Ready Stock Bubble Water Injection Rp.350rb. Gratis Ongkir/Pasang

Periksa Cuk Otomatis Starlet

Pastikan Kondisi Cuk Otomatis Bekerja Baik

Buat toyota starlet keluaran tahun 94 keatas, karburator sudah mengadopsi cuk otomatis. Fungsi utama dari cuk adalah memberikan campuran kaya saat pertama kali mesin dihidupkan terutama dipagi hari. Dengan cuk otomatis ini akan memudahkan start mesin dipagi hari, karena cuk sudah aktif saat kunci kontak diputar. Lupa untuk mengembalikan cuk ke kondisi normal pada starlet cuk manual sudah tidak ada lagi, jadi memang piranti ini memberikan kemudahan yang lebih baik.

Hati-hati bila ingin membongkar karburator yang sudah dilengkapi cuk otomatis ini. Kecerobohan dalam membongkar akan mengakibatkan cuk otomatis tidak bisa lagi bekerja sebagaimana mestinya. Karburator dengan cuk otomatis ini memiliki beberapa lengan mekanik yang saling berhubungan yang juga diatur oleh dua buah vakum menjamin cuk bekerja sangat halus. Kerusakan mekanis cuk otomatis akan menyebabkan mesin sulit di start dan bahan bakan menjadi boros. Jangan menggunakan jasa bongkar karburator asal murah, karena setiap mobil memiliki spesifikasi karburator yang berbeda, lebih baik mahal sedikit tapi pekerjaan lebih rapih dan bersih.


Perhatikan pada gambar diatas, posisi klep cuk otomatis akan menutup sempurna. Cara yang benar men-start mesin mobil dipagi hari adalah saat kunci kontak diputar on, kocok pedal gas sekali saja, kemudian starter mesin. Bila kondisi cuk baik mesin akan langsung hidup sempurna.


Sesaat mesin sudah hidup, sebuah vakum akan menarik pelatuk penggerak klep cuk otomatis hingga klep akan membuka sedikit seperti yang terlihat pada gambar diatas. Dan pada saat yang bersamaan sebuah pelatuk lain akan menahan putaran idle mesin lebih tinggi dari normal, dan kondisi ini akan terus berlangsung hingga pedal gas ditekan sedikit dan pelatuk akan melepaskan ganjalnya hingga putaran idle mesin kembali normal.


Secara bersamaan juga sesaat mesin sudah hidup, listrik akan mengalir kedalam alat pemanas bimetal yang secara bertahap akan membuat poros klep cuk bergerak sedikit demi sedikit hingga ke posisi tegak lurus terbuka sempurna seperti yang terlihat pada gambar diatas.



Derajat buka klep cuk otomatis dapat disetel dengan cara mengendurkan ketiga buah baut kecil. Penyetelan dibutuhkan untuk menyesuaikan bukaan cuk sesuai dengan kebutuhan.

Bila semuanya dalam kondisi baik, bisa dipastikan start mesin starlet dipagi hari tidak akan bermasalah, dan tidak perlu harus dibantu menekan pedal gas, karena semuanya sudah ditangani oleh piranti cuk otomatis ini.

Tuning Semi Sport Toyota Starlet Kotak

Toyota Starlet 1.3 SE '87

Jarang sekali menemukan starlet kotak seperti ini dijalan. Starlet keluaran tahun '87 ini masih terlihat mulus dan orisinal. Keluhan tenaga kurang dan bensin boros sering dikeluhkan oleh pemiliknya yang menebus mobil ini seharga 27 jt. Kondisi bodi dan mesin masih cukup baik untuk starlet yang sudah berusia diatas 20 tahun ini.

Harapan:
Pemiliknya menginginkan mobil ini irit BBM tapi tarikan mesin juga tetap kenceng.



Service yang dilakukan :
- Tuning Semi Sport
- Modifikasi Irit Karburator

Tuning Semi Sport Toyota Starlet & Rack Steering Recondition

Toyota Starlet 1.3 SE '93

Toyota Starlet 1.3 SE keluaran tahun '93 ini masih memiliki bodi yang mulus dan orisinal, menurut pemiliknya starlet ini ditebus 43 jt. Melihat dari kondisi bodi, interior dan mesin yang masih baik dan orisinal, rasanya sangat beruntung mendapatkan mobil ini.

