Khusus Toyota Starlet 1985-1998 Semua Tipe

How to buy...

Buy Toyota Starlet
Alternatif mobkas yang memiliki karakter irit, lincah, kencang dan modis. Mudah dalam hal perawatan dan suku cadang, masih kuat harga pasaran bekasnya.

Pertamakali kali hadir toyota starlet di indonesia tahun 1985, toyota starlet diminati konsumen tanah air. Dimensi bodi kecil membuat kendaraan ini disebut sebagai sedan kompak. Ditambah teknologi multi valve pada mesinnya yang tergolong baru saat itu. Wajar penjualannyan meroket.

Namun sayangnya starlet menjadi satu-satunya produk mobil tanah air yang tidak mengembangkan teknologi mesinnya. Bisa dibayangkan, sejak pertama muncul hingga dihentikan produksinya pada tahun 1998, toyota starlet tetap mengandalkan teknologi mesin 12 valve, SOHC (Single Over Head Camshaft) pasokan bahan bakar karburator dan kapasitas mesin mentok di angka 1.300 cc. Sementara rival-rivalnya, terus menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Dari teknologi 16 katup, injeksi bahan bakar, DOHC (Double Over Head Camshaft) dan kapasitas mesin yang ditingkatkan. Padahal bila ATPM mau, generasi mesin toyota starlet yang dikembangkan juga telah beredar di luar negeri.

Namun image toyota yang kuat serta strategi penjualan yang ditata baik, menjadi kunci keberhasilan untuk soal angka penjualan Toyota Starlet di sini.


Key History :

1985 - 1988
Toyota Starlet resmi masuk tanah air dan menjadi varian baru dari toyota. Dengan desain bodi yang serba kotak, membuat jenis ini terkenal dengan sebutan Starlet Kotak (Starkot) Sedan berpenggerak roda depan ini, mengusung mesin 4 slinder segaris bertipe 1E memiliki kapasitas mesin 1.000 cc 12 katup. Teknologi ini tergolong baru di era 80-an, makanya starlet selalu membanggakan teknologi multi valve-nya saat itu.

1989 - 1990
Tiada perbedaan mencolok dengan generasi sebelumnya, selain menyediakan varian mesin 2E yang memiliki kapasitas 1.300 cc. Sedangkan interior, hanya penambahan indikator pemantau putaran mesin (takometer) dan bukaan tutup bensi yang dapat diaktifkan dari dalam kabin untuk versi mesin 1.300 cc. Sisanya hanya perubahan kecil pada eksterior, seperti handle bukaan bagasi yang lebih panjang pada model 1989, lampu belakang sedikit berubah, bemper agak membulat dan gril depan berbentuk jaring tawon.

1990 - 1998
Tampilan eksterior dan interior mengalami rombakan total. Desain serba membulat, membuat varian ini kondang disebut Starlet Kapsul (Starkap) oleh banyak orang. Sedangkan mesin tidak mengalami perubahan. Pasokan bahan bakar tetap mengandalkan karburator, namun sedikit dikembangkan dengan penambahan beberapa vakum dan aplikasi CDI membuat mesin bekerja lebih efisien. Padahal di luar negeri varian mesin sudah mencapai generasi tipe 5E yang dilengkapi pasokan bahan bakar injeksi, bahkan dengan turbo dan intercooler. Sedangkan di tanah air hanya memajang 'turbo look' pada kap mesinnya. Untuk itu pihak toyota menurunkan starlet ini ke ajang balap turing untuk menjaga angka penjualannya.



Checklist
Sosok mungil sangat digemari kaum muda. Tak ayal lagi, peminat mobil ini kudu hati-hati dan teliti sebelum membeli. Pasalnya, mobil ini salah satu alternatif kaum muda untuk di modifikasi, baik untuk balap atau fashion semata.

Bodi
Untuk bagian ini tidak ada kekurangan dari pabriknya. Tapi untuk memastikan bodi masih orisinal, anda tinggal memperhatikan lipatan sepatbor. Bila ujung sepatbor telah dilipat atau digembungkan, berarti kendaraan ini pernah menggunakan pelek berdiameter besar dan diceperkan.

Mesin
Vakum di karburator atau distributor yang telah rusak atau melemah menyebabkan kerja mesin tidak sempurna. Konsumsi BBM menjadi boros atau timbul knocking akibat timing pengapian yang tidak sesuai.

Transmisi
Perbandingan gigi pada transmisi starlet terdapat perbedaan pada mesin 1E dengan 2E. Namun dapat ditukar karena memiliki dudukan yang sama. Perbandingan gigi pada transmisi untuk mesin 1E dibuat lebih rapat dibandingkan dengan 2E. Sehingga bila dtukarpasangkan akan mengakibatkan boros BBM. Anda tinggal mendeteksi panjang pendeknya napas tiap giginya. bila pendek namun mengusung mesin 2E berarti mobil telah ditukar girboksnya.

Suspensi
Karena banyak digunakan anak muda, kebanyakan starlet telah melakukan pemangkasan susepensi demi penampilan. Hal ini tentunya berdampak buruk pada suspensi. Misalnya sokbreker lemah. Mengganjal dudukan sokbreker untuk menginggikan suspensi juga jadi salah satu akal-akalan agar bodi tak terlihat terlalu rendah.

Sasis
Konstruksi lengan ayun depan yang menempel ke sasis perlu diamati seksama. Sebab bila pemakaian abnormal alias digunakan balap, kadang sering retak yang membuat posisi sudut camber roda menjadi minus. Begitu pula dengan lantai dibelakang bangku depan yang kerap berlubang bila digunakan untuk keperluan balap berfungsi sebagai dudukan roll bar. Sambungan antar sasis yang diperkuat dengan las titik juga dapat dijadikan acuan apakah kendaraan ini dugunakan pernah buat balap atau tidak.

Harga
Harga bekas toyota starlet termasuk yang tidak dipengaruhi harga pasar, cenderung tinggi dan tetap.
Berikut daftar harga patokan starlet bekas :
1985 - 1989 harga berkisar mulai 24 - 32 juta.
1990 - 1998 harga bersisar mulai 35 - 70 juta.
Harga sangat bervariasi sekali terutama tergantung kondisi dan keistimewaan kendaraan bisa jauh lebih tinggi dari harga patokan.