Penghemat Bensin Sekaligus Penambah Tenaga, Bubble Water Injection Khusus Toyota Starlet, Bebas Perawatan Tidak Perlu Menambah Air.

Apa akibatnya bila thermostat di copot ?

Sharing:
Tadi siang, saya kejebak macet di Pejagalan, Kota. 500 meter 1 jam sajah! Hiks, benar-benar buang2 bensin

Yang aneh, pas di tengah2 macet itu, kok suhu mesin drop jadi tinggal 1/4 dari yang biasa kurang lebih 1/2 garis? Respon mesin dll sih kayanya nggak ada masalah, tapi AC-nya jadi nggak dingin (padahal panas banget!)

Ada masalah atau itu normal-normal aja ya?



Komentar:
Bagus dong bro, ditengah kemacetan mesin malah jadi semakin dingin bukan semakin panas, biasanya mobil lain tambah macet dan pake ac malah tambah panas.

Biasanya ini terjadi bila thermostatnya dilepas, inilah salah satu keuntungan melepas thermostat.

Memang banyak pro dan kontra soal melepas thermostat. Kebanyakan merekomendasikan untuk tidak melepas thermostat. Dan saya juga tidak merekomendasikan anda untuk melepas thermostat terutama mobil yang telah menggunakan sistem injeksi.

Kalo saya jujur bilang, thermostat tidak berguna untuk situasi seperti kota jakarta yang lebih banyak macet daripada lancarnya.

Thermostat bekerja mekanis berdasarkan temperatur mesin yang sudah di set oleh pabriknya, karena menggunakan gerakan mekanis maka sewaktu-waktu thermostat ini akan mengalami kerusakan, dan bila kerusakan thermostat berada pada posisi terbuka maka tidak menjadi masalah, dan sebaliknya bila kerusakan thermostat berada dalam posisi menutup inilah yang akan menjadi masalah, karena mesin akan seketika overheat, dan hasilnya konstruksi mesin memuai tidak rata dan menyebabkan silinder head melengkung, dan akhirnya kompresi bocor, air masuk ke dalam saluran oli, dan akhirnya mesin jebol.

Bagi anda yang tetap mempertahankan menggunakan thermostat tidak ada salahnya mengganti alat ini secara periodik biasanya antara 2-3 tahun.

Lebih baik anda beli thermostat baru dari pada mesin anda jebol karena thermostat rusak, atau copot saja thermostatnya.

Berdasarkan pengalaman khusus starlet2e tidak ada dampak buruk akibat melepas thermostat.

Pilihan tetap terpulang pada anda.

Selang Buntu

Mobil yang dipasarkan indonesia kebanyakan tidak dilengkapi HEATER atau penghangat kabin, ini dikarenakan iklim indonesia tidak membutuhkan penghangat kabin. Oleh sebab itu karena alat ini tidak dipasang maka saluran air radiator yang menuju kabin ditutup, dan alat yang menutup saluran ini sering disebut 'selang buntu'

Tanya:
Bbrp wktu lalu gw kena masalah over heating di jln, tdnya gw gk tau pnyebabnya apa.. tp wktu itu gw buka kap mesin gw liat ad air yg bocor yg keluar dr selang yg belakangan gw baru tau itu selang buntu nama pasarannya, letaknya kira di bawah pompa bensin. SElang buntu itu pecah mngkin krn gk kuat nahan dorongan air dr pompa air dan juga menahan panas...

Akibatnya air dr radiator keluar shg terkuras... ini yang nyebabin over heating (utg gk nyampe redline krn gw lsg tau ad yg gk beres)

Gw wkt itu ngisi air pe beberapa kali tetep aj bocor lagi, n kbtulan deket auto 2000 di asia afrika bandung, lsg masuk. Biasalah prosedurnya hrs observasi dll... akhirnya ksmpulan mereka kipasnya hrs ganti.. dll habis deh 600 rb-an dgn ongkos kerja, emang sih ngaruh krn selang buntunya juga diganti shg aliran air radiator normal lg...

Tapi ap yg trjadi bbrp bulan kmudian gw kna pnyakit yg sama... utg deket rumah trus gw lsg k mntir langganan, tau gak itu ternyata cuma lubang itu ditutup pake kayu n slang buntunya diganti dgn hrg 10.000 perak men!!....

Belakangan gw br tau trnyata saluran tersebut klo di negara lain berfungsi utk pemanas klo lagi musim dingin.. n di indonesia gk cocok...

So buat other friend... mdh2n gk prnah mnglami hal yg sama, krn itu sgt sepele tp bs brakibat fatal...

Utk bro2 yg ada disini trutama bro starno or Fred, bisa gak jelasin ttg ini.. n apakah langkah mntir gw tadi bisa dianggap bener ato ada cr lain yg lebih jitu?.... thanks



Jawab:
Seringkali selang buntu ini karena usia yang sudah sangat lama bisa pecah atau retak yang jelas akan sebabkan mesin menjadi overheat dalam seketika. Periksalah selalu kondisi selang buntu ini untuk menghindari kerusakan mesin akibat overheat.
Bila sudah retak segeralah ganti baru, harga selang buntu ini relatif murah hanya 10rb.

Kopel As Roda dan Karet Bot

Kopel as roda punya banyak istilah buat montir2 tertentu.
Saya menyebutnya Kopel As Roda dan karet bot adalah komponen yang paling penting buat mobil yang ber-penggerak roda depan. Boleh dibilang ini adalah komponen kunci untuk mobil bisa berjalan. Kesalahan perawatan dan kurangnya perhatian terhadap as kopel roda ini meng-akibatkan komponen ini jebol, parts penggantinya terbilang sangat mahal sekali, karena satu set as roda berharga 2jt lebih hingga bila beli 2set untuk kanan dan kiri mencapai 4jt.

Penyebab rusaknya kopel as roda hanya karena masalah sepele karena karet bot pecah yang menyebabkan gemuk didalamnya menjadi kering karena bocor keluar. Penyebab lain adalah karena pernah menerjang banjir setinggi setengah ban.
Kelakuan pengemudi yang ugal-ugalan dan pemakaian kasar juga akan memperpendek umur as kopel.

Ciri-Ciri as kopel rusak ditandai dengan bunyi besi beradu saat jalan pelan atau jalan keriting, terutama saat roda agak patah membeloknya, dan yang lebih kentara saat kemudi mentok kanan atau kiri dan mundur, suara makin lebih parah lagi karena as kopel gagal memutar ban, suaranya sangat keras sekali suaranya seperti ban dipalu.

Penggantian karet bot hendaknya ganti satu set, dan harganya tidak terlalu mahal, harga satu buah karet bot orisinal sekitar 130rb, dan harga yang buatan lokal cuma 30rb.

Boleh saja menggunakan part murah tapi yang terpenting harus lebih sering kontrol apa ada keretakan atau kebocoran, biasanya umur karet buatan lokal ini paling lama setahun beda dengan yang orisinal bisa mencapai 5 thn.


