Lampu Bulat Starlet GT Turbo

Twin Lamp Only

Buat pemilik starlet turbo look, kalo punya dana lebih paling enak beli aksesori OEM starlet GT asli, harganya sih gak mahal-mahal amat.

Seperti pada gambar dibawah ini, lampu bulat starlet GT dijual sepasang seharga 2,5 juta, kondisi bagus tinggal pasang. Untuk starlet versi turbo look tidak ada masalah dalam hal pemasangan sebab, semua braket lampu depan 100% klop sama lampu bulat GT ini, begitu juga front grill tinggal pasang langsung maknyusss....



Pantat lampu bulat starlet GT lebih rapih, soketnya juga cakep banget maklum masih asli buatan Jepang. Kaca lampu juga terbuat dari bahan kaca (bukan plastik spt starlet turbo look) lebih paten. Untuk lampu dekat pake model projektor lebih merata tapi tidak bikin silau pengendara berlawanan. Lampu tembaknya juga lumayan cabe rawit kecil tapi terang banget, pokoknya asik banget kalo pake lampu ini.



Buat starlet yang belum turbo look nampaknya harus bersabar mengakali dudukan lampu dan braketnya biar lebih rapih.

Tapi bro untuk mendapatkan lampu ini susahnya bukan main, harus indent soalnya peminat lampu model gini banyak banget, kalaupun ada harganya bisa lebih mahal lagi.

Untuk yang mau nyicil kayaknya cocok buat starlet turbo look, soalnya dia akur sama front grill depan turbo look. hehe..

Tune Up Maksimal AC Mobil Toyota Starlet

Air Conditioning R12/R134a

Jaman sekarang ini AC (air conditioning) atau sistem penyejuk udara, sudah menjadi perangkat wajib buat sebuah mobil terutama bagi pemilik mobil yang tinggal dalam daerah perkotaan sudah tidak bisa ditawar lagi AC mobil menjadi kebutuhan wajib.

AC mobil yang berfungsi baik dan normal akan membuat pengemudi dan penumpang merasa nyaman dan betah walau harus bermacet-macet ria. Kompresor AC mobil yang menjadi mesin penyejuk udara membutuhkan tenaga mesin yang tidak sedikit, rata-rata AC mobil menggunakan 15-20% tenaga mesin mobil untuk menggerakan sistem penyejuk udara. Sebuah kenyamanan memang harus dibayar lebih mahal itulah konsekwensinya.



AC yang tidak berfungsi maksimal akan menyebabkan pemborosan dan ketidaknyamanan penumpang yang berada didalamnya. Dikarenakan sistem AC mobil selalu bekerja saat kendaraan sedang berjalan atau berhenti, maka sudah sewajarnya perawatan dan penggantian spare parts AC mobil harus dilakukan dengan baik.



Perawatan AC mobil termasuk salah satu diantaranya mengganti atau menambah cairan Freon. Freon ibarat darah dalam tubuh manusia, cairan ini senantiasa bersirkulasi dalam sistem ac kendaraan.


Sumber : www.familycar.com

Bila ada masalah dalam sirkulasi jelas akan membuat sistem ac tidak bekerja maksimal. Jenis dan kualitas Freon AC sangat berpengaruh kepada kinerja dan keawetan AC mobil. Pengisian freon yang asal murah membuat kerja kompresor menjadi tidak normal, dan akan memperpendek usia sistem ac itu sendiri.

Paket Tune up AC mobil starlet, menjadikan ac mobil starlet lebih maksimal, dan akan meringankan beban kerja mesin yang pada akhirnya juga akan menghemat konsumsi bahan bakar.

Paket tune up AC ini terdiri dari :
- Pengurasan cairan freon yang lama
- Pengurasan dengan sistem vakum sehingga seluruh saluran pipa ac akan bebas dari udara.
- Pengisian Freon yang sudah memiliki standard kualifikasi internasional, jaminan keawetan kompresosr ac.
- Penambahan bahan oil aditif khusus ac mobil, aditif buatan amerika ini bekerja sempurna melindungi dan melumasi kompresor ac mobil hingga umur pakai lebih lama lagi, selain itu akan meringankan beban kerja mesin.

Untuk konsultasi dengan specialis tune-up ac starlet silahkan mampir ke bengkel starno untuk mendapatkan penjelasan lebih banyak tentang sistem kerja kompresor ac.

Toyota Great Corolla 1.3 SE Limited

Great Corolla 2E

Salah satu varian corolla yang pernah di produksi oleh TAM adalah Toyota Great Corolla 1.3 SE Limited. Populasi corolla varian ini tidak terlalu banyak.


Menggunakan mesin toyota 2E, mesin yang serupa digunakan oleh toyota starlet, dengan kombinasi gearbox yang sama persis toyota starlet.


Great Corolla ini sangat dikenal dengan sebutan Greco2E. Disebut begitu dikarenakan memang kapasitas mesin 1.3L yang digunakan lebih kecil dari varian mesin corolla 1600cc.

Sebetulnya mesin corolla ini bagus, sebab mesin ini mesin miliknya starlet yang sudah terkenal sejak dahulu memiliki performa yang bandel dan tenaga yang cukup sanggup berlari kencang juga. Tapi bila disandingkan dengan Greco bermesin injeksi 1.6 sudah jelas Greco2E ini memiliki performa mesin jauh dibawahnya.

Tapi disisi lain, mesin konvensional yang masih menggunakan karburator ini sangat mudah dan murah dalam hal perawatan, dengan konsumsi bensin premium yang juga lumayan irit.

Buat pemilik greco2E ini welcome to bengkel starno juga, informasi yang ada diblogger ini juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan perawatan mesin sama halnya seperti toyota starlet.

