Onderdil Starlet

Onderdil Starlet
Onderdil Starlet Siap Order

Dijual Toyota Starlet

Dijual Toyota Starlet
Iklan Penjualan Toyota Starlet
Alamat Bengkel Starno72 :
Bintaro Trade Center Lantai 1 Blok E1/21 Jl. Raya Bintaro Jaya Sektor 7. Masuk Tol JORR keluar Pintu Tol Bintaro Jaya.
Buka Tiap Hari Jam 14.00 s/d 20.00
Pin BBM 7D21529D HP.08179110080 (WhatsApp, WeChat, Line, dan Kakao Talk) Telp. 021-32929696
Buka Tiap Hari Mohon Janji Terlebih Dahulu Untuk Memastikan Waktu dan Tempatnya.
Mohon jangan menggunakan SMS untuk konsultasi, karena tidak ekonomis dan keterbatasan teks.

Khusus Toyota Starlet 1985-1998 Semua Tipe

Setel Derajat Pengapian Starlet

5 Derajat BTDC untuk Starlet2E
Apakah bro merasakan akselerasi starlet loyo?
Tahukah bro sesungguhnya akselerasi starlet2E termasuk kuat dikelasnya, 0-100kpj bisa tuntas dalam waktu 11,7 detik, setara dengan sedan-sedan keluaran terbaru dengan mesin yang lebih modern dan canggih. Rahasianya hanya terletak pada penyetelan derajat pengapian.

Penyetelan derajat pengapian hal yang sangat penting buat mesin. Derajat pengapian yang tidak pas biasanya menyebabkan tenaga mesin loyo, atau malah sering gelitik bahkan konsumsi bahan bakar boros.
Starlet2E memiliki standar penyetelan derajat pengapian 5 Derajat BTDC. Artinya pada saat piston menuju puncaknya busi akan memercikan apinya 5 derajat sebelum benar-benar pada posisi top.

Derajat pengapian sangat erat berhubungan dengan kompresi mesin dan real octane number (RON) bahan bakar bensin. Oleh sebab itu derajat pengapian pada setiap tipe mesin mobil berbeda-beda. Mesin modern sudah tidak lagi memerlukan penyetelan derajat pengapian, semua diatur oleh komputer mobil yang diolah berdasarkan input sensor-sensor mesin.

Gunakan timing light/strobo light untuk menyetel derajat pengapian lebih akurat.





Apakah ada cara menyetel derajat pengapian manual tanpa alat?

Ya jelas ada bahkan tanpa membongkar sama sekali, tapi ilmu ini tidak pernah diajarkan buku manual kendaraan. Buat seorang montir yang berpengalaman dia akan bisa menyetel derajat pengapian hanya dengan mendengarkan suara mesin, dan terkadang feeling montir lebih tepat dibandingkan alat.

Mesin yang sudah memiliki jam terbang tinggi, terkadang penyetelan derajat pengapian sudah tidak bisa mengikuti prosedur standard pabrik menggunakan timing light 5 derajat, dikarenakan ruang bakar sudah dipenuhi kerak karbon yang menumpuk yang akibatkan kompresi mesin cenderung menjadi lebih tinggi. Logikanya semakin tinggi kompresi mesin pasti butuh bahan bakar yang nilai RON juga lebih tinggi. Bila kondisi ini yang terjadi saat temperatur normal mesin cenderung gelitik, solusi sementara adalah dengan cara memundurkan waktu pengapian, tapi cara ini akan menyebabkan tenaga mesin menjadi loyo.