.

Demikian pencerahan singkat mengenai sistem pendingin udara toyota starlet. Bagi pencinta starlet yang ingin berkonsultasi atau ingin melakukan servis AC bisa hubungi Starno, pengerjaan overhaul langsung oleh starno.


Salam Starleters,
Starno72
021-32929696

Aplikasi Rear Discbrake & Strut Bar

Toyota Starlet 1.3 SEG 1994

Modifikasi tampilan starlet memang tidak akan pernah ada matinya, selalu saja ada celah yang bisa dimodifikasi. Kebanyakan modifikasi starlet berkiblat dari JDM, dan salah satu piranti yang sudah menjadi perlengkapan starlet JDM adalah rear discbrake.

Bukan Sekedar Tampilan
Walaupun rem tromol belakan starlet lokal sudah mencukupi sebagai penghenti laju starlet standard, akan tetapi buat pecinta modifikasi ataupun tuning semi sport masih dirasakan kurang, disebabkan kecepatan dan akselerasi juga bertambah. Aplikasi rear discbrake bukan sebagai penambah keren penampilan tapi juga memang sebagai pelengkap kenyamanan dan keamanan yang lebih baik. Buat penggila starlet bisa mengganti rem tromol belakang dengan rem cakram copotan starlet GT.



Selain unit rem cakram belakang, juga diaplikasikan strut bar produk dari CUSCO.
Unit rem cakram belakang didatangkan dari singapore satu set dengan as roda belakang. Unit ini boleh dibilang unit lengkap sebab saat pemasangan sudah tinggal ditukar pasangkan dengan rem tromol standard, tidak ada masalah saat pemasangan semua berjalan sangat lancar.


Kondisi unit as dan cakram ex-singapore masih dalam kondisi yang sangat baik, mulai dari kondisi bearing, cakram, kaliper, kabel rem tangan bahkan kampas rem tangan semuanya masih dalam kondisi yang sangat layak pakai, karenanya tidak heran unit ini memang sangat istimewa. Mengenai ketersediaan spare parts seperti misalnya kampas rem tidak perlu khawatir sebab parts masih bisa didapatkan di jakarta dengan mudah.


Aplikasi rem cakram belakang starlet memang akan mendongkrak tampilan, lebih keren dan sporty, dan orang tidak akan pernah menyangka starlet ini belum memiliki mesin turbo, namun pemiliknya mengatakan dalam waktu tidak lama lagi akan mengganti mesinnya dengan halfcut turbo, kalau sudah begini siapa yang sanggup menandingi.

Salam Starleters,
Starno72
021-32929696

Fungsi Strutbar Toyota Starlet

Cusco Strutbar Toyota Starlet

Untuk Kestabilan
Fungsi utama strutbar menambah kestabilan dan kemampuan pengendalian terutama kemampuan manuver jalan menikung dalam kecepatan tinggi. Saat mobil memasuki tikungan dalam kecepatan tinggi akan terjadi perubahan distribusi bobot yang akan menyebabkan defleksi terhadap bodi mobil terutama pada roda depan. Akibatnya akan terjadi perubahan sudut dari beberapa paramater caster, camber dan toe. Strut bar akan mengurangi defleksi ini, sehingga pengendalian mobil akan tetap mantap dan stabil saat memasuki tikungan dengan kecepatan tinggi, mobil mudah dikendalikan dan gejala limbung bisa dikurangi.









Ada banyak strutbar yang ditawarkan mulai dari produk lokal hingga produk luar, salah satu produk strutbar yang cukup terkenal adalah CUSCO strutbar. Cusco strutbar dibuat dari bahan alumuniun padat yang sangat kuat, dengan bobot yang sangat ringan namun kuat, CUSCO strutbar sudah menjadi standard aplikasi parts kompetisi yang sudah sangat dikenal.


Salat Starleters
Starno72
021-32929696

Rear Discbrake Starlet GT

Rem Cakram Belakang Untuk Starlet Kapsul

Buat modifikator sejati Starlet GT, rasanya sangat tidak afdol bila belum mengganti rem standard tromol belakang starlet menjadi rem cakram. Rem cakram memang dibutuhkan buat mesin yang memiliki performa akselerasi dan top speed yang lebih tinggi, tidak heran untuk versi starlet GT JDM piranti ini sudah menjadi perlengkapan standard. Kemampuan akselerasi dahsyat dan top speed sangat tinggi modifikasi starlet swap turbo mewajibkan kemampuan piranti rem harus di tingkatkan lagi. Kemampuan rem cakram sudah dikenal jauh lebih baik dibanding rem tromol standard, ini bisa diperhatikan mobil keluaran sekarang sudah adopsi rem cakram depan dan belakang hal ini karena tuntutan mesin modern yang jauh lebih kencang dan bertenaga besar.