Mencari dan Membeli Toyota Starlet Bekas

Tips membeli starlet bekas

Membeli starlet bekas adalah pekerjaan yang gampang-gampang susah, gampang dikarenakan mobil starlet termasuk mobil yang populasinya cukup banyak hingga sangat mudah mencarinya. Susah dikarenakan starlet termasuk mobil yang sudah lumayan berumur, dipastikan pasti banyak komponen yang memang sudah banyak diganti.
Sebelum mencari starlet idaman, tentukan dulu budget keuangan, agar memudahkan memilih tahun mobil yang sesuai dengan isi kantong. Carilah patokan harga pasaran starlet bekas yang jadi incaran agar tidak tertipu. Jangan lupa setiap mobil bekas pasti akan membutuhkan biaya tambahan untuk rekondisi besar ataupun kecil jadi tetap sisihkan budget untuk biaya perbaikan.

Toyota Starlet yang beredar di indonesia hanya memiliki 2 varian mesin, yakni mesin 1E dan 2E, mesin 1E berkapasitas 1.000cc dan 2E berkapasitas 1.300cc
Starno merekomendasikan untuk memilih starlet yang berkode 2E, karena dari banyak pengalaman mesin 2E dinilai memiliki tenaga mesin yang cukup baik untuk menaklukan medan dalam kota maupun luar kota. Kemudian dari sisi fitur, starlet memiliki 2 varian pula, yakni SE dan SEG, varian SEG adalah varian termewah dan terlengkap.

Mencari mobil starlet bekas bisa dengan cara melihat di koran pos kota, surat kabar lain, lewat teman, atau di internet. Starlet termasuk mobil yang masih sangat diminati dan memiliki pasar yang sangat kuat, sehingga harga bekasnya juga masih tergolong tinggi, kondisi ini dimanfaatkan oleh banyak pedagang mobil bekas. Hati-hati bila membeli starlet bekas dari seorang pedagang, dikarenakan biasanya pedagang memberikan harga sangat tinggi tapi kondisi mobil sangat memprihatinkan. Jangan terlalu terpengaruh oleh bujuk rayu pedagang bisa jadi mobil sudah diakali atau dimundurkan odometernya, tetaplah teliti dan melakukan test.

Berikut beberapa tips membeli starlet bekas :

1. Periksa latar belakang mobil tersebut.
Hal ini tidak akan memberikan jaminan bahwa mobil tersebut OK untuk dibeli, namun bisa saja Anda mendapatkan informasi penting semisalnya; ternyata mobil tersebut sudah pernah mengalami tabrakan yang parah atau odometernya sudah pernah dirubah, cat sudah tidak orisinal lagi, atau mesin pernah diganti.

2. Minta tolong rekan Anda yang lebih pandai dalam memilih mobil bekas
Sebaiknya anda ditemani oleh rekan anda yang memang benar-benar mengetahui seluk beluk mobil, mulai dari bodi dan mesin. Ini akan memudahkan anda untuk memutuskan apakah mobil starlet incaran anda patut dibeli atau tidak.

3. Jangan pernah membeli mobil bekas tabrakan yang parah.
Terutama yang terkena tabrakan frontal. Akan ada banyak masalah yang timbul belakangan akibat dari tabrakan parah tersebut. Cara yang paling mudah adalah buka kap mesin mobil, lihat tulang-tulang dibalik kap mesin, lihat tulang2 rangka dekat lampu utama, bila kondisinya tidak lurus atau banyak dempulan, dipastikan mobil pernah mengalami tabrakan yang lumayan parah, urungkan niat membeli mobil tersebut.

4. Jangan langsung membeli mobil bekas saat Anda pertama kali melihatnya
Bersabarlah. Coba dulu mobil tersebut, biasanya masalah akan terdeteksi jika mobil dicoba di jalan terlebih dahulu.

5. Jangan percaya langsung jika pemilik berkata bahwa mobil ini tangan pertama
Dan hanya dipakai di jalan tol saja. Kemungkinannya adalah mobil tersebut adalah bekas dari perusahaan rental. Pastikan semua surat-surat dalam kondisi lengkap, dan sesuai dengan nomer rangka dan nomer mesin yang terdapat pada kendaraan. Hati-hati mesin starlet sangat mudah di-swap/diganti, jadi pastikan nomer mesin sesuai dengan yang ada di BPKB.

6. Jangan membeli mobil tersebut jika Anda masih merasa bimbang.
Mesin starlet termasuk mesin yang memiliki suara halus saat dihidupkan, pastikan tidak ada suara-suara mencurigakan saat mesin hidup. Lihat apakah ada kebocoran oli di mesin, kemudian periksa kebelakang apabila bau gas pembuangan membuat perih dimata ada hal yang kurang beres dengan mesinnya. Kalau menurut Anda mesinnya agak berisik, transmisinya kurang halus, agak berkarat, dan sebagainya. Lebih baik Anda mencari mobil bekas lainnya.

7. Jangan beli mobil yang mana Anda harus melakukan "sedikit" perbaikan, karena kenyataannya Anda harus melakukan perbaikan sana-sini tanpa henti-hentinya.

8. Jangan membeli mobil yang bekas terkena banjir. Air dapat menyebakan mobil tersebut berkarat, kerusakan perangkat elektronik, kerusakan pada transmisi, dan sebagainya. Cara termudah melihat mobil apakah pernah terkena banjir adalah dengan mecium aroma interior bila berbau apek tidak sedap semacam bau karpet basah dipastikan mobil bekas terkena banjir. Indikator lain juga bisa dilihat pada lampu2 apakah terdapat kotoran lumpur masih tersisa disana.

9. Jangan terlalu skeptis dan kasar terhadap penjual mobil tersebut. Walaupun kita kurang percaya kepada penjual mobil, namun banyak juga penjual mobil yang benar-benar jujur.