Selain penyakit bawaan starlet yang boros dan tarikan kurang, kaki-kaki depan mobil starlet juga rentan aus karena beban kerja roda depan yang sangat berat. Oleh karena itu untuk merekondisi agar mobil ini enak dibawa diperlukan penggantian parts antara lain tie rod, long tie rod dan karet support depan.

Setelah dilakukan pembokaran ternyata rack steer juga mengalami kehausan, namun cukup mudah mengatasinya, hanya dengan mengganti plastik kecil seperti foto dibawah ini rack steer bisa di sehatkan kembali. Alhasil bunyi gluduk-gluduk saat melintasi jalan keriting sudah hilang, dan pengendalian lebih presisi lagi.



Daftar belanja onderdil, beberapa komponen menggunakan orisinal seperti engine mounting, oil filter dan air filter.


Rekondisi Rack Steer :


Service yang dilakukan :
- Tuning Semi Sport
- Ganti Oli Total Synthetic & Oil Filter Toyota
- Ganti Air Filter
- Ganti Engine Mounting atas
- Ganti tie rod dan long tie rod
- Ganti karet support depan
- Ganti bushing rack steer

Tuning Semi Sport Toyota Starlet

Toyota Starlet 1.3 SE '92

Starlet generasi pertama masih sangat banyak diminati dan memiliki populasi yang sangat banyak. Dari segi kelengkapan bodi dan interior starlet kapsul generasi ini sudah lumayan lengkap diantaranya sudah aplikasi power window dan electric mirror namun masih belum power steering.

Dari sektor mesin tidak ada perbedaan sama sekali dengan mesin yang digunakan generasi starlet kotak /starko, karena masih menganut sistem pengapian platina dan cuk manual. Kekurangan mesin ini karena masih menggunakan platina sering harus dikontrol dan sering diganti secara periodik karena pemakaian, bila tidak diganti gejala mesin tersendat atau sulit mesin distart menjadi langganan rutin mesin ini. Rekomendasi buat mesin ini ganti ke sistem pengapian CDI. Keluhan lainnya adalah tarikan mesin loyo kurang gigit, top speed kurang.



Service yang dilakukan :

- Tuning Semi Sport

Tuning Semi Sport Toyota Starlet

Toyota Starlet 1.3 SEG Turbo Look '98

Starlet keluaran terakhir memiliki bentuk yang sangat sporty, maklum versi terakhir ini konon diluar negeri sana adalah jelmaan dari Starlet GT mulai dari lampu depan, grill bemper depan, spoiler dan bemper belakang. Walau begitu mesin yang digunakan masih tetap sama tipe 2E berkapasitas 1300cc. Perbedaannya dengan varian starlet kapsul yang generasi pertama adalah penggunaan beberapa vakum menjadikan mesin mobil bekerja lebih smooth dan efisien.

Seperti pemilik starlet turbo look '98 dibawah ini, mengeluh tarikan mesin boyo dan loyo, ini diakibatkan masalah di beberapa selang vakum terutama dash pot vacuum dan secondary throttle diaphragma, menyebabkan mesin akan menyendat diputaran tinggi dan cenderung mati secara mendadak.




Service yang dilakukan :
- Tuning Semi Sport
- Reposisi kembali selang vakum

Tuning Semi Sport Toyota Starlet

Starlet 1.3 SE '93 Merah
Tetap Irit BBM namun tarikan mesin galak dan top speed meningkat

Kenaikan BBM yang sudah mencapai 6 ribu / liter, membuat toyota starlet semakin digemari oleh banyak kalangan. Kunci utama starlet adalah image yang sangat kuat, ketersediaan onderdil, kemudahan dan murah dalam perawatan, bandel dalam pemakaian, irit BBM dikelasnya.

