Penghemat Bensin Sekaligus Penambah Tenaga, Bubble Water Injection Khusus Toyota Starlet, Bebas Perawatan Tidak Perlu Menambah Air.

Gearbox Starlet 1.3 SEG Type C52

Gearbox Manual 5 Speed Starlet2E
Gearbox toyota starlet memiliki type yang sama dengan yang digunakan oleh toyota corolla 1.3 SE limited.
Gearbox starlet ini jarang sekali mengalami masalah, karena kualitas buatan toyota tercermin dari bobotnya yang lebih berat dibanding gearbox mobil lain. Jarang sekali ada keluhan gearbox starlet ini, yang terpenting ganti oli secara periodik untuk gearbox adalah setiap 20 rb kilometer atau setahun sekali.



Buat starlet yang masih menggunakan mesin 1E bisa juga menggunakan gearbox type ini, hasilnya bensin lebih irit dan top speed lebih baik.

Tuning Starlet Kotak Facelift '89 1.3 SE

Ganti Platina dan Kondensator
Toyota Starlet Kotak milik salah seorang anggota kaskus yang menyempatkan datang ke bengkel starno, dilakukan tuning ringan penggantian platina dan derajat pengapian.


Penambahan "Aditif Formula Khusus" menambah akselerasi dan top speed.


Sudah dilakukan pemeriksaan kondisi mesin dari kebocoran ring piston atau sil klep. Setelah dilakukan tuning hasilnya tarikan lebih kuat dan top speed bertambah.

Setel Derajat Pengapian Starlet

5 Derajat BTDC untuk Starlet2E
Apakah bro merasakan akselerasi starlet loyo?
Tahukah bro sesungguhnya akselerasi starlet2E termasuk kuat dikelasnya, 0-100kpj bisa tuntas dalam waktu 11,7 detik, setara dengan sedan-sedan keluaran terbaru dengan mesin yang lebih modern dan canggih. Rahasianya hanya terletak pada penyetelan derajat pengapian.

Penyetelan derajat pengapian hal yang sangat penting buat mesin. Derajat pengapian yang tidak pas biasanya menyebabkan tenaga mesin loyo, atau malah sering gelitik bahkan konsumsi bahan bakar boros.
Starlet2E memiliki standar penyetelan derajat pengapian 5 Derajat BTDC. Artinya pada saat piston menuju puncaknya busi akan memercikan apinya 5 derajat sebelum benar-benar pada posisi top.

Derajat pengapian sangat erat berhubungan dengan kompresi mesin dan real octane number (RON) bahan bakar bensin. Oleh sebab itu derajat pengapian pada setiap tipe mesin mobil berbeda-beda. Mesin modern sudah tidak lagi memerlukan penyetelan derajat pengapian, semua diatur oleh komputer mobil yang diolah berdasarkan input sensor-sensor mesin.

Gunakan timing light/strobo light untuk menyetel derajat pengapian lebih akurat.





Apakah ada cara menyetel derajat pengapian manual tanpa alat?

Ya jelas ada bahkan tanpa membongkar sama sekali, tapi ilmu ini tidak pernah diajarkan buku manual kendaraan. Buat seorang montir yang berpengalaman dia akan bisa menyetel derajat pengapian hanya dengan mendengarkan suara mesin, dan terkadang feeling montir lebih tepat dibandingkan alat.

Mesin yang sudah memiliki jam terbang tinggi, terkadang penyetelan derajat pengapian sudah tidak bisa mengikuti prosedur standard pabrik menggunakan timing light 5 derajat, dikarenakan ruang bakar sudah dipenuhi kerak karbon yang menumpuk yang akibatkan kompresi mesin cenderung menjadi lebih tinggi. Logikanya semakin tinggi kompresi mesin pasti butuh bahan bakar yang nilai RON juga lebih tinggi. Bila kondisi ini yang terjadi saat temperatur normal mesin cenderung gelitik, solusi sementara adalah dengan cara memundurkan waktu pengapian, tapi cara ini akan menyebabkan tenaga mesin menjadi loyo.

Timing Belt Toyota Starlet

Kapan sebaiknya diganti? lalai berarti maut buat diri anda dan juga mesin starlet..!

Menurut buku manual timing belt biasanya diganti setiap 50 rb. kilometer. Akan tetapi dikarenakan situasi jalanan yang sering terkena macet dimana mesin selalu bekerja walau mobil dalam keadaan diam sehingga umur pakai timing belt juga mengalami penyusutan.

Bila mobil anda sering melewati jalan macet saran terbaik dari beberapa sumber dan pengalaman sendiri waktu yang baik mengganti timing belt adalah setiap 30-40 rb. kilometer, tidak perduli apakah kondisi timing belt saat itu masih bagus atau sudah retak2. Kelalaian mengganti timing belt berakibat fatal, klep mesin akan beradu dengan piston dengan kecepatan yang sangat tinggi, bisa dibayangkan jeroan mesin akan hancur dan juga bayangkan saat anda sedang mengendarai mobil di tol dengan kecepatan tinggi mesin langsung macet kemampuan mengemudi anda tiba-tiba terganggu mendadak yang bisa timbulkan kecelakaan fatal, dan biaya turun mesin dan nyawa anda sudah tidak sebanding lagi dengan harga sebuah timing belt yang cuma seharga 275 rb.

Sebaiknya bila sudah mengganti 2 kali timing belt ganti juga roller tensioner, untuk menjaga kinerja timing belt sesuai dengan tugasnya.

Setelan tensioner ke-tegang-an timing belt. Penyetelan tidak boleh terlalu keras/tegang dan juga tidak boleh terlalu kendur.



Kalo salah atur tensioner bisa buat slip timing belt, kalo setelan tensioner terlalu keras bikin kasar suara mesin juga membuat karet timing belt cepat haus.

Kalo salah gerigi timing belt, ini yang parah mesin mobil gak bakal bisa di starter, dan yang lebih buruk lagi piston beradu sama klep...

Regulator Motor Wiper Belakang Starlet

Rusak Bikin Masalah


Starlet kapsul yang sudah dilengkapi dengan wiper kaca belakang, seringkali mengalami masalah. Penyebab masalah yang sering terjadi karena kondisi yang sudah berkarat atau motor wiper yang macet.

Bila ini dibiarkan terus, maka rangkaian elektronik yang mengatur kerja wiper belakang juga akan ikut mengalami kerusakan, biasanya rangkaian elektroniknya terbakar.

Untuk memperbaikinya cukup ganti regulator motor wiper belakang ini bila kondisi motor wiper masih baik.

Harganya relatif murah berkisar 75rb rupiah saja.

Keistimewaan Bagasi Starlet

Siapa bilang bagasi starlet sempit, dan tidak bisa dibuat rata.



Dengan sedikit usaha, bisa menyulap bagasi starlet kapsul yang kecil menjadi sangat besar dengan lantai bagasi rata dan menyenangkan untuk membawa barang-barang.

Seperti dalam foto, starlet mengangkut tumpukan majalah dan koran dengan berat hampir 200kg hingga penuh sesak.

Kini bawa barang-barang bawaan bukah hal yang sulit lagi buat starlet kapsul. :)