10. Tetaplah berpendirian, namun jangan kasar, bersikaplah baik kepada mereka dan mereka pasti siap membantu Anda.

Bila Mogok Dijalan

Tips - Mengatasi Mobil Mogok

Sebagai seorang yang mengemudikan mobil, pastinya bro pernah merasakan salah satu kejadian paling tidak mengenakkan yang pernah dialami seorang pengemudi mobil yaitu mogok. Kejadian tersebut pastinya sangat menyebalkan, terutama bila bro sedang diburu waktu untuk bisa segera sampai di suatu tempat. Ditambah kenyataan bahwa bro kurang paham mengenai seluk-beluk mesin, komplit sudah penderitaan.

Untuk mengatasinya (terutama bagi bro yang tidak mengerti mesin mobil), ada tips-tips singkat yang mungkin bisa dilaksanakan. Siapa tahu, dengan pengetahuan baru ini, kerusakan yang dialami mobil tidak parah dan masih bisa diakali supaya bisa jalan sampai ke bengkel terdekat. Lagipula, bro tentunya tidak ingin mobil kesayangan (atau mungkin satu-satunya) ditaruh di sebuah tempat yang asing bukan? Berikut kiat-kiatnya :

1. Periksa power listrik di koil apakah tersambung atau tidak
2. Lihat distributor dan tempel ke bodi mobil, kemudian starter
mobil mengecek ada power/percikan listrik atau tidak.
3. Bila tidak ada, periksa bagian platina apakah kotor/tidak.
4. Ulangi langkah kedua, kalau ada pengapian berarti mobil siap jalan.
5. Bila masih juga mogok coba cek bahan bakar. Ambil botol,
masukkan selang bensin ke botol lalu starter mobil. Kalau bensin
keluar, berarti bahan bakar masih berfungsi baik.
6. Bila tidak keluar, berarti pompa/saringan bensin kotor. Kalau
sudah begini tidak bisa lain, telepon bengkel langganan supaya
mobil Anda bisa diderek dan diperbaiki.

Semoga tips ini bisa bermanfaat buat bro, dan jangan lupa selalu gunakan sabuk keselamatan saat berkendara demi keselamatan nyawa sampean dan keluarga.

Salam Starleter,
Starno72

Konsumsi bensin berlebihan atau boros

Penyebab boros BBM Toyota Starlet

Kesalahan Penyetelan Mesin
- Timing pengapian salah
- Celah setelan klep salah
- Salah penyetelan sekrup angin
- Idle mesin terlalu tinggi
- Saringan udara tersumbat

Kebocoran Mesin
- Kompresi mesin rendah
- Sil klep sudah lemah

Masalah Pada Sistem Roda

- Tekanan ban salah
- Kopling selip
- Rem macet

Gangguan karburator:

- Main jet/ Slow jet mampet
- Kelainan sistem cuk
- Kecepatan idle mesin terlalu tinggi
- Katup tenaga selalu terbuka

Konsumsi Oli Boros

Oli Mesin Sering Cepat Berukurang

- Kebocoran disebabkan oleh seal perapat oli
- Saluran PCV tersumbat hingga oli masuk ke jalur karburator
- Ring piston haus atau sudah rusak
- Batang katup atau bushing pengantar katup aus
- Sil klep aus atau rusak

Akselerasi Buruk

Tarikan mesin loyo sulit untuk mendahuli kendaraan didepan

Kelainan Pada Pengapian

- Kelainan busi
- Kelainan pada kabel tegangan tinggi
- Kelainan pada koil

Kobocoran vakum
- Saluran PCV mampat atau bocor
- Manifod isap bocor
- Saluran boster rem retak/bocor

Kesalahan Penyetelan Mesin
- Timing pengapian salah
- Ukuran celah klep mesin salah
- Sistem bahan bakar tersumbat
- Saringan udara tersumbat

Gangguan Karburator
- Permukaan pelampung terlalu rendah
- Kelainan pompa akselerasi
- Kelainan katup tenaga (power valve)
- Kelainan sistem cuk

Reportase Gathering Starlet - Bengkel Starno

Walau jadwal gathering agak ngaret yang semula di set jam 10.30 ternyata baru pada hadir jam 12 siang.
Beberapa peserta gath memang berasal dari bandung, bogor dan depok. Dan kebanyakan dari peserta gath adalah starlet kapsul. Gath diramaikan juga dengan starlet matik XL dan starlet matik turbo look.

Yang bikin gw berkesan semua peserta gath punya mobil yang boleh dibilang mulus-mulus, terutama peserta gath dari bandung heboh, dengan tampilan standard keren dengan audio yang boleh dibilang bukan standard lagi...hehe.

Gath starlet selesai pada jam 6 sore, lumayan seru juga walau cuaca sempat hujan lebat tidak mengurangi serunya acara gathering saling tukar info dan pengalaman.

Berikut reportasenya :


Peserta gath lagi liat mobil starno, pada heboh soalnya starlet gw udah pake label VVTi didekat kap lampu depan....weh heboh.
Peserta gath yang hadir diantaranya dari kaskus : Kid-08, Hot2k, Naz_Tar, Dedy-Ram, Abillycorgan, Slamet, Ichal, Adhiet, Ali.


Parkir Mobil Starlet peserta gath lumayan panjang juga yah....



Saat asyik saling lihat melihat mobil para peserta gathering, turun hujan lumayan deras, akhirnya acara diteruskan meneduh, sambil bercengkerama satu sama lain di dalam bengkel. Suasana yang tadinya panas tiba2 jadi adem nyaman karena hujan besar...hehe...


Dari kiri ke kanan: dedy-ram, hot2k, adhiet, slamet, dan bro ali bersama isteri tercintanya menemani acara gath, terlihat serius.


Tampang mobil starlet peserta gathering semuanya mulus-mulus.