Tanya:
Skrg gw mo share lg.... bbrp wktu yg lalu gw jg br kena masalah di starlet gw, gejalanya tdnya trdengar bunyi kretek kretek trutama klo pas lgi jalan... yang kerasanya klo di dalam kabin kayak persis di tengah2 deket engine mounting yg tengah.

Gw fikir kaki2nya yg kena krn memang dah gk karuan rasanya trutama klo dijln yg gk rata kayak tol cipularang n klo ada poldur. Gejala awalnya itu begitu kerasa stlah gw pergi ke arah sukabumi... jalannya itu boo... minta ampun kayak jalan kampung (ad yg trakhir prnah kesana? pasti tau) pdhl dia jln propinsi loh...

Mngkin krn akibat beban brlebih n jalan ad yg rusak mk sparepart gw yg trkait dgn gerakan roda jadi bermasalah..

Gw mnta tolong montir utk cek, stlah di bongkar trnyata diketahui salah satunya long tie rod kiri dah kena.. tp stlah diganti n dipasang baru... eh bunyi itu gk lama ad lg n trnyata mkin parah stlah gw bw bdg jkt pp.. Bgtu dibongkar lg trnyata yg juga kena adl klo montir bilang itu kohlnya.. kohl bagian dalam yg nempel dgn transmisi (bukan yg ke roda).. akhirnya diganti dan trnyata lumayan mahal bo.. ktanya yg ori bisa 2 juta-an krn satu set kohl dlm n luar tp hy satu sisi, so klo yg kiri n kanan kena juga brarti hrgnya 4 jt-an, smntara klo kita ganti kohl dlm hy bisa yang KW. yang KW-1 jepang hrgnya 600 rb 1 bji n KW-2 300 rb/biji merk nya MK ktnya produk taiwan, so klo sepasang tinggal kali 2..

Setelah diganti bunyi itu ilang.. tp yg trjd kemudian hiks hiks SA gw jd lebih kerasa banget gradak-gruduknya... mknya gw mo check kaki2 utk itu, ad yg tau gk ya kenpa bisa kena kohl spt itu, ap krn kaki2 gw yg dah gk karuan ato gimana...?

Jawab:
Kohl untuk pemakaian normal dan terawat tidak pernah rusak umurnya bisa puluhan tahun. Kohl itu rusak karena karet bot pecah/retak, jadi cairan gemuk yang ada didalamnya keluar, karena jarang di monitoring hingga akhirnya gemuk menjadi kering akhirnya kohl jebol, dan part kayak begini bukan barang murah.

Tips n Trik, karet bot harus sering di kontrol, lihat velg bagian dalam dan dekat transmisi, apakah ada cipratan gemuk, bila ada artinya karet bot retak, dan harus segera diganti sebelum kering gemuknya. Penggantian bot harus satu set kiri dan kanan.

Begitu juga penggantian part suspensi lagin, long tierod harus ganti kanan dan kiri, tie rod, ball join, dan karet spot atas.

kalo hanya ganti sebagian bunyi itu kadang hilang dan muncul lagi karena komponen lainnya juga mulai rusak.

Walau terkesan mahal ganti semuanya, tapi bro irit dalam hal ongkos penggantian parts, dengan sekali ongkos kerja semua tuntas diganti.

Mau irit jadi boros, itu yang sering terjadi sama orang kita, ganti parts nyicil, artinya ongkosnya juga nyicil begitu di total, lebih mahal jatuhnya.

Spare Parts toyota starlet termasuk yang paling murah dibanding mobil merek lainnya.

Engine Mounting

Ganti Engine Mounting



Getaran mesin terasa sangat keras masuk kedalam kabin terutama saat mesin langsam, ciri khasnya kemudi sangat bergetar.

Saatnya ganti engine mounting. Sebaiknya gunakan parts orisinal, karena part non-orisinal seperti produk RBI tidak maksimal redam getaran mesin.


Sangat mudah untuk mengganti engine mounting sendiri, tidak perlu keahlian khusus, cukup modal satu dongkrak saja.

Idle Up Power Steering

Setel putaran mesin saat powersteering bekerja


Banyak pemilik starlet tidak tau fungsi perangkat ini. Alat ini berfungsi menaikan RPM mesin saat perangkat power steering bekerja, saat kemudi di belokan kekiri atau kanan, alat ini akan bekerja menambah putaran mesin. Penyetelan putaran bisa dilakukan sesuai keinginan.

Banyak kasus saat sesudah overhaul karburator, salah memasang selang karena terbalik, akibatnya mesin gak mau langsam, dan dituding alat ini rusak lantas dilepas saja sama montirnya.

Auto Choke

Cuk Otomatis


Buat starlet keluaran 94 keatas, sudah menggunakan cuk otomatis. Perangkat ini akan memanjakan pemilik starlet saat starter dipagi hari tanpa repot2 menarik kabel cuk. Tapi sayangnya perangkat ini sering mengalami kerusakan karena perlakukan kasar saat overhaul. Bila alat ini rusak dipastikan mesin sulit start atau mesin tidak mau langsam parahnya lagi akan sangat sulit mencari part ini dimanapun, karena harus beli satu set dengan karburatornya. Hati-hati dengan perangkat ini bila membongkar karburator sendiri.

Karet spot depan dan belakang

Sumber Penyebab Bunyi



Toyota starlet yang sudah berumur lebih dari 10 tahun, pasti akan mengalami kehausan dibagian kaki-kaki, salah satunya adalah karet spot.

Karet Spot depan buatan RBI ternyata lebih bagus ketimbang yang orisinal, sebab bearing sudah memiliki grease seal, jadi gak perlu ditambah gemuk lagi.

Jangan lupa juga ganti karet spot/damper dudukan SA belakang, sering bunyi gluduk2 dibelakang saat jalan kriting, disebabkan karet sudah haus atau pecah, ganti dengan yang baru, dan parts buatan RBI cukup baik untuk dipilih.

Cross Joint Wheel Steering

Sering Diabaikan


Cross joint wheel steering ini sering dilupakan perawatannya oleh pemilik starlet. Bila semua kaki2 sudah diganti baru, masih bunyi juga, kemungkinan besar inilah sumbernya.
Cara memeriksanya saat mobil keadaan berhenti putar kemudi kanan dan kiri secara cepat, bila timbul bunyi tek..tek..tek..itu artinya cross joint minta diganti.

Spoiler Starlet GT Turbo

Aksesoris Starlet GT Turbo


Spoiler starlet GT Turbo seperti gambar diatas bila memesan lewat internet harganya lebih dari 3 jt, parts ini masih asli buatan toyota jepang.

Gw pernah nawar parts asli seperti ini di DTMF fatmawati, penjualnya minta harga 2,5 jt. kondisi mulus warna silver.

Untuk banderol buatan lokalnya biasanya jauh lebih murah, berkisar 500 - 800 rb, itupun ada dua macam, LED dan Non-LED.