Unit rem cakram belakang starlet imported dari singapore ini sudah sangat lengkap dengan as roda belakang dan kabel rem tangan, jadi sudah tinggal di pindah pasangkan buat starlet lokal tidak diperlukan modifikasi.

Buat pecinta modifikasi starleters yang berminat mendapatkan unit ini silahkan kontak starno.

Salam Starleters,
Starno72
021-32929696

Mesin Turbo Starlet Kotak

Basis Mesin Turbo 2E-TELU

Bagi penggila toyota starlet kotak (1985 -1989), modifikasi mesin selalu menjadi idola bagi pemiliknya. Modifikasi mesin yang bertujuan meningkatkan performa selalu menjadi incaran para maniak starleters yang berjiwa muda. Salah satu cara instan meningkatkan performa mesin adalah dengan swap engine berbasis turbo.

Uniknya walau mesin ini sudah dilengkapi dengan turbo, namun sistem pasokan bahan bakar tetap menggunakan karburator namun sistem pengapian sudah menggunakan CDI. Keuntungan dari model ini adalah kemudahan dalam pemasangan sebab sama sekali tidak diperlukan ECU ataupun Wiring yang harus disertakan seperti biasa yang dilakukan oleh swaper 4E-FTE. Keuntungan lainnya adalah dengan menggunakan sistem karburator, modifikator dapat dengan leluasa mencari settingan maksimal karburator dan memang ini sesungguhnya yang dicari oleh penggila modifikator kelas old-school.

Unit yang ditawarkan sudah termasuk dengan gearbox 5 speed, sudah tidak perlu repot lagi mencari atau melakukan setting engine mounting maupun gearbox asli bawaan toyota starlet kotak.





Khusus bagi peminat mesin ini dapat menghubungi Starno - 32929696 untuk mendapatkan informasi barang dan harga, dan hanya tersedia 1 unit.

Salam Starleters,
Starno72
021-32929696

Tune Up AC Toyota Starlet

Air Conditioning Tuning Up Hemat Tenaga Mesin 15%

Air Conditioner adalah perangkat paling vital pada sebuah mobil, dan 98% pengguna mobil pribadi dipastikan menggunakan piranti ini. AC pada mobil bukan sekedar penyejuk udara tapi juga berfungsi memberikan kenyamanan dan keamanan berkendara dan konsentrasi pengendara juga bisa lebih baik bila fungsi AC mobil juga dalam kondisi baik.

AC Toyota Starlet
Penyejuk udara pada toyota starlet sebetulnya sudah dibuat dengan konstruksi yang sangat baik terutama untuk starlet kapsul yang sudah menggunakan kondensor AC mobil dengan penampang yang lebih besar dan luas dibanding generasi starlet kotak. Desain ini akan membuat pelepasan panas lebih maksimal dan jelas kinerja penyejuk udara juga semakin baik. Diantara para pemilik starlet sering mengeluhkan kurang dingin-nya penyejuk udara, bahkan beberapa diantaranya mem-vonis AC toyota starlet memang kurang dingin. Jelas jawaban itu tidak memiliki alasan yang berdasar.

AC toyota starlet termasuk sangat baik dan sangat dingin apalagi kompresor yang digunakan masih menggunakan parts orisinal nippon denso yang dikenal lebih bagus. Kalau mau bilang jujur sebenarnya kemampuan penyejuk udara toyota starlet lebih dikarenakan faktor usia kompresor dan parts yang digunakan. Bila kompresor sudah di rekondisi dan parts lain seperti evapor, dryer, expansion valve sudah diganti baru.

Bukan Sekedar Tambah Freon
Tune up AC toyota starlet meliputi proses pengurasan freon, vakum pipa ac, penambahan oli freon dan penambahan aditif khusus freon AC. Proses ini akan mengeluarkan seluruh sisa freon yang ada dalam pipa AC dan Kompresor sekaligus membersihkan salurannya. Dengan demikian hasil kerja kompresos AC lebih maksimal saat freon diganti baru.
Dengan menggunakan Jenis Freon AC produk dari FORANE yang memiliki kualitas baik, sudah barang tentu hasilnya akan sangat jauh lebih baik dan lebih dingin dari freon oplosan yang sering digunakan oleh montir-montir AC kebanyakan.
Penambahan oli kompresor yang memiliki jenis ND-OIL8 adalah oli sintetik khusus kompresor AC buatan nippon denso. Sifat oli ini dapat larut dan bersenyawa dengan cairan freon AC, disampint itu penambahan oli aditif akan semakin membuat daya lumas kompresor AC semakin baik dan maksimal, itulah sebabnya hasilnya akan berbeda jauh dengan sekedar isi freon biasa.