Tampang elegan tidak hanya dimiliki oleh mobil mewah saja, terbukti starlet milik mas adhiet sudah dilengkapi dengan gorden diseluruh jendelanya, terlihat cantik dan elegan. Dan siapa sangka starlet mulus ini ternyata bermesin 1E buatan tahun 90 sudah dilengkapi power steering, power window, central lock, hampir gw gak percaya masih bisa tampil modis kayak gini.
Starlet milik mas adhiet ini sudah dilakukan setting mesin maksimal oleh starno, walau mesin hanya berkapasitas 1.000 cc, kecepatan 140 kpj masih bisa dicapai...mmhhhh luar biasa.

Starlet Kapsul XL tahun 1990 memang tergolong langka, seluruh bodinya masih terlihat mulus dan orisinal, lihat saja hingga velg aslinya masih menempel setia. Setelah diamati lebih seksama lagi wow ternyata starlet XL ini sudah dilengkapi dengan transmisi matik, luar biasa.

Menurut pemiliknya pak slamet, matik ini ditebus seharga 6 juga saat itu.
Beberapa peserta gath sempat mencoba matiknya, wow ternyata matik nya lumayan nyaman. Selain itu ternyata starlet kapsul XL matik ini juga sudah dilengkapi dengan CDI, tambah asik aja nih starletnya.




Starlet Turbo Look Matik

Menurut informasi yang gw dapet jenis starlet turbo look matik ini termasuk jenis yang 'special order' toyota astra, konon keluaran matik asli astra ini hanya dibuat 4 unit saja, dan gw menduga ini adalah salah satu dari empat unit itu...hmmm jujur aja gw bener2 ngiler liat starlet turbo look ini udah matik.
Memiliki starlet matik dan penampilan keren kayak gini jadi kebanggaan tersendiri, dan beruntung bro ali memilikinya.



Rasanya kalau harus diceritakan secara lengkap terlalu panjang buat posting di blogger ini, bagi gue inilah acara yang terbaik yang pernah ada. Dan buat seluruh peserta gathering yang hadir di bengkel starno saat acara gathering starlet, starno ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Tanpa bro sekalian acara pertemuan seperti ini tidak akan pernah ada.

Salam Starleter,
Starno72

How to buy...

Buy Toyota Starlet
Alternatif mobkas yang memiliki karakter irit, lincah, kencang dan modis. Mudah dalam hal perawatan dan suku cadang, masih kuat harga pasaran bekasnya.

Pertamakali kali hadir toyota starlet di indonesia tahun 1985, toyota starlet diminati konsumen tanah air. Dimensi bodi kecil membuat kendaraan ini disebut sebagai sedan kompak. Ditambah teknologi multi valve pada mesinnya yang tergolong baru saat itu. Wajar penjualannyan meroket.

Namun sayangnya starlet menjadi satu-satunya produk mobil tanah air yang tidak mengembangkan teknologi mesinnya. Bisa dibayangkan, sejak pertama muncul hingga dihentikan produksinya pada tahun 1998, toyota starlet tetap mengandalkan teknologi mesin 12 valve, SOHC (Single Over Head Camshaft) pasokan bahan bakar karburator dan kapasitas mesin mentok di angka 1.300 cc. Sementara rival-rivalnya, terus menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Dari teknologi 16 katup, injeksi bahan bakar, DOHC (Double Over Head Camshaft) dan kapasitas mesin yang ditingkatkan. Padahal bila ATPM mau, generasi mesin toyota starlet yang dikembangkan juga telah beredar di luar negeri.

Namun image toyota yang kuat serta strategi penjualan yang ditata baik, menjadi kunci keberhasilan untuk soal angka penjualan Toyota Starlet di sini.


Key History :

1985 - 1988
Toyota Starlet resmi masuk tanah air dan menjadi varian baru dari toyota. Dengan desain bodi yang serba kotak, membuat jenis ini terkenal dengan sebutan Starlet Kotak (Starkot) Sedan berpenggerak roda depan ini, mengusung mesin 4 slinder segaris bertipe 1E memiliki kapasitas mesin 1.000 cc 12 katup. Teknologi ini tergolong baru di era 80-an, makanya starlet selalu membanggakan teknologi multi valve-nya saat itu.

1989 - 1990
Tiada perbedaan mencolok dengan generasi sebelumnya, selain menyediakan varian mesin 2E yang memiliki kapasitas 1.300 cc. Sedangkan interior, hanya penambahan indikator pemantau putaran mesin (takometer) dan bukaan tutup bensi yang dapat diaktifkan dari dalam kabin untuk versi mesin 1.300 cc. Sisanya hanya perubahan kecil pada eksterior, seperti handle bukaan bagasi yang lebih panjang pada model 1989, lampu belakang sedikit berubah, bemper agak membulat dan gril depan berbentuk jaring tawon.

1990 - 1998
Tampilan eksterior dan interior mengalami rombakan total. Desain serba membulat, membuat varian ini kondang disebut Starlet Kapsul (Starkap) oleh banyak orang. Sedangkan mesin tidak mengalami perubahan. Pasokan bahan bakar tetap mengandalkan karburator, namun sedikit dikembangkan dengan penambahan beberapa vakum dan aplikasi CDI membuat mesin bekerja lebih efisien. Padahal di luar negeri varian mesin sudah mencapai generasi tipe 5E yang dilengkapi pasokan bahan bakar injeksi, bahkan dengan turbo dan intercooler. Sedangkan di tanah air hanya memajang 'turbo look' pada kap mesinnya. Untuk itu pihak toyota menurunkan starlet ini ke ajang balap turing untuk menjaga angka penjualannya.



Checklist
Sosok mungil sangat digemari kaum muda. Tak ayal lagi, peminat mobil ini kudu hati-hati dan teliti sebelum membeli. Pasalnya, mobil ini salah satu alternatif kaum muda untuk di modifikasi, baik untuk balap atau fashion semata.