Mesin starlet memiliki kelemahan tarikan awal loyo dan top speed yang kurang . Sebetulnya spesifikasi mesin starlet 2E memilik performa yang cukup baik, dengan formula settingan yang tepat. Salah satu meningkatkan performa adalah dengan tuning semi sport, yakni melakukan penyetelan ulang seluruh mesin dan memodifikasi karburator yang membuat aliran bensin sangat lancar saat melakukan akselerasi. Modifikasi ini tidak akan membuat bensin jadi boros, karena setting yang dilakukan adalah memaksimalkan arus pasokan bahan bakar pada putaran tinggi.

Dalam kondisi kemudi, ban, suspensi dan mesin mobil yang masih cukup baik, tuning semi sport akan membuat akselerasi starlet 0-100 dalam 11 detik, dan top speed 170km/h.



Service yang dilakukan :

- Tuning Semi Sport

Tuning Semi Sport Corolla Twincam 2E

Toyota Corolla 1.3 SE

Salah satu varian toyota corolla twincam adalah corolla 1.3SE, varian jenis ini tidak terlalu banyak. Orang-orang menyebut varian ini adalah corolla 2E disebabkan menggunakan mesin yang 100% sama dengan toyota starlet 1300cc.

Sebetulnya tidak ada kelemahan corolla ini, kekurangan satu-satunya tarikan mesin mobil ini sangat berat, dikarenakan rasio bobot dan tenaga tidak berimbang.

Dengan tuning semi sport akan memperbaiki akselerasi mobil ini menjadi lebih gesit dan lincah, top speed juga akan bertambah.



Service yang dilakukan :

- Tuning Semi Sport
- Ganti oli sintetik merek Total 9000SM + Filter oli Toyota
- Ganti dari Platina ke CDI milik Starlet GT
- Ganti busi NGK Iridium

Hasilnya putaran mesin dari rendah ketinggi sangat mudah didapat, mesih lebih galak, dan top speed lebih baik lagi.

Riwayat Usia Mobil Starlet

Mobil Juga Ibarat Manusia

Tidak salah bila ada yang bilang mobil itu ibarat manusia juga, memiliki umur dan penyakit dan kecocokan, tanpa terkecuali pemilik starlet pun tidak akan pernah lepas dari kondisi ini.

Berikut Pemaparan Riwayat Usia Mobil Starlet :

Usia Mobil Starlet 0 - 5 Tahun
Pada usia ini boleh dibilang masa yang paling enak, karena kondisi mobil semuanya baik eksterior, interior dan mesin masih dalam kondisi yang sangat baik. Pada masa ini tugas pemilik hanya berkewajiban sebatas perawatan berkala, ganti oli, ganti filter oli dan udara. Tidak ada penyakit aneh pada usia ini, makanya tidak heran memiliki mobil di usia balita sangat nyaman.

Usia Mobil Starlet 5 - 10 Tahun
Pada usia tanggung ini, biasanya mobil sudah mulai nampak muncul penyakitnya, misalnya eksterior sudah banyak tergores, interior sudah haus, jok kursi busanya sudah mulai kempes, dashboard sudah mulai kusam, pintu sudah mulai timbul bunyi2, mesin juga sudah mulai sulit di starter. AC mobil sudah mulai bermasalah kurang dingin dan berbau tidak sedap.

Usia Mobil Starlet 10 - 15 Tahun

Usia ini adalah usia yang boleh dibilang lumayan berumur, pada usia ini sudah mulai banyak keluhan, selain eksterior dan interior sudah mengalami kehausan, mesin juga sudah mulai menampakan kebocoran, oli menetes dimana2 dan perlu di overhaul atau turun mesin. Timbul juga masalah kelistrikan, masalah temperatur mesin, masalah panel meter yang sudah mulai ngaco bacanya, mulai dari speedometer yang geol-geol, Meter RPM yang sudah mati total, atau dirubah warna sama pemiliknya.

Usia Mobil Starlet 15 - 20 Tahun
Bila tidak cukup beruntung, rentang usia ini sangat banyak sekali penyakitnya, mulai dari karet pintu yang sudah getas, lis-lis kaca sudah retak2, power window atau engkol sudah sering macet dan bermasalah. Kaca2 lampu mika sering didapati pada pecah atau retak2. Tenaga mesin sudah jauh berkurang, pemakaian BBM yang sangat boros, getaran mesin yang sudah terlalu parah, mobil sulit diajak nanjak, masalah pada kaki-kaki, masalah pada sistem rem dan kemudi.