Kerja Kompresor AC Semakin Ringan
Pengurasan dengan cara vakum akan membuat seluruh sisa freon lama akan keluar diganti dengan freon produk berkualitas tinggi membuat efektifitas kerja freon semakin baik ditambah dengan oli aditif khusus menambah daya lumas kompresor sekaligus melindungin gesekan yang terjadi, semuanya akan membuat kerja kompresor semakin ringan karena efektifitas cairan freon dan oli aditif akan mengurangi banyak gesekan mekanis yang terjadi dalam kompresor, hasilnya saat AC bekerja suara kompresor akan lebih halus dan ringan tenaga mesin akan lebih dihemat hingga 15%


1. Pengecekan tekanan, kemudian pengurasan freon lama sampai habis, setelah itu dilakukan vakum untuk mengosongkan dan membuat pipa AC hampa udara.


2. Panambahan Oli Khusus Kompresor AC type ND-OIL8


3. Penambahan Aditif Khusus kompresor AC, di mix dengan oli kompresor dengan takaran yang sudah ditentukan dan sudah menyatu sehingga oli akan berwarna seperti warna teh ini menandakan aditif sudah menyatu.


4. Oli yang sudah di mix dimasukan dalam selang pipa AC yang sudah kondisi hampa udara, sehingga oli akan tertarik masuk kedalam pipa dan kompresor AC.


5. Pengisian Freon AC dilakukan dengan menggunakan timbangan bertujuan agar takaran cairan freon yang masuk kedalam kompresor tepat.


6. Monitoring kinerja kompesor AC akan segera terbaca melalu alat analyzer, dari sini akan terlihat AC akan bekerja lebih baik dari sebelumnya.


Perhatian :
Tune up AC toyota starlet direkomendasikan buat sistem AC yang tidak mengalami masalah kompresor AC ataupun Kebocoran, sebab bila salah satu parts AC tidak bekerja normal maka tune up AC pun tidak akan bekerja maksimal.


Untuk konsultasi AC toyota Starlet dapat menghubungi 021-32929696 atau 021-70047200 kami akan sangat senang membantu masalah AC toyota starlet anda.


Salam Starleters,
Starno72
021-32929696

Tips - Membongkar & Bersihkan Speedometer Starlet Kapsul

Speedometer Kinclong Hati Plong

Bagi starleters yang benar-benar ingin menata interior starletnya rapih dan bersih, speedometer adalah titik sentral alat yang selalu dilihat dan diperhatikan saat mobil digunakan. Tampilan speedometer yang sudah lusuh kotor dan berdebu membuat kurang sedap dipandang dan mengurangi kejelasan dalam pembacaan, kalau sudah begini solusinya hanya satu saja, bongkar dan bersihkan speedometer biar tampak kembali kinclong dan hati juga plong.

Harap diperhatikan dalam pembongkaran dilakukan dengan hati-hati sekali karena bagian speedometer adalah bagian parts yang sangat halus dan presisi kesalahan dalam pembongkaran bisa mengakibatkan kerusakan alat atau fisik speedometer, oleh sebab itu starno tidak bertanggung jawab bila terjadi kerusakan akibat salah bongkar. Tips ini starno tujukan hanya untuk pemilik starlet yang memiliki skill dasar mencukupi untuk melakukan pembongkaran speedometer.

Langkah-langkah pembongkaran :
(klik gambar untuk memperbesar)

1. Buka dua buah mur bagian atas dengan obeng plus
2. Lepaskan tuas "Tilt Steering" gerakan stir kebawah, atau copot stir bila tidak ada.
3. Lepaskan soket electric mirror
4. Lepaskan soket speedometer "light dimmer"
5. Lepaskan pengait kabel speedometer
6. Lepaskan kabel speedometer dari gearbox
7. Lepaskan 3 buah muar pengikat speedometer
8. Lepaskan dengan hati-hati 3 buah soket speedometer dan kabel speedometer
9. Letakan speedometer ditempat yang cukup aman
10. Lepaskan dengan sangat hati-hati kuku pengait kaca mika speedometer
11. Lepaskan semua kaca mika dan sekat speedometer
12. Lepaskan masing-masing gauge meter

Perhatian :
Jangan sekali-kali membongkar jarum ataupun membongkar unit modul alat yang terdapat di speedometer, alat-alat tersebut sangat sensitif dan presisi.

