Mengetahui Sumber Kebocoran Radiator

Radiator Bocor Penyebab Mesin Overheat

Beberapa pemilik starlet pastinya pernah mengalami overheat. Kenapa bisa overheat? pertanyaan ini yang akan coba dijawab.
Overheat mesin atau temperatur mesin diatas normal terjadi dikarenakan kegagalan sistem pendingin mesin, kegagalan pendinginan mesin yang paling sering terjadi adalah kurangnya jumlah air didalam radiator.

Dari Hal Sepele
Banyak penyebab mengapa jumlah air dalam radiator bisa berkurang, beberapa penyebabnya adalah tutup radiator yang sudah tidak bisa rapat lagi, selang radiator yang sudah getas, tutup penguras radiator yang kurang rapat, atau selang saluran reservoir yang bocor atau bisa juga dari retaknya penutup atas/bawah radiator karena dari bahan plastik yang mudah retak. Walau bocornya tidak terlalu besar, tetapi karena sering merembes keluar ditambah tekanan air karena panas mesin air terkadang dalam waktu singkat akan keluar dan akan langsung menyebabkan mesin kepanasan / overheat.





Diagram dan foto diatas menunjukan sumber-sumber komponen yang rawan bocor sehingga bisa dilakukan servis segera dengan cepat dan tepat.

Periksalah air radiator paling tidak seminggu sekali untuk mengetahui kondisi jumlah air dalam radiator, jika jumlahnya sering berkurang pertanda terdapat kebocoran, segera perbaiki ke bengkel spesialis radiator yang memiliki reputasi baik sebelum mengalami hal yang kurang menyenangkan gara-gara overheat mogok di tengah jalan.

Salam Starleters,
Starno72
021-32929696