Ready Stock Bubble Water Injection Rp.350rb. Gratis Ongkir/Pasang

Tips - Skema Kipas Elektrik Toyota Starlet

Menghindari Masalah Matinya Kipas Elektrik Toyota Starlet
Hal sepele bisa bikin mesin overheat dijalan
Buat para starleters, pernahkah menemui masalah mati kipas elektrik fan radiator? bila pernah pasti repotnya bukan main tidak tau harus berbuat apa karena biasanya mesin akan mogok karena overheat.

Bukan Selalu Motor Kipas Radiator
Mesin dengan penggerak roda depan biasanya akan memanfaatkan kipas elektrik untuk membuang panas radiator mesin mobil, keuntungan kipas elektrik ini adalah lebih efisien dalam hal membuang panas mesin sebab dia hanya bekerja saat waktu yang diperlukan sehingga tidak selalu membebani mesin seperti mobil berpenggerak roda belakang misalnya kijang, sehingga mesin tidak berdengung. Disamping itu motor kipas elektrik tidak mudah rusak, kalaupun rusak biasanya akan ada tanda suara kasar pada motornya jadi ada peringatan terlebih dahulu. Walaupun ada kelebihan ternyata kipas elektrik juga ada kelemahan.

Kelemahan Kipas Elektrik Starlet
Disebabkan kipas digerakan oleh motor listrik yang disuplai langsung oleh sistem kelistrikan mobil, maka kipas elektrik sangat tergantung dari rangkaian kelistrikan mobil, bila terjadi masalah biasanya akan langsung menyebabkan kipas elektrik mati total







Relay dan Sekring Kipas Elektrik
Komponen relay dan sekring kipas elektrik merupakan tulang punggung agar kipas elektrik bisa bekerja. Yang paling sering terjadi adalah sekring kipas elektrik putus, bila hal ini terjadi mudah saja tinggal ganti sekring sesuai dengan ukuran yang tetera pada cover penutup sekring spt foto diatas.
Akan tetapi pernah ada kasus, motor kipas elektrik bagus dan sekring tidak putus di ikuti juga dengan blower AC mati total, kejadian ini pasti membuat kita pusing.

Nah berdasarkan dari skema diatas bisa kita lacak, bahwa ternyata kipas elektrik toyota starlet memiliki 2 buah relay, 1 buah relay utama, dan 1 buah relay motor listrik.

Ciri khas mendeteksi relay rusak adalah, bila relay motor kipas rusak maka motor kipas elektrik selalu akan menyala walau mesin dalam keadaan dingin sekalipun, sebaliknya bila kipas elektrik mati total maka penyebabnya adalah relay utama, maka lakukanlah penggantian.



Bila ada masalah pada Relay Utama ini yang membuat sistem listrik kipas elektrik mati total, terlihat pada foto diatas. Mencari relay ini cukup mudah di toko onderdil dan harganyapun tidak terlalu mahal sekitar Rp.75rb saja, dan bisa dilakukan sendiri penggantiannya.

Buat para starletmania gak ada salahnya mengganti relay ini sebelum mobil dipake mudik lebaran nanti, sebab biasanya relay yang terpasang sekarang ini sudah berumur sama dengan mobil jadi sudah waktunya diganti menghindari terjadinya mati kipas radiator mendadak saat dalam perjalanan.

Salam Starleters,
Starno72
021-32929696