Setelah dibongkar, bersihkan seluruh permukaan speedometer dengan cairan pembersih khusus interior mobil misalnya : KIT Interior cairan pembersih ini efektif membersihkan debu dan kotoran sekaligus membuatnya mengkilat tanpa merusak permukaan halusnya. Gunakan kain putih bersih yang halus dan lembut untuk bagian panel depan speedometer, bersihkan dengan sangat hati-hati. Setelah seluruh bagian dibersihkan dan terlihat mengkilap, rakit kembali speedometer kebalikan dari langkah-langkah saat membongkar.

Selamat mencoba....

Salam Starleters,
Starno72
021-32929696

Melayani Pengiriman Luar Kota

Melayani pengiriman luar kota spare parts, aksesoris, mesin, gearbox dan lain-lain

Atas dasar kepercayaan para pencinta starlet luar kota jakarta, bengkel starno sejak awal januari 2008 telah melayani pengiriman barang-barang berupa spare parts, aksesoris, mesin, gearbox dll ke kota-kota besar di indonesia. Atas dasar memberikan layanan terbaik bagi kepuasan pencinta starlet, bengkel starno selalu menjaga kualitas dan kondisi barang sesuai dengan yang diharapkan.



Pre Order Pengiriman
Seluruh pemesanan barang akan dilakukan setelah ada konfirmasi pre-order yang berisi barang yang dipesan beserta harga barang dan ongkos pengiriman. Pre-order adalah kesepakatan pemesanan barang berikut harga barang. Bila pre-order sudah disetujui pemesan bisa langsung melakukan pembayaran. Barang yang sudah dipesan/dibayar tidak dapat dikembalikan atau ditukar, kecuali dengan perjanjian tambahan.

Metode Pengiriman

Jasa pengiriman yang starno gunakan adalah perusahaan yang sudah memiliki reputasi terbaik sehingga akan menjamin keamanan dan kenyamanan pengiriman. Starno menggunakan beberapa jasa pengiriman diataranya adalah TIKI, NCS dan Elteha, kualitas layanan pengiriman adalah lebih diutamakan selain harga yang diberikan lebih kompetitif.

Cara Pembayaran
Starno menggunakan BCA untuk setiap transaksi pengiriman barang. Seluruh pengiriman barang akan dilakukan bila starno sudah menerima transfer dana full dimuka sesuai dengan jenis barang yang dipesan.

Proses Pengiriman

Setiap proses pengiriman akan melalui tahap pemeriksaan barang sesuai dengan kondisi barang yang akan dikirim, dan pengepakan barang akan dilakukan sesuai dengan jenis barang yang dikirim. Hanya barang yang layak kirim yang akan proses kirim sampai tujuan. Dalam paket pengiriman akan selalu dilampirkan/diselipkan nota pembelian barang dari bengkel starno, sebagai bukti pemesanan dan pembayaran barang kiriman. Lamanya pengiriman adalah 2 - 5 hari kerja bergantung atas tujuan pengiriman, dan setiap proses pengiriman maka anda akan mendapatkan nomor dokumen pengiriman yang starno konfirmasikan via sms, untuk keperluan dokumentasi dan bukti pengiriman barang.

Mohon hubungi starno bila masih ada penjelasan yang kurang lengkap, terima kasih atas perhatiannya.

Salam Starleters,
Starno72
021-32929696

Diagram Penampang Karburator Starlet 2E/1E

Mengenal lebih jauh karburator toyota starlet 2E/1E

Buat para pecinta starlet, pasti sudah gak aneh mendengar nama karburator. Mungkin masih ada diantara rekan starleter yang belum begitu mengenal apa saja sih bagian-bagian dalam karburator, starno akan memberikan pencerahan lewat diagram gambar dibawah ini.



Bagian yang paling utama dari sebuah karburator toyota starlet adalah lubang venturi primer dan lubang venturi skunder. Masing-masing lubang venturi ini dilengkapi dengan spuyer dengan ukuran berbeda. Untuk lubang primer menggunakan ukuran spuyer 105 dan lubang skunder menggunakan spuyer 162. Merubah ukuran spuyer sangat diharamkan bagi starno, disebabkan merubah ukuran spuyer akan menyebabkan mesin tidak bekerja normal yang nantinya jangka panjang bisa merusak mesin. Hal lain yang penting merubah spuyer dengan ukuran lebih kecil tidak akan membuat mesin lebih irit malah bisa sebaliknya.