Usia Mobil Starlet diatas 20 Tahun

Ibarat manula, pada usia ini mobil sudah masuk dalam tahap penyakit kronis, karena seluruh interior, eksterior dan mesin mengalami kehausan dan keletihan yang sudah sangat parah. Pada usia ini mobil akan memerlukan 'peremajaan' kembali, biasanya pada usia ini mobil sudah mengalami cat ulang, turun mesin, sistem suspensi dan kemudi sudah harus diganti begitupun juga sistem rem. Jarang sekali didapati mobil dalam usia ini dalam kondisi yang 100% orisinal.

Gambaran diatas tidak berlaku mutlak karena kondisi mobil dan usia tergantung dari perlakuan pemilik/pemakai dan perawatan berkala pemilik sebelumnya.

Salam,
Starno72

Reportase Gathering Starleters Depok

Starleters Depok 15 Juni 2008

Pagi hari jam sudah menunjukan pukul 9 pagi, namun rintik-rintik hujuan tidak kunjung berhenti, cuaca terus mendung merata di awan jakarta. Walau cuaca mendung tetap tidak menyurutkan untuk menghadiri acara gathering starlet yang berlokasi di Margo City Depok.

Segera saja gw langsung tancap gas lewat jalan tol pondok indah, jalan tol memang sangat basah karena hujan yang belum berhenti, tidak terasa gw telah memacu starlet hingga 150km/h dan tanpa terasa sudah tiba dipintu keluar tol pasar minggu.

Menjelang masuk margonda raya, jalanan mulai merayap ramai, tapi masih berjalan lancar, beberapa gw bertemu dengan rekan starleters lain yang sedang berjalan menuju kearah yang sama, terlihat bro MM dan bro Fred yang juga sedang ber-iringan berjalan menuju lokasi gathering.

Sesampai dilokasi ternyata baru gw, dan 3 orang starleters lainnya yang sudah tiba, tidak lama kemudian disusul oleh beberapa anggota starkus (starlet kaskus)dan starleters depok lainnya.


Terlihat suasana akrab langsung terasa diantara pencinta starlet, beberapa terlihat saling bercengkerama dan saling melihat-lihat mobil milik para pencinta starlet ini.




Berpose ala rubrik majalah otomotif, seluruh anggota berjajar mengambil posisi masing-masing untuk pengambilan gambar.


Hadir juga dalam acara gathering Bpk. Dodi Hartono, beliau juga tergabung pada Indonesian Starlet Club yang juga bekerja di Majalah Mobilmotor. Kami semua mengucapkan terima kasih kepada beliau yang menyempatkan waktu datang pada acara ini, semoga pertemuan seperti ini akan terus berlangsung untuk menjaga suasana ke-akraban dan kekompakan diatara para pencinta starlet ini.

Dan juga atas nama Starleters Depok kami mengucapkan terimakasih atas kehadiran pecinta starlet dan partisipasinya dalam acara ini.

Salam Starleters.

Gathering Starleters Depok - 15 Juni 2008

Agenda Starkus Depok
Acara Terbuka Hanya Untuk Pemilik Toyota Starlet


Fyi...
hanya membantu meramaikan


Beberapa starleter Depok akan ada ketemuan kecil-kecilan
dan rencananya Insya Allah akan dilaksanakan,

Hari : Minggu, 15 Juni 2008
Jam ; 09:00 wib - selesai
Tempat : Parkiran, Margo city Depok Jl. Margonda Raya
Agendanya : Keakraban, foto-foto, kenalan dan diakhiri Ngopi Bareng



Semua diharapkan kedatangannya. .
dan untuk starleters Depok, wajib dateng..

Harapan kami bersama dengan adanya ketemuan kecil kecilan semacam ini, akan memberikan kontribusi lebih bagi komunitas STARLET yang ada (milist, forum, ataupun club)

Terima kasih

Starleters Depok

Memilih oli mesin starlet

Jangan asal murah

Untuk mesin toyota starlet spesifikasi SAE oli yang disarankan pabrik (sesuai buku manual starlet 1E/2E) :


15W-40
20W-40
20W-50
10W-40
10W-50


Sangat disarankan pilih 10W-40, karena oli jenis ini tidak terlalu kental karena maksimal kekentalannya SAE40 dan saat musim dingin memiliki kekentalan SAE10 akan mempermudah start mesin pada pagi hari.




