Dijual Toyota Starlet

Onderdil Starlet

ALAMAT BENGKEL STARNO72 :
Bintaro Trade Center Lantai 1 Blok E4/21 Jl. Raya Bintaro Jaya Sektor 7. Telp. 021-32929696
Masuk Tol JORR keluar Pintu Tol Bintaro Jaya. (Patokan Ace Hardware Bintaro)
Pin BBM 7D21529D HP.08179110080 (WhatsApp, WeChat, Line, dan Kakao Talk)
BUKA SENIN-SABTU JAM 11-17
HARI MINGGU BENGKEL TUTUP

Ready Stock Bubble Water Injection Rp.350rb. Gratis Ongkir/Pasang

Setel Klep Starlet 2E/1E

Optimalkan Kinerja Mesin

Mesin starlet adalah mesin yang sangat konvensional sehingga mudah dalam hal perawatan. Bila jarak tempuh sudah melampaui 50 rb kilometer, penyetelan klep harus dilakukan ulang.

Bisa saja dibiarkan tanpa menyetel klep, akan tetapi mesin menjadi kurang bertenaga dan boros. Penyetelan klep dimaksudkan untuk memaksimalkan kerja mesin sesuai dengan spesifikasi pabriknya. Pnyetelan klep yang tidak sesuai dengan spesifikasi pabrik dapat mengakibatkan boros bahan bakar atau mesin lebih panas.

Celah klep starlet memiliki kombinasi unik, sebab pada mesin starlet celah masuk klep masuk dan klep buang harus memiliki celah 0.02mm atau 0.008 inch.

Jumlah klep starlet berjumlah 12 buah yang masing-masing slinder terdiri dari 2 klep masuk dan satu klep buang.




Untuk menyetel klep alat-alat yand dibutuhkan adalah kunci ring ukuran 12, obeng minus, dan alat pengukur celah klep.

Bukalah penutup slinder head dengan hati2, kemudian putar puli mesin sehingga menunjukan posisi top slinder nomer 1, setelah itu lakukan penyetelan.

Kemudian putar kembali puli mesin sehingga menunjukan posisi top slinder nomer 4, dan lakukan penyetelan dengan hati-hati seperti dalam gambar.




Bila semua sudah selesai dan sesuai dengan ukuran yang disarankan, pastikan seluruh baut pengikat klep cukup kencang.

Jangan sekali-kali menyalakan mesin pada saat penutup kepala slinder dilepas, oli mesin akan terbuang keluar dalam jumlah banyak.

Segera tutup penutup kepala slinder dengan baik, barulah dilakukan pengetesan.




Salah seorang pemilik starlet2e datang ke-bengkel starno, dan ingin melakukan penyetelan klep, setelah dilakukan pemeriksaan ternyata camshaft dalam kondisi yang mengenaskan karena poros mengalami kehausan terutama didaerah tonjolan yang menggerakan klep. Setelah diusut ternyata penyebabnya pemilik tidak pernah melakukan penyetelan klep sesuai anjuran pabrik. Seluruh klep saat itu dalam kondisi ukuran celah yang tidak beraturan, ada yang terlalu rapat dan ada yang terlalu renggang. Bila kondisi ini dibiarkan lama kelamaan camshaft akan kemakan dan haus, sehingga harus dilakukan penggantian camshaft yang harus ditebus dengan harga 2 juta.