Starlet Kapsul '90 pake CDI

Ganti CDI Starlet

Perhatikan filter udara karburator, pemiliknya sudah mengganti yang model terbuka, kerugian mengganti filter model gini, filter gampang terkena air,cuk otomatis tidak bisa bekerja, dan yang paling parah selang pernafasan ke dalam jeroan mesin dibikin buntu dengan cara menyumpal selang masuk pernafasan dengan baut 12, jadi tidak ada lagi sistem pernafasan mesin, efeknya mesin jadi lebih panas, tarikan mesin loyo, boros, mesin sulit rata saat langsam. Harusnya pemilik menambahkan filter kecil khusus untuk selang pernafasan mesin ini.

Sistem pengapian CDI lebih awet dan mumpuni dibanding pengapian menggunakan platina. Buat pemilik starlet yang masih menggunakan platina, bisa ganti dengan CDI tanpa sedikitpun merubah mesin, cabut delco yang lama dan pasang delco CDI langsung.
Harga delco seken dipasaran junkyar seperti pondok cabe harganya 900rb. harga yang masuk akal, karena delco barunya berharga 2,3jt. di pasar kemayoran, dan 2,5jt di DTMF fatmawati.

Upgrade ke delco CDI akan membuat performa mesin bertambah dan sudah pasti bebas perawatan. Starlet kotak juga bisa aplikasikan CDI.

Modifikasi Konsol Ligther ala Starlet GT

Konsol ala Starlet GT


Bagi anda penggemar audio terutama yang memiliki televisi mobil atau menggunakan head unit type double din, pemasangan unit itu akan mengorbankan konsol asbak dan lighter.

Tidak ada tempat lagi untuk asbak dan lighter.

Gambar diatas bisa dijadikan solusi buat anda, meletakan konsol dalam konsol ala starlet GT spt terlihat pada gambar diatas.

Bisa dikerjakan sendirit tanpa mengeluarkan biaya.

CDI Starlet

CDI starlet memiliki koil yang integrated



Konstruksi CDI Starlet yang menganut sistem koil ter-integrasi menyulitkan untuk memodifikasi pengapian yang menggunakan koil luar.

Perhatikan tutup distributor tidak memiliki keluaran kabel ke koil.

Akan tetapi koil ini sudah cukup baik kinerjanya untuk modifikasi mesin standard, walau begitu koil yang menyatu dengan distributor rentan terkena panas.

Powers Steering Starlet2e

Tanya:
Bro Starno, tolong pencerahan soal PS dong.
Gw lagi mikir2 mo pasang power steering ORI karena starkap gw masih MS.... Gw liat dibeberapa post sebelum nya ada dibahas soal Pro & Cons, gw mo pastiin aja.

Apakah konstruksi dan spesifikasi Starkap'94 yang belon PS itu bisa dipasang PS ? Artinya tinggal pasang atau harus ada dudukan atau apalah yang dirubah atau diakalin. Soalnya gw ngga demen kalo udah main akal2an takut kenapa2.
Kalo memang tinggal pasang aja mungkin gw mo pertimbangkan untuk pasang bro.

Mohon pencerahannya.


Jawab:

Penambahan power steering di starlet jelas banyak untungnya dong. terutama kalo lagi parkir benar2 sangat terbantu sekali. Gak ada perbedaan konsumsi bahan bakar yang signifikan antara yang non PS dan PS.

Ya starlet non-ps bisa kok pasang PS. Semuanya tinggal pasang, unit yang dipasang adalah, pompa power steering dan braket ke mesin beserta selang dan reservoir ps, rack&pinion type power steering.

Gak perlu ada modifikasi sama sekali, hanya saja unit rack&steer yang lama harus diganti dengan yang type power steering.

Ongkos antara -jt pastikan yang ada garansinya dan barang yang orisinil starlet punya.

yang jelas dijamin gak ada yang diakal2 in untuk dudukan dan segala macam-nya.

Overhaul starlet 2E

Overhaul sebaiknya dilakukan setelah menempuh jarak 100rb. kilometer.

Overhaul saya lakukan sendiri karena mudah sekali, anda juga pasti bisa, lebih murah dan lebih rapih.

Tujuan Overhaul :

- Membersihkan ruang bakar dari deposit karbon yang menumpuk.
- Mengatur ulang dudukan klep agar tidak ada kebocoran dengan cara 'skir klep'
- Mengganti Sil Klep, komponen ini yang sering lebih cepat aus karena panas.
- Mengembalikan performa mesin seperti baru kembali.
- Membuat mesin bersih, tenaga besar, irit dan awet muda, karena pembakaran lebih sempurna.

Perbedaan Mesin Starko dan Starkap

Mesin starkot sama dengan starkap hingga keluaran tahun '92



Unit CDI starkap bisa langsung dipasang pada starkot.
Buat starkot yang masih menggunakan platina lebih baik ditambahkan ignitor agar platina lebih awet dan pembakaran lebih besar.

Knalpot dan Shockabsorber (SA) Standard

Standard lebih baik dan kencang


Bagus untuk kenyamanan :
Untuk starlet2e, konfigurasi standard 4-2-1 sudah sangat baik untuk tarikan pendek dan panjang,konsumsei bahan bakar juga irit, kalo diganti konfigurasinya akibatnya tarikan bawah kurang gigit hanya bagus untuk tarikan panjang.

Buat bro yang knalpotnya belum pernah ganti, lebih baik jangan ganti sebab knalpot asli starlet daya tahan terhadap karat lebih bagus karena bahan yang digunakan berkualitas tinggi, knalpot asli standard starlet bisa berumur 15 thn lebih karena gak gampang kropos kena karat.

Untuk shockbreaker juga lebih baik pake yang standard. Sebab penggantian SA yang gak standard bikin bantingan starlet keras, walau hanya melewati gundukan yang kecil.

Kecuali kalo starlet bro pake velg 17, lebih baik ganti shock yang agak keras untuk mencegah ban selalu mentok ke spatbor.

Ukuran Ban Starlet Standard

Berapa ukuran ban standard ideal buat starlet


Yup betul gw udah pernah pake velg 15 inch standard miliknya Toyota Yaris ukuran ban pake 60 (seharusnya pake ukuran ban 195/50-R15), hasilnya, ban sering mentok ke fender saat lintasi gajlukan agak besar atau lubang agak besar, sayang ah ngerusak bodi, kayaknya yang pas untuk starlet maksimal pake velg 14 inch, mau hajar lubang dan gajlukan kayak apapun masih jauh dari mentok....CMIWW



Lain lagi kalo keperluan untuk balap atau gaya, boleh deh pake 17 aja, tapi asal fendernya juga di gembungin, kalo gak dijamin mentok.

Untuk R13 starlet paling bagus ukuran 165-70-13 atau 175-70-13(susah cari ukuran ini)

Untuk R14 starlet paling bagus ukuran 175-65-14

Saran gw untuk bro mendingan pake velg 13 baja kaleng asli starlet, kecepatan dan performance lebih bagus dan kaki lebih awet.