Kapasitas Oli Starlet :
- Tanpa penggantian saringan oli 2,9 liter
- Dengan penggantian saringan oli 3,2 liter
- Pengisian dari keadaan kering 3,4 liter

Menggunakan oli yang kualitas bagus dan kekentalan yang cukup, memberikan pelumasan maksimal dan memperlancar sirkulasi oli ke sela-sela bagian mesin termasuk bagian atas yang menggerakan katup klep dan meringankan kerja pompa oli sekaligus merawatnya selain itu juga suara mesin menjadi lebih halus. Oli terbaik untuk merawat mesin starlet dipilih dari jenis fully synthetic, yang memberikan lapisan film yang sangat licin guna meminimalkan gesekan, sekaligus juga membersihkan seluruh bagian mesin dari kerak karbon sisa pembakaran, sehingga mesin menjadi selalu bersih sirkulasi lancar, dan awet muda, karena mesin starlet adalah investasi yang mahal.

Sharing pengalaman :
Dulu starlet gw pake oli mesran XP, suara kletek2 mesin saat starter pagi agak lama hilangnya, tetapi setelah menggunakan Total Oil fully synthetic SAE 5W-40 saat start pagi hari oli cepat naik keruang mesin atas, jadi lebih cepat melumasi, hingga bunyi kletek2 itu lebih cepat hilang, jeroan mesin lebih bersih bebas deposit karbon sisa pembakaran. Pilih oli jangan hanya sekedar bisa melumasi bagian mesin saja, karena oli yang bisa merawat mesin lebih penting dari oli itu sendiri.

Kesimpulan :
Oli dengan kualitas semakin bagus akan mempengaruhi performa dan keawetan mesin starlet. Belilah oli ditempat yang bisa dipercaya keasliannya, jangan sekali-kali beli oli di warung pinggir jalan yang gak jelas distributornya.

Type dan Celah Busi Starlet 2E/1E

Memeriksa Busi Patokan Kondisi Mesin

Bukalah seluruh busi dan periksa secara baik dari gejala keausan elektroda, kerusakan ulir dan kerusakan insulator.
Busi yang berwarna putih keabu-abuan menandakan pembakaran mesin dalam kondisi baik.
Busi yang berwarna hitam dan menumpuk arang kadang kondisi basah menandakan pembakaran mesin tidak sempurna, ada kebocoran didalam mesin.

Type Busi Starlet :
- Untuk mesin 1E ND W20EX-U atau NGK BP6EY
- Untuk mesin 2E ND W16EXR-U11 atau NGK BPR5EY11

Penyetelan Celah Busi :
- Untuk mesin 1E dan 2E ukuran celah busi adalah 0.8 mm

Pemasangan dan Pengencangan Busi :

- Momen puntir pengencangan busi 180kg-cm (13ft-lg, 18 N.m)

Tune Up Semi Sports Starlet 2E/1E

Buat apa ganti mesin turbo kalau mesin standard saja bisa dibuat 'galak'

Rahasia Starno 11 detik Tarikan Mesin Toyota Starlet 0-100 km/h Top Speed 170km/h dan masih tetap irit BBM
Buat pecinta starlet, berikut ini ada cara untuk meningkatkan akselerasi mesin. Modifikasi ini termasuk modifikasi ekstrim, disebut begitu karena hasil modifikasi akan membuat mesin sangat galak, tanpa sedikitpun membongkar mesin ataupun karburator. Tidak ada penggantian parts mesin atau parts karburator, semua parts dibiarkan standard.

Buat mobil starlet yang masih menggunakan karburator sudah bukan rahasia umum lagi, karburator adalah objek modifikasi yang paling favorit di ajang balap liar, selain memperbaiki sistem pengapian dengan yang lebih besar. Untuk modifikasi 'sleeper style' (pinjam istilah bro fred) memang sangat diminati, sebabnya adalah biaya modifikasi yang sangat murah tapi performa mesin sangat dahsyatt...