Bagian penting lainnya adalah katup selenoid yang digerakan oleh sistem kelistrikan mobil. Bagian ini biasa di 'akalin' sama tukang servis karburator dibuat 'mati', padahal fungsi utama alat ini adalah penghenti aliran bensin saat kunci kontak dimatikan sehingga mesin langsung mati sempurna.

Berikutnya adalah katup cuk, katup baru berfungsi dan bisa bergerak lancar saat cuk di tarik atau dilepas. Pasikan kabel tidak macet dan buat starlet yang menggunakan cuk otomatis pastikan alat bimetal cuk berfungsi normal.

Bagian yang terpenting lain adalah Membran trotel skunder. Dari survey dilapangan ternyata 80% karburator toyota starlet mengalami masalah di membran trotel skunder ini, hal ini sering disebabkan oleh mampetnya selang vakum venturi skunder sehingga mempengaruhi kerja katup trotel skunder. Pastikan salurannya bersih dan lancar untuk hasil maksimal.

Modifikasi Trotel Skunder

Modifikasi karburator pada bagian trotel sekunder adalah modifikasi semi sport, karena modifikasi ini akan membuat mesin lebih responsif, kemampuan akselerasi bertambah begitupun top speed.

Demikian pencerahan singkat, bagi starleter yang ingin bertanya silahkan bisa melalui telpon atau sms.

Dan bagi starleters yang ingin tune up semi sports dapat langsung datang ke bengkel starno Senin - Minggu mulai jam 10-17wib (konfirmasi dibutuhkan), pekerjaan tuning hanya 45 menit dan bisa ditunggu, biaya tuning semi sport Rp.250rb garansi tuning 1 bulan.

Salam Starleters,
Starno72
021-32929696

ECU Starlet AVC-Rpinout

Diagran Soket ECU Buat Swaper Engine Mesin Toyota 2E-TE dan 4E-FTE

Bro yang lagi nge-built starlet GT terkadang alami kesulitan membaca wiring diagram, semoga diagram dibawah ini bisa membantu.



Perhatian:
Diagaram ini hanyalah sebagai acuan untuk modifikasi wiring, tetap perhatikan wiring diagram yang ada.

Tips - Tuning Toyota Starlet

Tuning mesin toyota starlet 2E/1E

Mesin kurang tenaga, bahan bakar boros, stasioner pincang/tidak rata, sulit di starter, adalah tanda-tanda mesin harus dilakukan tuning ulang.

Tuning mesin toyota starlet memang agak sedikit beda dibanding mobil lain. Buat yang tinggal diluar jakarta yang tidak mungkin datang ke bengkel starno bisa menggunakan tips tuning mesin seperti dibawah ini:

1. Tuning Karburator.

Pastikan Saringan Udara dalam kondisi bersih, kemudian buka rumah saringan filter udara seperti terlihat dalam gambar. Nyalakan mesin dan atur putaran mesin sekitar 600RPM kemudian lakukan penyetelan udara dengan cara memutar kekiri atau kekanan hingga mesin mencapai putaran yang lebih ringan. Kemudian periksa kondisi selang vakum throtle skunder, bersihkan bila perlu dengan carb cleaner agar saluran lebih lancar.



2. Penyetelan Klep Mesin
Bukalah penutup kepala slinder dengan mengendurkan 2 buah baut. Posisikan piston nomer 1 tepat pada TMA (Titik Mati Atas), kendurkan baut pengunci klep dan lakukan pengaturan satu persatu klep yang dalam posisi bebas(free) dengan alat fuller gauge aplikasikan celah ukuran 0.008inch/0.02mm seperti ditunjukan dalam gambar. Lakukan dengan hati-hati. Kemudian tempatkan posisi piston nomer 4 pada TMA dan lakukan penyetelan klep seperti tahap pertama tadi. Bersihkan penutup dan pasang kembali mur pengikat.


3. Penyetalan Sudut Pengapian

Kendurkan sedikit mur pengikat delko/distributor kemudian nyalakan mesin dengan putaran stasioner 950RPM. Gunakan Timing Light untuk membaca sudut pengapian, besarnya sudut pengapian harus berkisar antara 5 - 15 derajat BTDC (Before Top Death Center) dengan selang subvacum dilepas sesuaikan dengan kondisi mesin besarnya sudut pengapian ini.


Foto dibawah ini memperlihatkan skala derajat pengapian dari 0 - 10 derajat, mesin standard dengan mutu bensin premium indonesia biasa berada pada 5 - 8 derajat BTDC, diluar dari spesifikasi dapat menyebabkan mesin gelitik ataupun tenaga drop.


