Mengatasi Kebocoran Oli Mesin Starlet

Solusi Tuntas Atasi Kebocoran Oli Mesin
Sejalan dengan usia pemakaian komponen, bagi starleters pasti pernah mengalami oli bocor yang kerap menetes membasahi lantai garasi rumah starleters setiap hari. Gejala itu sudah merupakan tanda terjadi kebocoran perapat oli / sil oli yang biasanya akan melemah seiring usia pemakaian.





Foto dibawah ini menunjukan bagian yang kerap kali bocor:


Sil karet sebagai penyekat oli akan mengalami perubahan fisik, yang tadinya lentur menjadi keras dan getas karena kondisi panas mesin ditambah dengan tekanan dari mesin, hasilnya sil oli tidak mampu lagi menahan oli mesin, dan akibatnya oli akan senantiasa membasahi bagian bawah mesin. Umur sil oli ini biasanya antara 3 - 5 tahun pemakaian.



Rekomendasi Ganti Timing Belt juga Ganti Sil Oli
Ada baiknya saat mengganti timing belt juga dilakukan penggantian sil oli agar tidak terjadi dobel ongkos saat melakukan servis. Berikut ini parts yang disarankan untuk diganti saat mengganti timing belt :
- Timing Belt
- Laher dan Tensioner T-Belt
- Sil penutup klep
- Sil noken as
- Sil kruk as depan
- Sil pompa oli
- O-ring pompa oli




Mesin starlet 2E/1E tidak memiliki sil karet karter/bak oli. Sebagai gantinya digunakan pasta/lem silikon tahan panas tinggi yang biasa dijual di toko onderdil sebagai perapat/penyekat antara karter(bak oli) dengan blok mesin.

Foto salah satu pasien starno yang mengalami kebocoran oli mesin:


Selalu gunakan parts orisinal toyota untuk bagian vital mesin, untuk menjamin daya tahan pemakaian dan kepuasan.


Salam Starleters,
021-32929696

Ready Stock Bubble Water Injection Rp.350rb. Gratis Ongkir/Pasang