Penghemat Bensin Sekaligus Penambah Tenaga, Bubble Water Injection Khusus Toyota Starlet, Bebas Perawatan Tidak Perlu Menambah Air.

Ganti Sil Pompa Power Steering Starlet

Perawatan Pompa Power Steering Toyota Starlet

Sil aman roda kemudi nyaman
Tidak begitu banyak orang yang tahu mengenai perawatan pompa power steering (pompa PS). Biasanya kebanyakan orang hanya berpatokan selama permukaan minyak PS masih cukup/tidak kurang sudah dianggap cukup.

Idealnya minyak pompa PS harus diganti setiap 20 ribu kilometer, selain itu juga harus diperiksa apakah terdapat kebocoran di sekitar pompa PS. Walaupun kebocoran hanya berupa rembesan saja hal ini sangat merugikan karena tetesan/rembesan minyak PS akan membasahi puli kompresor A/C karena letaknya persis dibawah pompa PS dan bisa akibatkan selip.

Bila sudah ditemukan gejala bocor (seperti terlihat pada foto dibawah ini) biasanya dari pantat pompa PS muncul rembesan minyak PS, maka sudah waktunya sil pompa PS diganti.



Mengganti sil pompa PS juga berarti mengganti oli minyak PS. Kebutuhan minyak PS toyota starlet cukup 1 botol yang berisi kurang lebih satu liter. Starno mempercayakan minyak PS produk dari MOBIL OIL yang punya kualifikasi tinggi dan jenis DEXRON yang memang direkomendasikan untuk powersteering. MOBIL Oil ATF/DM ini memiliki keunggulan merawat bagian-bagian seal karet dari kebocoran dan juga memiliki daya tahan kompresi oli yang sangat tinggi yang memang dibutuhkan oleh alat hidrolik seperti dalam sistem powersteering toyota starlet, hasilnya kinerja oli PS ini sangat bagus dan efek langsung terasa dikemudi lebih ringan.



Sil pompa PS toyota starlet hanya menggunakan 2 buah sil utama dari 3 buah sil yang disediakan oleh gasket kit toyota. Semua sil sudah disediakan dalam paketnya mulai dari sil kit rotari, seal kompresi, seal reservoir, juga ring penahan as pompa PS.


Walaupun mengganti sil pompa PS terlihat sederhana, namun perlu berhati-hati sebab bagian dalam pompa PS memiliki parts yang sangat presisi. Kesalahan pemasangan atau kecerobohan pemasangan berakibat pompa PS tidak bisa bekerja normal. Dalam pompa PS terdapat 10 buah bilah stainless steel yang bertugas memompa oli PS, kehausan bilah ini berakibat unit PS berbunyi kasar dan tidak bekerja maksimal, hati-hati dalam memasang kembali sebab tidak boleh terpasang terbalik.

Dengan perawatan PS yang benar akan memperpanjang umur komponen PS dan juga akan membuat kinerja PS dalam kondisi prima hingga kemudi selalu terasa lebih ringan dan akurat.

Ongkos Service Ganti Sil Pompa Power Steering Toyota Starlet Rp.250rb. (diluar parts dan minyak power steering)

Salam Starleters,
Starno72
021-32929696