Bodi
Untuk bagian ini tidak ada kekurangan dari pabriknya. Tapi untuk memastikan bodi masih orisinal, anda tinggal memperhatikan lipatan sepatbor. Bila ujung sepatbor telah dilipat atau digembungkan, berarti kendaraan ini pernah menggunakan pelek berdiameter besar dan diceperkan.

Mesin
Vakum di karburator atau distributor yang telah rusak atau melemah menyebabkan kerja mesin tidak sempurna. Konsumsi BBM menjadi boros atau timbul knocking akibat timing pengapian yang tidak sesuai.

Transmisi
Perbandingan gigi pada transmisi starlet terdapat perbedaan pada mesin 1E dengan 2E. Namun dapat ditukar karena memiliki dudukan yang sama. Perbandingan gigi pada transmisi untuk mesin 1E dibuat lebih rapat dibandingkan dengan 2E. Sehingga bila dtukarpasangkan akan mengakibatkan boros BBM. Anda tinggal mendeteksi panjang pendeknya napas tiap giginya. bila pendek namun mengusung mesin 2E berarti mobil telah ditukar girboksnya.

Suspensi
Karena banyak digunakan anak muda, kebanyakan starlet telah melakukan pemangkasan susepensi demi penampilan. Hal ini tentunya berdampak buruk pada suspensi. Misalnya sokbreker lemah. Mengganjal dudukan sokbreker untuk menginggikan suspensi juga jadi salah satu akal-akalan agar bodi tak terlihat terlalu rendah.

Sasis
Konstruksi lengan ayun depan yang menempel ke sasis perlu diamati seksama. Sebab bila pemakaian abnormal alias digunakan balap, kadang sering retak yang membuat posisi sudut camber roda menjadi minus. Begitu pula dengan lantai dibelakang bangku depan yang kerap berlubang bila digunakan untuk keperluan balap berfungsi sebagai dudukan roll bar. Sambungan antar sasis yang diperkuat dengan las titik juga dapat dijadikan acuan apakah kendaraan ini dugunakan pernah buat balap atau tidak.

Harga
Harga bekas toyota starlet termasuk yang tidak dipengaruhi harga pasar, cenderung tinggi dan tetap.
Berikut daftar harga patokan starlet bekas :
1985 - 1989 harga berkisar mulai 24 - 32 juta.
1990 - 1998 harga bersisar mulai 35 - 70 juta.
Harga sangat bervariasi sekali terutama tergantung kondisi dan keistimewaan kendaraan bisa jauh lebih tinggi dari harga patokan.

Varian Mesin Starlet Tinggal Pasang

Mesin Toyota 3E 1.5 12valve
Masih belum puas dengan mesin 2E? ganti turbo? ribet ah pake ECU segala....ganti aja dengan 3E. kapasitas mesin lebih besar, tenaga dan torsi lebih baik.
Mesin tinggal pasang plek pas banget, gak usah rubah apapun, tinggal tancap mesin langsung jalan...


Contoh mesin Junkyard (bluntungan) :

Kalo mo swap engine kayak gini memang murah banget tapi siap-siap aja siapin dana gak terduga kalau ternyata jeroan mesin udah gak bagus atau pernah dibongkar.
Mesin 4EFTE/2E model gini bisa ditebus dengan duit 4jt/2,5jt saja, tapi resiko tanggung sendiri dah.




Gambar ini akibat kalo beli mesin bluntungan (junkyard ) metal duduk udah kena:


Mesin halfcut lebih bagus dibanding junkyard :
- Harga mesin halfcut lebih mahal 3-5 kali lipat mesin bluntungan (junkyard)
- Jarak Tempuh mesin masih rendah.
- Komponen lebih lengkap biasanya udah termasuk ECU + Wiring
- Ada garansi 3 bulan.
- Kondisi mesin tidak pernah dibongkar dan masih hidup pada saat terakhir.
- Mesin masih duduk di sasis aslinya
- Sudah termasuk Gearbox dan Drive Shaftnya berikut unit rem cakram
- Sudah termasuk kap mesin turbo dan bemper depan starlet GT

Contoh mesin halfcut :




Perkiraan harga mesin halfcut seperti ini antara 15 - 25 juta.

Auto Choke Toyota Starlet

Menyalakan mesin pada pagi hari
Dasar kerja cuk otomatis starlet menggunakan teknik BIMETAL, dimana saat kondisi semakin panas, keping bimetal akan menggerakan poros cuk ke arah membuka normal. Saat mesin kembali dingin keping bimetal pun ikut dingin dan bereaksi memutar poros cuk kearah menutup. Sedangkan elektrik pada autochoke dibutuhkan untuk mempercepat pembukaan bimetal dengan cara memberikan panas bagi bimetal lewat lilitan kawat. Bila terjadi masalah elektrik pada autochoke maka hanya akan berdampak pada terlambatnya cuk membuka normal, karena hanya mengandalkan bantuan panas dari mesin yang butuh waktu lama untuk memanaskan keping bimetal ini. Efeknya mesin akan brebet saat pedal gas mulai ditekan, gejalanya mirip dengan cuk manual yang lupa di kembalikan ke posisi semula.

Cara yang benar menyalakan mobil starlet yang dilengkapi cuk otomatis, pada saat kunci kontak dinyalakan, jangan nyalakan mesin dulu, tapi injak pedal gas sekali saja sampe dalem, atau bisa dua kali kocok untuk daerah yang agak ekstrim dingin tujuannya memberikan campuran kaya bensin lewat pompa akselerator, sekaligus mem-fungsikan autochoke untuk menaikan gas setingkat diatas standard.


Setelah pedal gas dikocok barulah di start, biasanya mesin langsung akan hidup dengan rpm yang agak tinggi, seiring dengan panasnya suhu mesin perlahan unit choke akan membuka hingga sempurna.