Pada kondisi standard, karburator starlet yang menganut sistem vakum pada pembukaan throttle skunder. Sistem ini memiliki kelemahan tarikan mesin tidak spontan karena vakum baru bekerja saat mesin berputar pada 4000 RPM keatas, itupun membukanya sangat lambat sekali hingga akan sangat mempengaruhi akselerasi. Kelemahan lainnya adalah karena digerakan oleh vakum, maka membutuhkan saluran udara yang diambil dari lubang venturi skunder. Oleh sebab itu tarikan mesin starlet cenderung lemah dan kurang mengigit.


Perhatikan 2 buah lubang karburator pada foto diatas. Lubang sebelah kiri adalah lubang katup primer dan lubang sebelah kanan adalah katup skunder. Modifikasi dilakukan pada lubang skunder agar tarikan lebih responsif. Proses modifikasi tidak ada perubahan parts, yang lebih penting modifikasi ini bisa dikembalikan pada kondisi standard.

Apakah Ada Efeknya?
Jelas ada dong, setiap modifikasi harus ada efeknya :
- Pengemudi jadi doyan ngebut soalnya tarikan sangat ringan
- Roda depan mudah spin pada posisi Gear 1 dan 2
- Top Speed 170km/h gampang didapat
- Kemampuan menyalip mobil dijalan tanjakan (misal:puncak) meningkat drastis

Bila bro tertarik dengan modifikasi 'sleeper style' ini silahkan datang saja kebengkel starno. Cukup dengan Rp.250rb sudah termasuk dengan penyetelan mesin, membuat starlet bro makin 'beringas'

Salam Starleter,
Starno72
021-32929696

Liputan Gathering Starlet 25 Mei 2008

Sumber berita :
http://www.otomotifnet.com/otoweb/index.php?templet=otoclub/Content/0/0/1/7/585


Kutipan liputan otomotifnet.com :
“Meski sudah enggak bisa nongkrong lagi tapi tetap pengen menyambung silahturahmi dan dapat manfaat dari kumpul-kumpul, maka dipilihlah mailing List (Milis) sebagai media berbagi pengalaman,” buka Dudy Ariwidianto, moderator milis starlet-indonesia@yahoogroups.com

Nah dari obrolan di dalam milis akhirnya memancing untuk saling bertemu. “Diawali dengan perkenalan sampai membuat gathering,” aku Dudy yang bersama rekan-rekan Starlet lainya berkumpul di Parkir Timur Senayan, 25 Mei yang lalu.



Saat itu gw berhalangan hadir pada acara itu, dan atas jasa baik salah satu anggota gw berhasil mendapatkan stiker itu... terima kasih bro star_put.

Alamat milis starlet Indonesia :

starlet-indonesia@yahoogroups.com
isc-starlet@yahoogroups.com
toyota_starlet_indonesia@yahoogroups.com
itstarlet@yahoogroups.com

Tune Up dan Membersihkan Ruang Bakar Tanpa Overhaul

Tune-Up Instan
Menyiasati harga BBM yang semakin mahal, pastinya perawatan mesin dan tune-up mesin adalah salah satu faktor yang sangat menentukan performa, konsumsi BBM, dan Keawetan mesin. Perawatan dan tune-up yang benar sudah pasti akan menghemat seluruh biaya operasional kendaraan.

Berhubungan dengan fakta diatas, salah satu cara agar mesin bisa bekerja maksimal adalah tune-up ulang sesuai dengan rekomendasi kendaraan, dan yang tidak kalah penting menjaga semua bagian ruang pembakaran tetap bersih, agar efisiensi bisa dicapai.

Membersihkan ruang bakar, kadang kala indentik dengan bongkar mesin atau overhaul, tidak salah memang bila dibilang begitu. Tapi ada cara lain yang lebih hemat dan murah, yaitu dengan cara menggunakan cairan pembersih ruang bakar yang sudah memiliki kualitas teruji.


Perhatikan foto diatas, cairan pembersih sanggup membuat komponen logam kuningan karburator menjadi sangat mengkilat dalam seketika, begitu juga hal yang sama dalam ruang bakar.