Konsumsi Bensin Starlet

Originally Posted by tazz41 View Post
laporan ahh..

1 bln lalu ade gw br beli starlet 1.3 SE.G 1994..
kmrn gw bawa ke bengkel..

bengkel resmi toyota jl. ahmad yani bandung

abis 1.516.500 rupiah,,
rincian:
-ganti tutup radiator
-e.t.u
-ganti kampas rem depan
-ganti oli shell helix super
-ganti oil filter, filter bensin
-carbon clean
-dan general check-up..

wanjret..
mahal jg ya..

gw bandingin sm servis mobil gw,,lancer glxi 1600cc 2000 sama2 di bengkel resmi..

biayanya sumpah,,sama!!

masalahnya gw ngerasa jd ga worth it aja gt,,

konsumsi bbm nya mala bikin heran,,
dalkot cm dapet 1:8.8

jah,,lancer gw dapet 1:12

dengan 1300cc nya gw expect si starlet ini bisa dapet >10..untuk konsumsi bbm nya..

gmn para juragan starlet disini..
ada daily tips bwt ade gw..

tujuannya cm 1,,efisiensi dan penghematan..
[masalahnya, beli starletnya aja harganya dah jauh di atas kompetitor lainnya yg sekelas,,charade winner, suzuki amenity, dll]

Toyota Starlet 1.3 SE 1990

Image

Semua yang kita lakukan harus memiliki visi dan misi. Sebuah garis batas maya yang akan membimbing dan memfokuskan langkah kita. Agar tidak menjelajahi wilayah yang tidak terkait dan mengefisienkan waktu. Tapi tentu saja, untuk mendapatkannya membutuhkan pemikiran dan konsistensi dari diri sendiri



Image

Sama halnya kala membangun atau memodifikasi sebuah kendaraan. Visi dan misi jelas dibutuhkan. Tanpanya, mobil yang dihasilkan akan kehilangan jiwa atau bahkan tak sedap dipandang mata. Dan tentu tidak akan memberikan kenyamanan berkendaraan.

Pentingnya visi memodifikasi kendaraan disadari benar oleh Cokorda Ray Arlingabawa. Lajang yang akrab dipanggil Coki ini pantang membangun mobil tanpa satu konsep jelas. Dan kala hal ini dipadu dengan keahlian yang didapat di bangku kuliah, kesempurnaan pun direngkuhnya. "Ilmu, yang didapat saat kuliah dijurusan arsitektur memang membantu, tapi tidak banyak kok.” ujarnya merendah.

Image Image

Tujuan utama Coki, punya mobil bertransmisi otomatik yang bertenaga. Selain itu kendaraan tersebut wajib nyaman dikendarai keliling kota Bandung bersama pacar tersayang. Oleh karena itu mesin, interior dan sistem audio jadi fokus ubahan,” jelas pria yang sedang menyelesaikan kuliah S2-nya ini.

Obyek garapannya cukup menantang. Toyota starlet 1.3 SE lansiran 1990. “Bentuknya bagus, didominasi garis tubuh yang membulat.” Alasan ini dipadu dengan “jeroan” yang dimiliki sedang berkelir biru ini. Pemilik sebelumnya memasang mesin 4EFTE milik saudara dekatnya, Starlet GT Turbo. “Selain itu mobil menggunakan transmisi otomatik.”, imbuh kelahiran Surabaya ini

Sampai digarasi rumahnya, dapur pacu 1.331 cc hanya mendapat sentuhan ringan. Mengatasi kebocoran-kebocoran, membuat permukaan menjadi mengkilap lagi dan istalasi blow-off valve Gredy menjadi pilihannya. “Kalau untuk sekedar jalan-jalan tenaganya sudah mumpuni jadi tidak perlu spec-up.” Imbuh anak ketiga dari empat bersaudara ini.  

Setelah itu giliran sisi kenyamanan berkendaraan yang ditingkatkan kualitasnya. Layaknya para penikmat carsmetic lainnya, balutan jok kulit jadi pilihan utama. Sedang door trim dan dashboard dilabur cat yang senada dengan tempat duduk. “Kabin terlihat kontras dengan bodi luar dan nyaman.” Ujar alumni universitas Parahyangan, Bandung.

ImageImage

Sedang bagian eksterior juga mendapatkan sentuhan minim. Cukup bumper depan, belakang dan side skirt Starlet GT Turbo. Lalu velg standar dipensiunkan diganti dengan Racing Hart M7000 berdiameter 18 inci. Desain garis di velg berpadu manis dengan kontur bulat bodi.” Tutupnya.

Sumber: kliping Radius Mobile Works






Blower Resistor Starlet Kapsul

Tanya:
hi straleter ....gw mo gabung nih.....lama tau tapi cuma mantau doang...kayaknya dosa besar kali cuma mantau doang ....hehehhe

gw lage ada problem .... switch blower gw rusak kali yah..kalo diangka1 gak keluar anginnya cuma mesin aja rpmnya tambah tinggi kalo di angka2 ama 3 normal.....

thank bro


Jawab:
Sudah jadi penyakit bawaan pengatur kecepatan blower, kasus ini disebabkan rusaknya/putusnya blower resistor.
Posisi resistor pengatur kecepatan blower ada dibalik laci depan ( untuk starlet kapsul ) untuk starko harusnya juga sama saja letaknya.

Laci harus dibongkar, bukan cuma dibuka yah, gampang kok bongkar lacinya hanya melepas engsel yang terbuat dari plastik 2 buah.

begitu terbuka perhatikan ada bentuk kotak besar hitan boks yang terbuat dari plastik (ini namanya rumah EVAPORATOR), disitu ada soket juga (soket empat kabel), nah dibalik soket itu, untu mengeluarkan/memeriksanya silahkan buka soket itu dan buka dengan obeng plus, dengan hati2



begitu terbuka akan terlihat ada sekumpulan kawat yang berbentuk spul sederhana kalo untuk starlet spul itu sudah di 'COATING' dengan keramik, kalo rusak akan terlihat jelas kok (untuk yang model coating gak bisa terlihat), atau biar afdol bisa di cek dengan multimeter. Untuk starlet kapsul bila rusak harus beli modulnya atau bisa diakalin dengan cara memecah 'COATING' nya dan ganti dengan spul mobil lain.

Selamat mencoba.... yah...

Pasaran starlet masih tinggi

Pasaran starlet bekas tergolong tinggi, ini disebabkan memang kehandalan mesin dan spare part mobil ini udah gak perlu di tanya lagi, badak bro, partnya sampe sekarang masih berlimpah, bro mo tanya dimana aja part starlet pasti jual.

Ya itulah keunggulan mobil ini, dari segi modeh juga masih belon ketinggalan jaman, masih kelihatan modis dan keren apalagi kalo udah dipasang aksesoris GT, dijamin penampilan gak kalah ama mobil baru.