Pada kondisi ini gas masih akan tetap tertahan diatas standard, saat pedal gas di injak mekanikal autochoke penahan bukaan gas akan segera terlepas, dan mesin akan berputar pada RPM yang normal sekitar 800 - 900 RPM


Cuk Otomatis Tidak Bekerja Sempurna Tanpa Menekan Pedal Gas Terlebih Dahulu

Menyalakan mesin dipagi hari dalam kondisi mesin dingin diperlukan campuran bahan bakar yang kaya, dan sedikit menaikan posisi gas diatas normal agar pada saat pemanasan mesin berlangsung secara halus dan lancar.

Menyalakan mesin dipagi hari tanpa mengocok pedal gas terlebih dahulu membuat mesin sulit distart dan cuk otomotis tidak menutup sempurna, bila terus dipaksakan mesin tetap akan menyala tetapi putaran mesin terlalu rendah dan bergetar kencang, ini sangat tidak bagus buat keawetan mesin.

Biasakan mengocok pedal gas saat menyalakan mesin dipagi hari, jangan lebih dari 2 kali mengocok gas, karena malah menyebabkan karburator banjir bensin kalo sudah bengini malah sangat sulit dihidupkan.




Hati-hati bila hendak servis karburator
Membongkar karburator mobil starlet termasuk pekerjaan yang tidak terlalu sulit dan pada umumnya karburator starlet sama dengan karburator mobil lainnya, mudah diservis oleh siapa saja termasuk montir jalanan.

Akan tetapi bagi starlet yang sudah mengadopsi cuk otomatis perkaranya bisa jadi lain lagi, karena disitu ada part elektronik yang cukup sensitif bila dibongkar atau bila ikut direndam dalam bensin atau minyak tanah.

Makanya buat montir jalanan yang belum cukup pengalaman terkadang melakukan hal-hal ceroboh membongkar karburator sehingga bisa membuat unit tersebut tidak berfungsi atau rusak.

Diagram Selang Vakum Starlet

Bagi suka kutak katik mesin starlet 2E terutama generasi yang sudah pake CDI, kadang suka lupa kalo abis bongkar selang vakumnya, diagram dibawah ini mungkin bisa membantu :



Diagram diatas untuk starlet yang sudah menggunakan CDI ( Tahun'94 keatas).

Servis Karburator Starlet

Overhaul Karburator Starlet Kapsul 1.3 SE '92
Gejala karburator kotor bisa ditandai dengan sulitnya starter mesin terutama pagi hari, idle rpm tidak rata, tarikan berat tersendat-sendat dan bahan bakar boros. Tidak ada cara lain lagi selain melakukan overhaul karburator.




Ukuran spuyer standard starlet 105/162, untuk penggantian kalo bisa jangan melebihi dari 15 angka. Untuk kejar irit rekomendasi pake 100/162, jangan paksa pake spuyer yang terlalu kecil, sebab mesin akan gelitik dan lekas panas.

Masalah Power Steering Starlet Kapsul

Kebocoran Sil Power Steering
Starlet yang sudah menggunakan power steering, kerap menjumpai masalah seringnya oli power steering berkurang.

Penyebab bocornya sil power steering bisa disebabkan oleh penggantian oli power steering yang tidak sesuai jadwal, biasanya tiap 20 rb kilometer harus dikuras. Atau juga bisa disebabkan mutu oli power steering yang tidak baik.

Akan tetapi penyebab yang paling umum terjadi adalah karena memang umurnya, sudah saatnya harus di rekondisi kembali.

Kebocoran oli power steering bisa terjadi di bagian unit rack steer atau di bagian pompa oli power steering.

Bila kondisi komponen tidak ada kehausan maka cukup mudah untuk mengganti sil power steering starlet kapsul.


Unit rack power steering memiliki bagian bagian yang sangat presisi, sehingga bila ada sedikit saja kehausan pada logam yang bergesekan akan akibatkan kebocoran permanen dan tidak bisa diakalin.


Sil yang rawan bocor adalah pinion sil, dan sil batang rack, dan sil penutup ujung.



Bila bagian pinion ini sudah mengalami kehausan, power steering sudah tidak bisa diperbaiki lagi dan harus diganti satu unit.

Starlet Kotak Ganti CDI

CDI Orisinil Starlet Kapsul
Starlet Kotak bisa ganti CDI milik starkap tanpa merubah/modifikasi sedikitpun. Kelebihan menggunakan CDI, tidak perlu lagi ganti2 platina, tidak perlu lagi koil luar, pengapian lebih akurat terutama pada putaran mesin lebih tinggi.



Camshaft starlet kotak yang masih menggunakan delco platina memiliki coakan yang serupa dengan milik starkap yang sudah menggunakan CDI.



Starlet CDI menganut sistem koil ter-integrasi dalam delco, sehingga lebih praktis dan kedap air. Kelebihan menggunakan koil dalam adalah kemampuan pengapian lebih akurat dan cepat, karena pendeknya jarak koil dengan kabel pembagi tengangan tinggi ke masing2 busi.

CDI bisa dibeli lengkap dalam kondisi baru seharga 2,5 juta rupiah (belum termasuk kabel busi ).

Kalo bro mo CDI kondisi copotan, gw bisa bantu tentunya harga lebih murah dan dijamin bagus.

Setel Klep Starlet 2E/1E

Optimalkan Kinerja Mesin

Mesin starlet adalah mesin yang sangat konvensional sehingga mudah dalam hal perawatan. Bila jarak tempuh sudah melampaui 50 rb kilometer, penyetelan klep harus dilakukan ulang.

Bisa saja dibiarkan tanpa menyetel klep, akan tetapi mesin menjadi kurang bertenaga dan boros. Penyetelan klep dimaksudkan untuk memaksimalkan kerja mesin sesuai dengan spesifikasi pabriknya. Pnyetelan klep yang tidak sesuai dengan spesifikasi pabrik dapat mengakibatkan boros bahan bakar atau mesin lebih panas.

