Tips - Tuning Toyota Starlet

Tuning mesin toyota starlet 2E/1E

Mesin kurang tenaga, bahan bakar boros, stasioner pincang/tidak rata, sulit di starter, adalah tanda-tanda mesin harus dilakukan tuning ulang.

Tuning mesin toyota starlet memang agak sedikit beda dibanding mobil lain. Buat yang tinggal diluar jakarta yang tidak mungkin datang ke bengkel starno bisa menggunakan tips tuning mesin seperti dibawah ini:

1. Tuning Karburator.

Pastikan Saringan Udara dalam kondisi bersih, kemudian buka rumah saringan filter udara seperti terlihat dalam gambar. Nyalakan mesin dan atur putaran mesin sekitar 600RPM kemudian lakukan penyetelan udara dengan cara memutar kekiri atau kekanan hingga mesin mencapai putaran yang lebih ringan. Kemudian periksa kondisi selang vakum throtle skunder, bersihkan bila perlu dengan carb cleaner agar saluran lebih lancar.



2. Penyetelan Klep Mesin
Bukalah penutup kepala slinder dengan mengendurkan 2 buah baut. Posisikan piston nomer 1 tepat pada TMA (Titik Mati Atas), kendurkan baut pengunci klep dan lakukan pengaturan satu persatu klep yang dalam posisi bebas(free) dengan alat fuller gauge aplikasikan celah ukuran 0.008inch/0.02mm seperti ditunjukan dalam gambar. Lakukan dengan hati-hati. Kemudian tempatkan posisi piston nomer 4 pada TMA dan lakukan penyetelan klep seperti tahap pertama tadi. Bersihkan penutup dan pasang kembali mur pengikat.


3. Penyetalan Sudut Pengapian

Kendurkan sedikit mur pengikat delko/distributor kemudian nyalakan mesin dengan putaran stasioner 950RPM. Gunakan Timing Light untuk membaca sudut pengapian, besarnya sudut pengapian harus berkisar antara 5 - 15 derajat BTDC (Before Top Death Center) dengan selang subvacum dilepas sesuaikan dengan kondisi mesin besarnya sudut pengapian ini.


Foto dibawah ini memperlihatkan skala derajat pengapian dari 0 - 10 derajat, mesin standard dengan mutu bensin premium indonesia biasa berada pada 5 - 8 derajat BTDC, diluar dari spesifikasi dapat menyebabkan mesin gelitik ataupun tenaga drop.


Parts lain penunjang tuning adalah oli dan busi, gunakan oli dan busi dengan kualitas yang baik. Bila diperlukan gunakan oli sintetik untuk menjaga keawetan dan kebersihan jeroan mesin sekaligus menghindari kerak yang bisa menghambat saluran oli dalam mesin, jangan gunakan filter oli palsu bila perlu beli filter oli di AUTO2000 harga memang lebih mahal tapi keaslian sangat terjamin.

Kondisi Busi
Kondisi mesin dapat dibaca lewat kondisi busi. Kondisi busi kering dan agak sedikit kecoklatan dan abu-abu menandakan kondisi mesin dalam keadaan sehat. Busi yang tampak berwarna hitam pekat tebal menandakan mesin dalam kondisi kurang baik atau tuning/setelan mesin tidak tepat sehingga pembakaran tidak sempurna.

Foto dibawah ini adalah busi yang sudah menempuh jarak 12 ribu kilometer dan penggantian busi direkomendasikan tiap 15 ribu kilometer.


Tips ini khusus untuk para pencinta starlet, walaupun starno tidak bisa menjelaskan secara detail lagi tuning mesin starlet, paling tidak seluruh poin yang dijelaskan diatas bisa dijadikan patokan melakukan tuning dengan benar.

Bagi yang masih ingin konsultasi mengenai tuning mesin bisa menghubungi telpon 021-32929696, starno dengan senang hati membantu. Dan bagi yang ingin tuning mesin semi sport toyota starlet2E/1E oleh starno silahkan datang langsung tiap hari mulai jam 10-17 hari sabtu dan minggu tetap buka (konfirmasi sehari sebelumnya), waktu pengerjaan tuning mesin adalah 45 menit dengan ongkos Rp.250rb garansi tuning 1 bulan.


Salam Starleters,
Starno - 32929696