Kualitas interior juga sangat baik, gak ada banyak keluhan. Keluhan yang sering muncul biasanya di kaki2, kebanyakan rusak di ball joint atau tie rod, biasanya juga menjalar ke sokbreker dan dudukannya. Tapi inipun juga disebabkan perlakuan pemiliknya sendiri, yang suka ganti ban standar dengan ban yang kelewat besar dan tebal, jadi beban melampaui ketahanan standar. Makanya kalo mau awet jangan pernah ganti pelek standar dengan pelek yang cuma keren di penampilan aja. Kalaupun mau ganti pelek disarankan gunakan pelek standard keluaran toyota terbaru misalnya pelek milik toyota yaris, vios, altis..... karena offsetnya gak terlalu jauh beda ama velg standard starlet.

Ngomongin soal mesin, mesin standar 2E ini gak pernah rewel sama sekali, yang pentin rajin cek oli mesin jangan sampe dibawah normal.

Pada mobil starlet tahun 95 keatas, sistim pengapian sudah menganut CDI dengan koil menyatu di distributor jadi gak bisa lagi main ganti koil spt starlet yang lama. Tapi disinilah letak kehandalan starlet yang sudah pake CDI. Starlet yang sudah pakai CDI memiliki performa yang lebih baik dibanding yang pake platina. Sistem pernafasan karburator juga sudah disempurnakan dibanding starlet yang platina.

Gak heran starlet 95 keatas memiliki performa yang baik, dari segi akselerasi maupun kemampuan mencapai kecepatan tinggi. Tapi gak usah minder starlet platina masih bisa mengadopsi pengapian CDI tanpa merubah sedikitpun spesifikasi mesin.

Kelemahan spesifik starlet ini terletak pada sil klep yang kerap sering bocor, kalo dibiarkan terus akan merembet kepada piston, yang ujung2nya akan menyebabkan mesin rusak. Pastikan tidak ada kebocoran di daerah itu.

Penyakit yang lainnya adalah mesin mudah sekali menggelitik, ini susah diakali, bisa saja dibikin tidak menggelitik tapi tenaga mesin jadi sangat loyo. Jadi serba salah deh. Dan satu lagi penyakit bawaan starlet 94 keatas yang sudah ada power steering, seringkali sil nya bocor, padahal baru aja ganti gak tau kenapa ini. Harga silnya memang bisa dibeli secara terpisah sekitar 120 rb, tapi ini pun bukan yang asli.

Kalo soal performa jangan tanya deh, kalo kondisi mesin sehat dan kaki2 bagus untuk melawan honda jazz aja di jalan tol masih bisa. Gw sendiri pernah coba top speed starlet standar '96 turbo look 170 kpj pada 6000 RPM lebih dikit, asal ac dimatikan yah.

Kalo masih kurang kenceng ganti aja mesinnya ama 4EFTE, dijamin tembus diatas 220kpj.

Tapi sebelum ganti pikirin dulu, mobil mo dipake buat apa? kalo buat harian BOROSS BOSS pake mesin turbo. Mesin standar 2E sangat irit sekali kalo pemakaian dalam kota bisa 1:12 luar kota 1:18 dan ini bener2 sudah pernah gw ukur bro.

I love my starlet....

Selamat datang di blog pemilik khusus starlet

Terbukti kan punya starlet gak nyusahin, plus gak malu-maluin, mangkanya harga pasarannya juga masih tetap aja susah turunnya.

BTW starlet 98 beli taon 2004 sih emang segitu lah malah itu lebih murah, pasti dapetnya mulus banget yah? kalo sekarang pasaran starlet 97 mulus 65-70jt.

Betul tuh kalo soal velg ambil aja punyanya Yaris atau Vios pasti udah klop gak perlu diapa-apain lagi, yang keren sih emang yang punya yaris soalnya udah pake velg 15 trus pake ban yang rada tipis deh, wah keren banget tuh, bawaannya bikin orang ngelirik terus.

kalo starlet bro 1:9 itu artinya mesin starlet bro masih perawan alias masih efisien, emang standard starlet sehat konsumsi dalkot segitu. kalo luar kota sih bisa 1:14 an, bawanya juga jangan bejek gas terus.

Gw udah coba berbagai mobil sedan, kayaknya starlet ini memang beda banget padahal tergolong mobil tua, tapi gak tau kenapa aura starlet gak pernah tua sih...

ya udah met gabung aja deh...share aja disini.

Berapa setelan klep starlet 2E

Soal klep stelan 20-20 udah top banget jangan dirubah rubah malah gak ada tenaga. kalo lewat dari itu mesin berisik kayak diesel, atau kalo kerapetan gak ada tenaga.

Untuk timing, cari aja pertengan yang gelitik ama yang gak gelitik, caranya gampang, cari posisi yang enak banget tapi gelitik dan posisi yang tidak gelitik tandai itu, trus bagi aja di tengah2nya...

Itu solusi untuk mesin enak dibawa dalkot dan luar kota.

Kalo bisa ganti busi spt iridium atau paltinum, walau harga mahal ada pengaruhnya sama pembakaran mesin so pasti lebih bertenaga dan efisien.

Cukup kencang-kah starlet 2E anda?

Kalo bicara mobil baru gak akan ada habisnya, tarolah bro punya grandis, bisa tembus 200kpj, masih adalagi kok mobil yang lebih kenceng dari itu misalnya new camry atau Galant atau Evo. Mobil-mobil tersebut dari lahirnya udah kenceng dan boros bensin, jadi gak bangga dong kalo pake mobil itu bisa diatas 200kpj gak perlu usaha keras kok

Beda dengan starlet, untuk bisa kenceng mesin harus prima, sedikit atau banyak modifikasi, tambah turbo dan nos kalo berhasil bangganya luar biasa sekali.

Dan Yup betul banget, bagi pemilik starlet yang punya mesin 2E gak perlu takut gak perlu ganti mesin 4E-FTE-Turbo, mesin ini cukup kencang kok, gak kalah sama mobil injeksi keluaran baru, yang penting kondisi mesin selalu terpelihara dengan baik. Toh kalaupun diganti juga pasti jarang juga kan dipake ngebut, paling cuma buat pamer aja sama pemilik starlet lain. Penggantian ke mesin 4E-FTE Turbo menurut gw adalah pemborosan, emang bro mo kemana pake mesin super kenceng ini.

Buat mesin starlet 1E jujur aja mesin ini memang kurang bisa unjuk gigi, karena memang kapasitasnya yang kecil torsi dan tenaga pasti kecil juga, apalagi umur mobil sudah lebih dari 10 tahun, harus dibenahi dulu mesin biar fit kembali.

BTW mesin 1E gak usah minder kerena mesin ini gak jelek kok, dan untuk medan tertentu khususnya daerah yang sering macet mesin 1E cenderung lebih irit dibanding 2E, sebetulnya mesin ini bisa dimodifikasi dikit biar lebih bagus cara yang paling gampang dan murah adalah porting polish, dan setting karburator dengan mengganti spuyer yang lebih besar.

