Penghemat Bensin Sekaligus Penambah Tenaga, Bubble Water Injection Khusus Toyota Starlet, Bebas Perawatan Tidak Perlu Menambah Air.

Kopel As Roda dan Karet Bot

Kopel as roda punya banyak istilah buat montir2 tertentu.
Saya menyebutnya Kopel As Roda dan karet bot adalah komponen yang paling penting buat mobil yang ber-penggerak roda depan. Boleh dibilang ini adalah komponen kunci untuk mobil bisa berjalan. Kesalahan perawatan dan kurangnya perhatian terhadap as kopel roda ini meng-akibatkan komponen ini jebol, parts penggantinya terbilang sangat mahal sekali, karena satu set as roda berharga 2jt lebih hingga bila beli 2set untuk kanan dan kiri mencapai 4jt.

Penyebab rusaknya kopel as roda hanya karena masalah sepele karena karet bot pecah yang menyebabkan gemuk didalamnya menjadi kering karena bocor keluar. Penyebab lain adalah karena pernah menerjang banjir setinggi setengah ban.
Kelakuan pengemudi yang ugal-ugalan dan pemakaian kasar juga akan memperpendek umur as kopel.

Ciri-Ciri as kopel rusak ditandai dengan bunyi besi beradu saat jalan pelan atau jalan keriting, terutama saat roda agak patah membeloknya, dan yang lebih kentara saat kemudi mentok kanan atau kiri dan mundur, suara makin lebih parah lagi karena as kopel gagal memutar ban, suaranya sangat keras sekali suaranya seperti ban dipalu.

Penggantian karet bot hendaknya ganti satu set, dan harganya tidak terlalu mahal, harga satu buah karet bot orisinal sekitar 130rb, dan harga yang buatan lokal cuma 30rb.

Boleh saja menggunakan part murah tapi yang terpenting harus lebih sering kontrol apa ada keretakan atau kebocoran, biasanya umur karet buatan lokal ini paling lama setahun beda dengan yang orisinal bisa mencapai 5 thn.


Tanya:
Skrg gw mo share lg.... bbrp wktu yg lalu gw jg br kena masalah di starlet gw, gejalanya tdnya trdengar bunyi kretek kretek trutama klo pas lgi jalan... yang kerasanya klo di dalam kabin kayak persis di tengah2 deket engine mounting yg tengah.

Gw fikir kaki2nya yg kena krn memang dah gk karuan rasanya trutama klo dijln yg gk rata kayak tol cipularang n klo ada poldur. Gejala awalnya itu begitu kerasa stlah gw pergi ke arah sukabumi... jalannya itu boo... minta ampun kayak jalan kampung (ad yg trakhir prnah kesana? pasti tau) pdhl dia jln propinsi loh...

Mngkin krn akibat beban brlebih n jalan ad yg rusak mk sparepart gw yg trkait dgn gerakan roda jadi bermasalah..

Gw mnta tolong montir utk cek, stlah di bongkar trnyata diketahui salah satunya long tie rod kiri dah kena.. tp stlah diganti n dipasang baru... eh bunyi itu gk lama ad lg n trnyata mkin parah stlah gw bw bdg jkt pp.. Bgtu dibongkar lg trnyata yg juga kena adl klo montir bilang itu kohlnya.. kohl bagian dalam yg nempel dgn transmisi (bukan yg ke roda).. akhirnya diganti dan trnyata lumayan mahal bo.. ktanya yg ori bisa 2 juta-an krn satu set kohl dlm n luar tp hy satu sisi, so klo yg kiri n kanan kena juga brarti hrgnya 4 jt-an, smntara klo kita ganti kohl dlm hy bisa yang KW. yang KW-1 jepang hrgnya 600 rb 1 bji n KW-2 300 rb/biji merk nya MK ktnya produk taiwan, so klo sepasang tinggal kali 2..

Setelah diganti bunyi itu ilang.. tp yg trjd kemudian hiks hiks SA gw jd lebih kerasa banget gradak-gruduknya... mknya gw mo check kaki2 utk itu, ad yg tau gk ya kenpa bisa kena kohl spt itu, ap krn kaki2 gw yg dah gk karuan ato gimana...?

Jawab:
Kohl untuk pemakaian normal dan terawat tidak pernah rusak umurnya bisa puluhan tahun. Kohl itu rusak karena karet bot pecah/retak, jadi cairan gemuk yang ada didalamnya keluar, karena jarang di monitoring hingga akhirnya gemuk menjadi kering akhirnya kohl jebol, dan part kayak begini bukan barang murah.

Tips n Trik, karet bot harus sering di kontrol, lihat velg bagian dalam dan dekat transmisi, apakah ada cipratan gemuk, bila ada artinya karet bot retak, dan harus segera diganti sebelum kering gemuknya. Penggantian bot harus satu set kiri dan kanan.

Begitu juga penggantian part suspensi lagin, long tierod harus ganti kanan dan kiri, tie rod, ball join, dan karet spot atas.

kalo hanya ganti sebagian bunyi itu kadang hilang dan muncul lagi karena komponen lainnya juga mulai rusak.

Walau terkesan mahal ganti semuanya, tapi bro irit dalam hal ongkos penggantian parts, dengan sekali ongkos kerja semua tuntas diganti.

Mau irit jadi boros, itu yang sering terjadi sama orang kita, ganti parts nyicil, artinya ongkosnya juga nyicil begitu di total, lebih mahal jatuhnya.

Spare Parts toyota starlet termasuk yang paling murah dibanding mobil merek lainnya.