Parts lain penunjang tuning adalah oli dan busi, gunakan oli dan busi dengan kualitas yang baik. Bila diperlukan gunakan oli sintetik untuk menjaga keawetan dan kebersihan jeroan mesin sekaligus menghindari kerak yang bisa menghambat saluran oli dalam mesin, jangan gunakan filter oli palsu bila perlu beli filter oli di AUTO2000 harga memang lebih mahal tapi keaslian sangat terjamin.

Kondisi Busi
Kondisi mesin dapat dibaca lewat kondisi busi. Kondisi busi kering dan agak sedikit kecoklatan dan abu-abu menandakan kondisi mesin dalam keadaan sehat. Busi yang tampak berwarna hitam pekat tebal menandakan mesin dalam kondisi kurang baik atau tuning/setelan mesin tidak tepat sehingga pembakaran tidak sempurna.

Foto dibawah ini adalah busi yang sudah menempuh jarak 12 ribu kilometer dan penggantian busi direkomendasikan tiap 15 ribu kilometer.


Tips ini khusus untuk para pencinta starlet, walaupun starno tidak bisa menjelaskan secara detail lagi tuning mesin starlet, paling tidak seluruh poin yang dijelaskan diatas bisa dijadikan patokan melakukan tuning dengan benar.

Bagi yang masih ingin konsultasi mengenai tuning mesin bisa menghubungi telpon 021-32929696, starno dengan senang hati membantu. Dan bagi yang ingin tuning mesin semi sport toyota starlet2E/1E oleh starno silahkan datang langsung tiap hari mulai jam 10-17 hari sabtu dan minggu tetap buka (konfirmasi sehari sebelumnya), waktu pengerjaan tuning mesin adalah 45 menit dengan ongkos Rp.250rb garansi tuning 1 bulan.


Salam Starleters,
Starno - 32929696

Ganti Header Knalpot Toyota Starlet

Toyota Starlet Jangan Asal Ganti Header

Knalpot sebagai aksesori penunjang KOHAR (korek harian) benar-benar dapat menambah tenaga mesin 10 - 20%. Buat mesin yang sudah adopsi PnP atau Kohar, knalpot ibaratnya sebagai penunjang performa mesin, karena desain knalpot sangat mempengaruhi kinerja mesin, salah mengganti header knalpot tarikan bakal ngempos dan bensin boros.

Knalpot standar toyota starlet memiliki konfigurasi 4-1 short, konfigurasi seperti ini jelas untuk segala kondisi tarikan bawah hingga menengah padat berisi tapi kurang maksimal untuk putaran atas.



Pilih konfigurasi knalpot 4-1 atau 4-2-1
Masing-masing konfigurasi punya kelebihan dan kekurangan. Konfigurasi 4-1 jamak dipakai untuk mobil yang sering digunakan dalam kota hingga tol dalam kota sedangkan konfigurasi 4-2-1 biasa diaplikasikan buat yang sering memakai tol luar kota misalnya jalur cipularang. Untuk modifikasi knalpot mesin 2E standard tidak direkomendasikan menggunakan 4-2-1 disebabkan saluran buang terlalu panjang tidak ada efek tendangan balik yang dibutuhkan oleh mesin standard, lebih baik menggunakan konfigurasi 4-1 long. Buat yang memilih menggunakan konfigurasi knalpot header 4-2-1 sebaiknya tetap menggunakan resonator jenis lurus (bukan ber-ulir). Baik konfigurasi 4-1 long dan 4-2-1 tetap diwajibkan menggunakan pipa fleksibel menjaga getaran mesin tidak masuk ke-kabin.

Free Flow Muffler
Bila suara keras tidak jadi masalah dan suka mengejar putaran mesin atas sebaiknya memilih jenis free flow muffler. Jenis ini meneruskan gas buang dengan sedikit hambatan namun suara yang dihasilkan juga agak keras.



Bahan Galvanis atau Stainless Steel
Untuk bahan header knalpot bisa memilih galvanis atau stainless steel (Stain). Biarpun begitu hasil tetap sama tidak jauh berbeda. Bahan galvanis lebih mudah dibentuk dibanding stain begitupun soal harga tentu bahan galvanis lebih murah dari pada stain. Bahan galvanis lebih mudah untuk dilas dan dibentuk dibanding stain.



Satu-satunya kelebihan bahan stain adalah dari sisi kekuatan dan pelepasan panas yang lebih baik, hanya saja bila diaplikasikan pada header lebih baik dibungkus/dibalut oleh kain asbes agar panas yang dihasilkan tidak mempengaruhi kabin mesin. Suara yang dihasilkan oleh bahan stain tentunya lebih garing dan kedengaran lebih asik mirip suara knalpot yang biasa digunakan mobil balap, sesuai dengan kocek yang dikeluarkan. Bahan stain tidak mudah ditambal bila ada keretakan atau pecah dan harus diganti utuh.