Masalah yang sering terjadi di mesin starlet 1E dan 2E adalah penumpukan karbon diruang bakar yang jelas sangat mempengaruhi kemampuan mesin sangat drastis. Malah ada pemilik starlet 1E pada saat tanjakan mesin loyo mo nyalip bajaj aja susah, nah biasanya karena terlalu banyak arang diruang bakar. Solusinya harus overhaul, bersihkan ruang bakar, skir klep, ganti sil klep, perhalus saluran masuk. Dijamin tarikan starlet bakal seger lagi.

Ada lagi kasus lain, mesin starlet susah di ajak ngebut kalo dinyalakan ac nya, tarikan terasa berat padahal mesin sehat. Usut punya usut ternyata dia pernah ganti kompresor ac yang gak kompatibel dengan mesin starlet.

Mesin starlet baru unjuk gigi di atas 4000 RPM, pemakaian kompresor yang gak kompatibel akibatkan tarikan jadi loyo, karena kompresor ac starlet didesain untuk putaran tinggi, ini berkaitan dengan keluhan mengapa ac mobil starlet gak gitu dingin, kerena kompresor ac starlet ini baru kerja efektif diatas 2500 RPM. Coba aja panteng gas di putaran segitu ac dinyalakan pasti dingin.

Dan satu lagi kalo gw perhatikan starlet 95 keatas, dia memiliki cut off kompresor ac pada 4500 RPM, ini untuk memperbaiki akselerasi dan mencegah kompresor cepat jebol. Sebetulnya alat ini udah jadi standar pada mobil sekarang, kijang grand extra 95 keatas sudah menerapkan sistem ini.

Kasus lain lagi adalah starlet yang masih pake platina sering masalah pada rpm tinggi. Biasanya ini disebabkan oleh penyetelan platina yang kurang akurat, gunakan alat untuk menyetel platina sudut dwell dan gap platina harus tepat. Kalo sudah tepat tarikan juga berasa lebih bagus lagi walau tidak sebaik CDI. Dan ini yang sering terjadi dan mengeluh kenapa starlet platina top speed cuma sampe 110 kpj. Cara gampang ganti aja dengan unit CDI, gak mahal kok barunya cuma 1,8 jt dan pemasangan mudah gak perlu modifikasi just plug n play.

=======
bro, pernah coba ga 0-100 kalo ga ditahan di rpm tinggi dulu pas gigi 1 nya? alias, biarkan dari rpm idle, langsung jalan gitu?

=======

Gw agak kurang ngerti dengan pertanyaan itu, apakah maksudnya pada rpm idle trus masuk ke persneling 1 tanpa injak gas mobil bisa jalan? kalo itu pertanyaan nya YA bisa jalan asal lepas koplingnya jangan kasar. Tapi kalo untuk test akselerasi 0-100kpj, gak perlu menahan di RPM terlalu tinggi perbandingan gear 1 terlalu besar hasilnya akan cepat kehabisan nafas nantinya. Kecuali kalo mau start pada gigi 2, harus nahan di torsi maksimum sekitar 4000 RPM, cuma cara ini gak bisa dipake untuk mencapai akselerasi maksimal starlet 2E, sebab gear 2 termasuk tinnggi dibanding 1, jadi mobil serasa ngeden gitu.

Kunci mencapa akselari maksimal adalah memanfaatkan rpm tinggi hingg 7000 RPM untuk gear 1 dan kecepatan memindahkan shift gear ke posisi 2.

Akselerasi starlet 2E dari posisi gear 1 ke gear 2 boleh dibilang sangat bagus dan mulus, pada akhirn gear 2 starlet ini memiliki kecepatan sekitar 85 kpj dan ini berlangsung dalam waktu 8 detik, lanjut pindah gear 3 nah disini masalahnya saat pindah gear 3 jarum kecepatan bergerak lebih lambat, gw pikir perbandingan gigi 3 starlet ini terlalu jauh juga, andai saja starlet punya gear 2,5 kayaknya untuk sampe ke 100 kpj bisa masuk dalam hitungan 11 detik gitu.

Melaju Cepat di jalan TOL

Posisi Gear 5 untuk gambar yang paling atas, pedal gas masih banyak tersisa, dengan penyetelan mesin yang tepat starlet bisa mecapai kecepatan 160 - 170 kpj.



Kalau mau dihitung secara matematika :

135 kpj / 4.8 (4800RPM ) = 28.125

Jadi setiap kenaikan 1000 RPM akan memberikan kenaikan kecepatan sebesar 28.125 kpj.

Dengan kata lain pada kecepatan 180 kpj akan menunjukan @6400RPM dan itu artinya belum REDLINE.

Atau kecepatan 160kpj @5600 RPM (pembulatan)
Atau kecepatan 170kpj @6000 RPM (pembulatan)

Horse Power Maksimal mesin standard starlet ada di 6200 RPM, pada putaran mesin segini kecepatan berada pada 174,37 kpj. Jadi kalo ada yang meng-klaim starlet bisa tembus 180 kpj kemungkinan besar mesin-nya udah di ganti turbo.

Berarti secara praktek starlet ini memiliki top speed sekitar 174 kpj, kecuali yah dibantu turunan seperti di tol cipularang.

Toyota Starlet 2E Modifikasi Karburator



Teknologi mesin starlet jelas masih teknologi lama, yang bisa diusahakan hanya bagaimana membuat mesin itu lebih efisien dan optimal.

Nah maksud dari bicarakan top speed starlet ini hanyalah sebagai acuan, berapa sih kecepatan starlet 2E standard yang bisa dicapai?

Karena banyak pemilik starlet mengeluh karena diajak lari 120 aja udah susah. Itu menandakan mesin nya tidak efisien dan tidak optimal. Penyetelan dan tingkat keausan mesin menjadi faktor dalam hal tenaga mesin, apalgi mesin yang berumur diatas 10 tahun. Bicara perawatan mesin pun juga banyak kasusnya, contoh saja mobil diatas 10 thn belum tentu harus turum mesin atau ganti ring piston, karena perawatan dan penggunaan oli yang baik dan teratur.

Kemudian juga penyetelan mesin, dikarenakan starlet tergolong mesin konvensional, maka pengaturan mesin juga tidak seperti mobil sekarang yang sudah gunakan ECU.

Keuntungan mesin konvensional memang bisa di setting semau kita. mau tarikan lebih cepat tapi korbankan putaran rendah, atau belain putaran rendah tapi loyo diputaran tinggi, itu sudah jadi ciri khas mesin konvensional.

Mobil sekarang apalagi yang sudah adopsi teknologi maju seperti VVTI, VANOS dsb. membuat mesin menjadi lebih bertenaga baik diputaran bawah maupun putaran atas. Karena pengaturan pengapian yang sudah otomatis ditambah dengan pengaturan buka tutup klep yang juga mengikuti irama putaran mesin menjadikan mesin lebih efisien dan lebih bertenaga sekaligus irit.