Celah klep starlet memiliki kombinasi unik, sebab pada mesin starlet celah masuk klep masuk dan klep buang harus memiliki celah 0.02mm atau 0.008 inch.

Jumlah klep starlet berjumlah 12 buah yang masing-masing slinder terdiri dari 2 klep masuk dan satu klep buang.




Untuk menyetel klep alat-alat yand dibutuhkan adalah kunci ring ukuran 12, obeng minus, dan alat pengukur celah klep.

Bukalah penutup slinder head dengan hati2, kemudian putar puli mesin sehingga menunjukan posisi top slinder nomer 1, setelah itu lakukan penyetelan.

Kemudian putar kembali puli mesin sehingga menunjukan posisi top slinder nomer 4, dan lakukan penyetelan dengan hati-hati seperti dalam gambar.




Bila semua sudah selesai dan sesuai dengan ukuran yang disarankan, pastikan seluruh baut pengikat klep cukup kencang.

Jangan sekali-kali menyalakan mesin pada saat penutup kepala slinder dilepas, oli mesin akan terbuang keluar dalam jumlah banyak.

Segera tutup penutup kepala slinder dengan baik, barulah dilakukan pengetesan.




Salah seorang pemilik starlet2e datang ke-bengkel starno, dan ingin melakukan penyetelan klep, setelah dilakukan pemeriksaan ternyata camshaft dalam kondisi yang mengenaskan karena poros mengalami kehausan terutama didaerah tonjolan yang menggerakan klep. Setelah diusut ternyata penyebabnya pemilik tidak pernah melakukan penyetelan klep sesuai anjuran pabrik. Seluruh klep saat itu dalam kondisi ukuran celah yang tidak beraturan, ada yang terlalu rapat dan ada yang terlalu renggang. Bila kondisi ini dibiarkan lama kelamaan camshaft akan kemakan dan haus, sehingga harus dilakukan penggantian camshaft yang harus ditebus dengan harga 2 juta.

Modifikasi ringan dan murah starlet irit BBM

Modifikasi & Tips Irit BBM Toyota Starlet
Kenaikan harga BBM sudah diputuskan dan sudah pasti akan terjadi tidak lama lagi. Kenaikan BBM 30% lebih memang membuat biaya perjalanan kesana-kemari serasa semakin mahal saja. Beruntunglah bagi pemilik toyota starlet karena diberikan karunia mesin kapasitas kecil dan bodi kecil ringan. Karakteristik mobil bermesin kecil dan berbodi kecil ringan adalah patokan bahwa mobil dengan ciri seperti ini adalah mobil irit BBM.

Tapi apakah itu cukup? harga BBM dari tahun ketahun mengalami kenaikan tidak sebanding dengan penghasilan, dan akan semakin mencekik kantong.

Sekarang ini banyak sekali yang menawarkan alat penghemat bensin, akan tetapi beberapa diantaranya tidak terbukti benar-benar hemat. Ada juga yang benar-benar terbukti hemat akan tetapi biasanya ALAT YANG PENGHEMAT BBM YANG BAIK pasti HARGANYA MAHAL JUGA.

Sebagai pencinta starlet gw punya modifikasi ringan dan murah untuk menghemat BBM hingga 40% terutama pada kondisi jalanan yang relatif macet.

Toyota starlet masih menggunakan karburator untuk menyuplai bahan bakar ke-mesin, peranan karburator sangat menentukan performa dan efisiensi pemakaian BBM. Objek yang di modifikasi adalah karburator.


Modifikasi ringan dan murah karburator menghemat BBM hingga 40%

Keuntungan :
- Modifikasi sangat cepat dilakukan TANPA MEMBONGKAR MESIN ATAU KARBURATOR, hanya 15 menit saja.
- Dapat dikembalikan ke-kondisi standard dengan cepat (tanpa biaya)
- Modifikasi tidak akan merusak komponen karburator sama sekali
- Tidak mencekik spuyer karburator
- Sama sekali tidak mengganti mengganti ukuran spuyer karburator
- Sama sekali tidak akan merusak mesin mobil
- Tidak membuat mesin mobil mudah panas
- Performa mobil tetap pada kondisi standard, tidak mengorbankan TOP SPEED
- Hemat BBM hingga 40% terutama kondisi jalan macet

Peminat bisa langsung datang ke-bengkel Starno
Jl. Pertamina Raya No.35 Pondok Ranji - Ciputat
Phone : 021-3292-9696 (Flexi)

Tips Mengemudi Hemat BBM ala Starno :

JANGAN ENGINE BRAKE

Di harian jangan disamakan dengan balap. Hapus teknik engine brake. Teknik seperti memaksa mesin berputar, tapi enggak sesuai dengan daya yang dihasilkan. Berarti bahan bakar ngocor, sementara enggak terbakar sempurna. Paling bagus pakai rem. Mesin enggak dipaksa berputar. Contoh saat pengatur lalu lintas menyala merah, segera netralkan persneling, biarkan mobil melaju tanpa engine brake dan perlahan lakukan pengereman kendaraan dengan halus hingga berhenti. Pengecualian untuk kondisi jalan menurun sangat curam.

HINDARI PUTARAN MESIN TINGGI
Ini biasa dilakukan kaum Hawa. Enggak nyadar atau malas memindahkan posisi persneling ke yang lebih tinggi, sering kaki kirinya selalu menekan setengah pedal kopling. Biasakan menjaga putaran mesin tidak lebih dari 3000 RPM.