Ganti Sil Pompa Power Steering Starlet

Perawatan Pompa Power Steering Toyota Starlet

Sil aman roda kemudi nyaman
Tidak begitu banyak orang yang tahu mengenai perawatan pompa power steering (pompa PS). Biasanya kebanyakan orang hanya berpatokan selama permukaan minyak PS masih cukup/tidak kurang sudah dianggap cukup.

Idealnya minyak pompa PS harus diganti setiap 20 ribu kilometer, selain itu juga harus diperiksa apakah terdapat kebocoran di sekitar pompa PS. Walaupun kebocoran hanya berupa rembesan saja hal ini sangat merugikan karena tetesan/rembesan minyak PS akan membasahi puli kompresor A/C karena letaknya persis dibawah pompa PS dan bisa akibatkan selip.

Bila sudah ditemukan gejala bocor (seperti terlihat pada foto dibawah ini) biasanya dari pantat pompa PS muncul rembesan minyak PS, maka sudah waktunya sil pompa PS diganti.



Mengganti sil pompa PS juga berarti mengganti oli minyak PS. Kebutuhan minyak PS toyota starlet cukup 1 botol yang berisi kurang lebih satu liter. Starno mempercayakan minyak PS produk dari MOBIL OIL yang punya kualifikasi tinggi dan jenis DEXRON yang memang direkomendasikan untuk powersteering. MOBIL Oil ATF/DM ini memiliki keunggulan merawat bagian-bagian seal karet dari kebocoran dan juga memiliki daya tahan kompresi oli yang sangat tinggi yang memang dibutuhkan oleh alat hidrolik seperti dalam sistem powersteering toyota starlet, hasilnya kinerja oli PS ini sangat bagus dan efek langsung terasa dikemudi lebih ringan.



Sil pompa PS toyota starlet hanya menggunakan 2 buah sil utama dari 3 buah sil yang disediakan oleh gasket kit toyota. Semua sil sudah disediakan dalam paketnya mulai dari sil kit rotari, seal kompresi, seal reservoir, juga ring penahan as pompa PS.


Walaupun mengganti sil pompa PS terlihat sederhana, namun perlu berhati-hati sebab bagian dalam pompa PS memiliki parts yang sangat presisi. Kesalahan pemasangan atau kecerobohan pemasangan berakibat pompa PS tidak bisa bekerja normal. Dalam pompa PS terdapat 10 buah bilah stainless steel yang bertugas memompa oli PS, kehausan bilah ini berakibat unit PS berbunyi kasar dan tidak bekerja maksimal, hati-hati dalam memasang kembali sebab tidak boleh terpasang terbalik.

Dengan perawatan PS yang benar akan memperpanjang umur komponen PS dan juga akan membuat kinerja PS dalam kondisi prima hingga kemudi selalu terasa lebih ringan dan akurat.

Ongkos Service Ganti Sil Pompa Power Steering Toyota Starlet Rp.250rb. (diluar parts dan minyak power steering)

Salam Starleters,
Starno72
021-32929696

Toyota Starlet Pake Bohlam Watt Besar?

Berapa Watt Bohlam ideal untuk toyota starlet

Biasanya bila pemilik toyota starlet merasakan bahwa sorot lampu utamanya kurang terang, akan mengambil jalan pintas saja mengganti bohlam utama dengan watt yang nyaris 2 kali lipatnya.

Keputusan itu memang tidak salah karena dengan mengganti bohlam yang watt lebih besar sudah pasti pancaran sinar akan lebih terang. Beberapa diantaranya penggantian bohlam memang harus disertai dengan penambahan relay, sebab bila tidak ditambahkan relay arus yang besar akan mengalir melalu panel dalam yang kapasitasnya sudah melampaui batas jika dibiarkan akan sebabkan kabel terbakar atau konsleting panel.

Amankah Pake Relay Tambahan?
Menggunakan relay tambahan hanya akan mengamankan sirkuit kabel bawaan standard-nya, karena arus langsung mengambil langsung dari aki lewat jalur yang relatif pendek. Sampai disini jelas masih aman.

Lampu Besar Starlet Berbahan Kaca Lebih Aman ?
Bahan kaca memang cenderung lebih tahan terhadap panas dibanding bahan mika, oleh karenanya untuk starlet keluaran 95 kebawah (bukan turbo look) secara teori memang lebih aman.