Kembali ke starlet, starlet standard sebetulnya sangat mudah mencapai kecepatan 140 - 150 kpj, diatas itu betul agak sulit karena hambatan angin yang lebih besar, kecuali kondisi angin waktu itu tidak melawan arah mobil dan jalan agak sedikit menurun mungkin bisa saja top speed lebih tinggi.

Tapi berdasarkan fakta dilapangan, starlet sehat dengan mesin standard untuk mencapai kecepatan 140 kpj, sangat mudah. Ini bisa dijadikan patokan bagi pemilik starlet lain bahwa mobil starlet 2E ini termasuk cukup kencang dijalanan. Modifikasi ringan mungkin bisa membuat sedikit lebih cepat lagi dari ini.

Tenaga starlet yang cuma 72HP secara teoritis memang sulit menembus angka 150 kpj, untuk jenis mobil lain. Pengecualian untuk starlet karena bobotnya yang ringan.

Makanya gak heran kalo starlet punya versi GT yang lebih cepat yang mesin standardnya saja sudah bisa tembus angka 220kpj, dengan tenaga 146HP, sudah sangat masuk diakal.

Kecepatan diatas 200kpj itu adalah kecepatan menantang angin, semakin besar tenaga mesin semakin bisa mengalahkan hambatan angin. Makanya untuk kelas minibus untuk mencapai kecepatan segitu paling tidak memerlukan daya mesin 200HP keatas.

Yah itu pendapat saya, terus terang saya pun masih awam, dan masih banyak belajar soal kecepatan.

Starlet2E terbukti kehandalannya

Starlet masih digemari

Hehe... sebab itu juga gw pilih starlet bukan pilih great corolla apalagi corona absolute, padahal budget gw udah bisa beli tuh mobil2 dengan mesin yang udah lumayan canggih, apalagi kalo buat EVOIII (lancer GLXi/GTi) banyak sisa tuh uang.

Yang membedakan starlet itu dari bentuknya, udah fakta model/bentuk starlet emang bagus dan masih digemari anak muda terutama cewek2 masih kesengsem deh ama starlet ini gak malu-maluin masih cukup modis untuk ngeceng. Coba bro bawa Corona Absolute trus aja pacar bro kesannya bro kayak om-om sewa abg LOL.

Trus lain dari itu mesin starlet jauh dari canggih alias konvensional, tp justeru itulah kelebihannya, gak ada komponen yang sensitif kayak mobil jaman sekarang, bensin juga masih pake premium dan betulin mesin starlet ini sangat mudah sekali dan gak nguras kantong,keluhan mesih mobil starlet ini hampir gak ada terutama yang udah pake CDI soalnya gak ada komponen elektrik yang mahal kayak mobil modern sekarang.

Oh iya untuk velg starlet yang paling ideal adalah velg 14atau 15 jangan lebih dari itu, sebab pake velg besar dan ban terlalu tebal ruginya banyak, boros, tarikan mesin berat, dan kaki-kaki terutama depan cepet jebol, jadi gak ada gunanya pake velg super gede di starlet ini, satu lagi jangan pernah ceperin starlet, nyusahin banget bro, merusak mobil dengan pasti.

Sejarah Toyota Starlet

Toyota Starlet adalah mobil kecil yang diproduksi oleh Toyota Motor Corporation, Japan dari tahun 1973 sampai 1999. Pada awalnya Starlet merupakan versi lebih mahal dari Toyota Publica, dan disebut Publica Starlet.

Starlet yang sebenarnya (tanpa nama Publica) diluncurkan pada tahun 1978 berbentuk Hatchback 3 dan 5 pintu.

Pasar yang besar untuk Starlet adalah Jepang, Indonesia, Amerika Tengah, dan beberapa negara Eropa seperti Belanda, Belgia, Swiss, dan Yunani.

Setelah Starlet dihentikan produksinya pada tahun 1999, posisinya digantikan oleh Toyota Yaris.

Starlet 60-Series (1978-1984)


Ini adalah Starlet pertama yang berbentuk Hatchback, dan model Station Wagon juga tersedia. Mesin yang digunakan adalah 1000 cc, 1200 cc, atau 1300 cc. Starlet berpenggerak roda belakang ini di Jepang dipasarkan dalam trim level Standard, DX, XL, XL Lisse, S, dan SE.

Model awal memiliki lampu depan bulat, sedangkan model facelift tahun 1980 hadir dengan lampu depan kotak. Untuk tahun 1983, Starlet mendapat facelift kedua dengan lampu depan kotak dan grille baru, serta lampu belakang baru dengan pintu bagasi yang terbuka lebih rendah.

Starlet KP61 3 pintu merupakan model yang pernah dijual di Amerika Serikat pada tahun 1981 sampai 1984.

Starlet 70-Series (1985-1989)
1988 Starlet XL
1988 Starlet XL


Starlet sekarang berpenggerak roda depan dengan mesin baru 12 valve 1000 cc 1E atau 1300 cc 2E. Di Jepang, Starlet 1300 cc ada yang menggunakan mesin injection 2E-E, dan turbo 2E-TELU. Starlet bermesin diesel 1500 cc juga dijual di Jepang dan beberapa negara Eropa.

Pada tahun 1985, Starlet pertama yang dirakit diluar Jepang yaitu model EP70 1000 cc di Indonesia. Setahun berikutnya juga dirakit model EP71 1300 cc.

Di Jepang, Starlet tersedia dalam banyak variant, yaitu Standard, DX, Soleil, XL, XL Lisse, S, SE, Si, Si Limited, Si Canvas Top, Ri, Turbo R, dan Turbo S. Model Ri and Turbo R merupakan variant berbody ringan yang untuk keperluan balap. Sedangkan Turbo S adalah yang kencang dan berkelas. S, Si, Si Canvas Top, Ri, dan Turbo R hanya 3 pintu, SE hanya 5 pintu, sedangkan yang lainnya ada yang 3 dan 5 pintu. Model Turbo S dan Turbo R memiliki bumper yang lebih besar dan body kit.

Untuk pasar export, Starlet hadir dalam model Standard and XL bermesin 1000 cc, 1.3 DX, 1.3 XL, 1.3 S, and 1.3 SE bermesin 1300 cc, serta Standard bermesin diesel 1500 cc. Berbasis 1.0 XL atau 1.3 SE, model Si Limited hadir dengan spoiler depan dan belakang, dan ditawarkan dalam warna putih dan two-tone hitam silver.

Starlet 80 Series (1990-1998)
1992 Starlet 1.3 XLi EP81
1992 Starlet 1.3 XLi EP81


Model ini menggunakan platform P80 dengan design body yang lebih bulat dari model sebelumnya. Untuk pasar Jepang, Starlet mendapat mesin baru 16 valve 4E-F (karburator), 4E-FE (injection), dan 4E-FTE (injection, turbo). Starlet export tetap menggunakan mesin 1E, 2E, atau 2E-E. Mesin diesel 1N dipasang pada Starlet di Jepang dan beberapa negara di Eropa.