Kini bengkel starno juga menawarkan paket hemat tune-up instan yang meliputi antara lain :
- Setting ulang klep masuk dan buang
- Setting karburator (tidak dibongkar)
- Setting ulang derajat pengapian
- Membersihkan ruang bakar dengan cairan khusus CARB JET produk jepang
- Membersihkan lubang karburator dengan cairan khusus CARB CLEANER



Dengan harga paket yang terjangkau, tune-up instan ini menjadikan salah satu langkah dalam penghematan BBM dan perawatan mobil starlet.



Seperti yang dilakukan oleh bro Iwan salah seorang pecinta starlet 1.3 SEG '94 Abu-abu Metalik tiap harinya menggunakan sejauh 70km, datang ke-bengkel starno yang sudah melakukan tune-up instan malam. Setelah dilakukan tune-up instan hal yang bisa langsung dirasakan adalah stasioner mesin yang lebih rata dan halus dan tarikan mesin menjadi lebih enteng.

Tune Up - Instan Starlet Hanya 30 menit

Tune Up Starlet Cepat Murah dan Memuaskan
Buat pemilik starlet yang ingin mesin tetap prima, tapi dengan biaya perawatan yang murah bisa ambil tune up instan ini.



Tune Up instan proses hanya makan waktu 30 menit meliputi:
- Setting ulang klep masuk dan buang
- Setting karburator (tidak dibongkar)
- Setting ulang derajat pengapian
- Membersihkan ruang bakar dengan cairan khusus CARB JET produk jepang
- Membersihkan lubang karburator dengan cairan khusus CARB CLEANER

Keuntungan :
- Mengembalikan dan melancarkan kinerja karburator
- Membersihkan ruang bakar sehingga memaksimalkan proses pembakaran
- Memaksimalkan tenaga mesin lewat penyetelan ulang klep masuk dan buang (tiap 50rb.)
- Mesin lebih hemat BBM dan tenaga meningkat
- Tune-up instan ini dapat diulang setiap 5.000km sebagai bagian dari perawatan rutin

Special Tune Up Starlet 2E

Special Tune Up Sabtu-Minggu

Ganti Timing Belt dan Special Tuning

Toyota Starlet 1.3 SEG '95 milik salah seorang klub starlet dengan custom GT Accessories.
Tampilan wajah starlet '95 ini jadi terkesan macho keren padahal hanya mengganti aksesoris lampu, grill, bemper dan kap mesin. Kaki juga diganti pake velg 16 produk TW, bikin keren tampilan.


Nuansa interior Starlet GT terlihat dengan menggunkan setir GT dan shift knob Momo.


Salah satu sesepuh STARKUS (starlet kaskus) bro fred juga sempet dateng ke-bengkel starno, bro fred ini boleh dibilang sesepuh paling tua di STARKUS, jauh sebelum starno ada hehe... makasih bro fred mau datang ke bengkel starno yang sangat sederhana ini.


Tongkrongan sesepuh starlet biru '97 turbo look milik bro fred ternyata lebih mulus dan keren dari starlet milik starno yang tahunnya lebih tua dan kusam, apalagi kemarin beliau baru dapat setir baru original starlet turbo look...hmm stirnya masih terlihat sangat baru...bikin gw ngiler, boleh tukar gak bro fred? hehe canda kok :)


Starlet 1.3 SEG '94
Special Tuning Overhaul Karburator


Toyota Starlet 1.3 SEG '95
Special Tuning dan Overhaul Karburator.
Agak kaget juga ternyata starlet yang punya warna biru tosca ini memiliki kilometer 49 rb, begitu melihat kondisi jeroan mesin wow... komponenya masih kinclong persis seperti mobil baru.


Gw pikir sulit banget dapetin barang fresh kayak gini, boleh dibilang sangat langka.


Terimakasih atas kedatangan para pemilik starlet dibengkel starno. Gw senang kalo pemilik starlet merasakan bahwa mobilnya memiliki kondisi prima, kencang tapi tetap irit itulah tujuan gw.
Jangan sungkan balik lagi atau tanya apa saja perihal starlet di blogger ini.

Seluruh pertanyaan bro, pasti gw akan jawab.

Starno72,
Salam Starleter