Akan tetapi ada hal yang dilupakan. Bohlam yang memiliki watt besar juga akan menghasilkan radiasi panas yang juga besar, bohlam halogen saat menyala memiliki temperatur di atas 200 derajat celcius semakin tinggi watt bohlam radiasi panas yang dihasilkan juga bertambah besar. Walaupun hanya radiasi panas yang diteruskan ternyata soket lampu tidak mampu menahan panasnya bohlam watt besar, bukan itu saja, karet penutup debu maupun air lampu utama juga akan ikut terbakar dan meleleh karena radiasi panas yang terlalu berlebihan, alhasil karet penutup debu/air akan rusak yang dalam jangka waktu tidak lama membuat kaca reflektor lampu utama cepat kotor atau kemasukan air yang akhirnya bisa merusak reflektor kalau sudah begini mau diganti bohlam berapa watt pun tidak akan bisa menerangi jalan secara maksimal.

Berapa watt ideal seharusnya?

Tentu saja harus mengikuti standard pabrik pembuat lampunya dong, lampu utama starlet hanya di rekomendasikan menggunakan bohlam halogen 60/55 watt, penambahan relay sangat direkomendasikan.

Bagaimana jika masih kurang terang?

Lampu starlet kurang terang bukan berasal dari besarnya watt yang digunakan, tetapi disebabkan oleh kondisi kabel dan kondisi reflektor lampu.
Sekarang ini sudah banyak kok tempat yang bisa me-rekondisi reflektor lampu utama buat toyota starlet. Jadi kesimpulannya adalah mengganti bohlam dengan watt yang lebih besar bukanlah solusi yang paling tepat, lebih baik sesuai dengan anjuran pabriknya.

Pemakaian bohlam yang tidak sesuai anjuran pabriknya akan menyebabkan hal yang tidak di inginkan seperti ditunjukan pada foto dibawah ini menggunakan bohlam 100/90 watt :



Bukan hanya menyebabkan soket dan karet penutup meleleh, tapi juga akan akibatkan kabel konsleting karena soket meleleh akan mengalami shortcut begitupun juga pada relay. Menambah daya watt besar juga akan menambah beban kelistrikan mobil alhasil aki akan lebih cepat tekor dan tidak berumur panjang, dan secara tidak langsung juga mempengaruhi konsumsi BBM.

Dashboard dan Speedometer Starko Turbo

Starlet Kotak Turbo

Bagi penggila starlet kotak, gak ada salahnya dandani interior mobil dengan parts orisinal dari starlet kotak turbo. Barang seperti ini memang sangat sulit didapat dan hanya bagi kalangan penggila starlet saja yang mencari barang ini.

Tampilan aura sport akan lebih terlihat bila diaplikasikan langsung buat starlet kotak lokal, lebih keren dan lebih gaya.







Peminat bisa hubungi starno - 32929696

Tuning Semi Sport OHC by Porting Polish

Reportase Spesial Modifikasi Semi Sport OCH Porting Polish Toyota Starlet 1.3 SEG '93

Ingin kencang dan akselerasi galak dengan mesin 2E standard
Banyak cara untuk meningkatkan performa mesin standard starlet2e, salah satunya adalah dengan tuning semi sport. Tuning semi sport adalah modifikasi yang dapat meningkatkan kemampuan mesin standard starlet menjadi karakter mendekati sport.

Tuning semi sport bisa dilakukan dengan hanya memodifikasi karburator atau juga melakukan porting polish pada saluran masuk dan buang. Porting Polish dilakukan agar saluran masuk dan buang lebih lancar, dengan cara meng-korek memperbesar dan menghaluskan dinding saluran masuk dan buang cylinder head dengan alat khusus.

Lebih Besar Dari Ukuran Standard


______________________________________________________________________________________




























_______________________________________________________________________________________

Hasil dari porting polish dapat meningkatkan kemampuan akselerasi yang cukup significant karena bertambahnya volume metrik campuran bahan bakar yang masuk. Stasioner mesin lebih rata dan halus, dan tenaga mesin sudah didapatkan pada putaran bawah merata hingga putaran atas.

Selain dilakukan porting polish juga dilakukan modifikasi dan OH karburator untuk meningkatkan kemampuan akselerasi putaran atas, sehingga hasilnya top speed akan secara dramatis bertambah.

Finally, dilakukan seluruh pengaturan ulang setelan karburator, celah klep dan waktu pengapian untuk mendapatkan pembakaran sempurna.


Salam Starleters,
Starno72
021-32929696