Variant Starlet JDM (Japanese Domestic Market) adalah Soleil, Soleil L (yang paling laku), S, X Limited, Canvas Top, Gi, dan GT Turbo. Gi dan GT memiliki standard body kit dan jok depan bucket yang sporty, serta lampu belakang dan garnish yang berbeda dari model lainnya. Mulai tahun 1992, semua Starlet di Jepang menggunakan injection.

Starlet versi export adalah 1.0 Standard, 1.0 XL, 1.3 XL, dan 1.3 S. Di Eropa Starlet menggunakan mesin 2E-E dengan injection, sehingga nama variant-nya 1.3 i, 1.3 XLi, dan 1.3 Si. Model 1.0 GL dan 1.3 GLi untuk pasar Inggris memiliki standar sunroof.

Di Indonesia, Starlet dipasarkan dalam variant 1.0 XL, 1.3 SE, dan 1.3 SE Limited yang kemudian menjadi 1.3 SE-G pada tahun 1992. SE-G memiliki interior yang mewah seperti X Limited, serta lampu belakang dan garnish seperti Gi dan GT versi facelift. Pada tahun 1996, SE dan SE-G mendapat facelift kembali dengan kap mesin dan body kit yang sama seperti Gi. Model ini disebut Fantastic Starlet.

Produksi Starlet 80-series di Jepang dihentikan pada bulan Desember 1995, tetapi diteruskan di Indonesia sampai tahun 1998.

Starlet 90 Series (1996-1999)
1997 Starlet EP91
1997 Starlet EP91


Pada dasarnya, ada 3 macam Starlet untuk pasar Jepang yaitu Reflet (biasa), Glanza (sport), dan Carat (klasik). Starlet Reflet terdiri dari versi standard yang sangat sederhana, Reflet f kelas menengah yang menggantikan Soleil L, dan Reflet x yang memiliki perlengkapan lebih banyak. Starlet Glanza terdiri dari Glanza S yang sporty, dan Glanza V Turbo yang berkemampuan tinggi. Reflet, Carat, dan Glanza S bermesin 4E-FE, Glanza V bermesin turbo 4E-FTE, dan Reflet standard juga tersedia dengan mesin diesel 1N. Semua Starlet di Jepang memiliki SRS Airbag untuk pengemudi sebagai perlengkapan standard.

Untuk variant export Starlet bermesin 2E dan 4E-FE. Starlet EP91 tersedia dalam trim level Standard, XLi, dan GLi. Di beberapa negara Eropa, Starlet dengan trim level tinggi seperti GLi, dipasarkan dengan nama GLS, XT, atau Crystal. Model ini hadir dengan SRS Airbag, head rest belakang, power window, tachometer sebagai perlengkapan standard. Perlengkapan optional-nya adalah ABS dan sunroof.

One Stop Entertainment on Starlet2e



Lengkap bukan berarti harus mahal.

Demam Starlet


Yup starlet itu termasuk mobil hobi, jadi jangan heran harganya juga gak bisa murah banget.

Starkot punya dua versi juga, versi standard dan versi facelift thn 89/90. Ciri khas starlet kotak face lift ada di gril depan yang sudah menyerupai sarang tawon, dan bentuk bemper agak membulat, kemudian lampu belakang juga sedikit beda dan bemper agak membulat juga, interior tidak ada perbedaaan.

Starlet Kapsul sudah ada mulai thn 90 - 98, juga ada dua versi, versi standard dan versi Turbolook, versi turbolook biasanya buatan thn 97 keatas, dibedakan dari bentuk gril depan, bemper depan lebih sporti, bember belakang lebih besar dan sporty, dan yang paling jelas terlihat adalah ada gundukan/punuk di atas kap mesinnya. Pasaran starlet turbo look ini 60 - 70 jt dengan kondisi baik.

Versi standard juga masih ada dua versi lagi, yang paling jelas perbedaannya adalah lampu belakang yang sudah terpisah untuk starlet kapsul tahun 93 keatas dan ini pastinya mesin sudah menggunakan CDI bukan pake platina spt tahun sebelumnya.

Kalo punya budget 40 jt, udah dapet tuh starlet kapsul generasi pertama, jangan beli yang versi XL 1000cc, ambil yang SE 1300cc. Kisaran harga starlet kapsul thn 90 - 92 berkisar 35 - 45 jt.

Dan jangan lupa juga siapkan anggaran untuk biaya perbaikan.

Saat mencari perhatikan Bodi depan dan belakang, terutama bodi depan buka kap mesin lihat tulang2nya masih lurus gak? kalo banyak dempulan dan gak lurus jangan diambil dipastikan pernah tabrakan parah.

Unutk bagian belakang gampang ceknya, buka aja bagasi belakang, terus tutup,kalo menutupnya lancar tidak seret bararti bodi masih bagus, kalo yang pernah ditabrak pasti gak mulus hatchbacknya.

Kemudian liat sektor kaki2 pastikan jangan sampai ada yang bengkok ataupun keropos, terutama lis bawah.

Kemudian sektro kemudi juga harus ditest kalo ini harus dijalankan, coba jalan sambil putar kemudi pentok kiri dan pentok kanan, pastikan jangan sampai ada bunyi yang aneh.

Terus lanjut kemesin, pastikan mesin tidak ada kebocoran lelehan oli, dengarkan suara mesin ( kalo mesin masih dingin suara mesin kletek2 itu masih wajar dan normal ) stelah mesin mencapai temperatur kerja mesin harus berbunyi halus. Lakukan injak pedal gas seketika dan liat asap knalpot apakah asap berwarna hitam atau kebiruan atau putih. Kalau asap kebiruan berarti ring piston sudah lemah, kalo putih berarti sil klep bocor, kalo berwarna hitam berarti karburator dalam kondisi kotor. Yang normal adalah saat di gas seketika asap sedikit berwarna hitam dan kemudian segera menghilang.

kemudian interior jangan sampai ada dasboard yang retak atau cacat, semua tuas juga harus diperiksa.

Satu lagi yang ini juga sangat penting. Cari mobil starlet yang pernya masih standard bukan modifikasi apalagi dibuat ceper ( anak muda biasanya suka diceperin ) dan kalo bisa cari yang masih pake velg standard kaleng starlet.

Tujuannya adalah menjamin kaki2 starlet dalam kondisi bagus, biasanya starlet kalo udah ganti pelek atau potong per, kaki2 udah gak karuan lagi tuh, unit kemudi juga sering sudah aus, kolong2 banyak tergores aspal, dan spatbor bagian dalem selalu beradu dengan ban hingga sangat tidak nyaman. Biaya untuk memperbaikinya juga tidak murah lagi tuh.

Selamat Berburu....