HARAM GEBER DI LAMPU MERAH
Kebiasan bergaya. Kondisi mesin idle atau posisi gigi lagi netral, tapi gas digeber-geber. Campuran bahan bakar dan udara dari karburator masuk ke ruang bakar. Wah, di sini nih bensin akan ngocor deras, tapi terbuang percuma. Mubazir, kan. “Posisi mesin langsam bisa dianggap saat bahan bakar banyak terbakar". Ditambah lagi main geber. Pasti jadi makin boros, dan yang lebih penting lagi jangan terlalu sering menekan pedal gas terlalu dalam kecuali jika memang dibutuhkan.

JANGAN GUNAKAN AIR CONDITIONING PADA POSISI FULL.
AC mobil merupakan penyumbang boros bahan bakar yang paling besar, oleh sebab itu gunakan se-efisien mungkin, bila kondisi siang hari cukup setel temperatur setengahnya saja, dan blower angin posisi 2 atau 3. Bila kondisi malam hari aturlah temperatur di posisi seperempatnya saja.

JANGAN BOROS MENGGUNAKAN KELISTRIKAN DI MOBIL

Kebiasaan jiwa muda menyetel lagu keras-keras, dan seringnya menyalakan lampu aksesoris yang gak penting akan menyumbang keborosan bahan bakar. Setel audio starlet pada posisi yang cukup tidak usah berlebihan, buat yang dilengkapi TV jangan menyalakan TV mobil saat dalam perjalanan apalagi menyetel film DVD. Matikan atau cabut Inverter atau Charger Hape bila tidak diperlukan.

JANGAN TERLALU LAMA MANASIN MESIN
Cara lama. Sebelum berangkat ngantor, sekolah, atau kuliah mobil dinyalakan. Dibiarkan berlama-lama. Katanya sih supaya oli naik dan membasahi semua komponen mesin sebelum mobil dijalankan. Matikan mesin mobil saat tidak diperlukan, jangan paksa mesin mobil menyala terus hanya untuk menyalakan AC, ingat mobil bukanlah kamar hotel. Posisi mesin langsam ditambah AC menyala bikin bahan bakar terbuang percuma. Untuk toyota starlet cukup 3 menit saja dari kondisi mesin dingin di pagi hari.

SELALU PERIKSA TENAKAN ANGIN BAN
Kondisi ban yang kempes atau kurang tekanan angin memberikan friksi ban terhadap aspal jalan semakin besar, turut menyumbangkan pemborosan BBM. Untuk Toyota Starlet tekanan angin ban standard yang ideal adalah antara 32 - 34 Psi. Bagi starleter yang menggunakan ban ber-profil lebar, selain memiliki friksi yang besar terhadap aspal juga akan membebani kerja power steering, yang akhirnya juga akan menambah boros bahan bakar. Saran terbaik adalah ganti ban dengan ukuran standard starlet, atau bila masih tetep ngotot pake ban profil lebar, usahakan tekanan angin dibuat lebih tinggi dari ukuran standard, misalnya 38 - 40 psi.


Semoga Tips ini bermanfaat.

Salam Starleter,
Starno

Steering Cross Joint Starlet Kapsul

Tilt Steering dan Cross Joint Steering
Untuk starlet kapsul, sudah menggunakan Tilt Steering, kemudi bisa disetel naik dan turun. Karena konstruksi cross joint steering yang berada didalam kabin itu sebabnya lebih awet dibanding starlet kotak yang lokasinya berada di luar kabin (ruang mesin).
Dan untuk starlet kotak harus sering diperiksa jangan sampai cross joint steering setirnya kering (karena terkena debu dan panas mesin), karena bila kelamaan kering akan menjadi haus dan bisa sebabkan bunyi2 aneh di sekitar ini, olesi gemuk kualitas bagus di tempat ini.

Test Akselerasi Starlet Lokal Swap Engine Turbo

Akselerasi 0-100kpj sekitar 7 detik

Test drive di tol bintaro-bsd.


Akselerasi Mesin standard 4E-FTE sudah bisa menandingi mobil kelas 2500cc. Dengan modifikasi kelas ekstrim bahkan mesin turbo starlet mampu menyentuh angka 5 detik dari keadaan diam hingga 100 kpj.

Cocok banget bagi anak muda yang doyan drag race.

Video top speed starlet2E

Ini nih video top speed starlet mesin 2E 175kpj versi luar negeri. Paling banter starlet lokal gak beda jauh top speednya ama luar negeri, mungkin 10 kpj starlet lokal lebih pelan dari versi ini.

Toyota starlet pake mesin vios

Maksudnya nyang ini?

Gw juga dah pernah liat di otomotif.



Dibanding mesin 4E-FTE gw kayaknya lebih rekomen mesin ini lebih irit dari mesin turbo nya starlet, sebabnya spare parts udah pasti jelas tersedia di toko onderdil toyota manapun.

Dari sisi konsumsi bensin juga udah jelas mesin VVTi ini lebih bertenaga sekaligus efisien, meski tarikannya gak se bringas mesin turbo nya starlet.

Cuma cari mesinnya kali yang susah, krn mesin ini kan mesin tergolong baru, belon ada rongsokannya.

Tutup triplek di bagasi starlet

Tanya :
starleters, mau tny, bagian bagasi starlet, ada papan/triplek yg untuk nutupin ban serep ga ya?
soalnya gw punya kok cuma berupa berudu item dilapisi peredam abu2 aja, tanpa triplek/papan...jadi area bagasi belakang gw ga rata karena tonjolan ban serep..
mohon pencerahan...

thanks


Ini foto bagasi starlet turbolook gw, apa triplek ini yang dimaksud?



Kalo bener ini asli punya starlet gw bersukur pemiliknya lama gak buang triplek ini, maklum pemilik lama starlet gw ini seorang mahasiswi yang sangat cantik banged, sampe sekarang aja wanginya masih tercium.....mmmmmm.....hhhh

Ready Stock Bubble Water Injection Rp.350rb. Gratis Ongkir/Pasang